Yang Unik dari Jember: Sate Laler!

Advertisement

Jember, salah satu kota di Jawa Timur yang populer karena pagelaran fashion shownya. Tak hanya itu, destinasi wisata di kota ini juga menakjubkan baik alam maupun buatan. Namun, liburan ke Jember kurang lengkap jika belum berburu kuliner. Salah satu menu yang wajib kamu beli saat ke kota ini adalah Sate Laler. Wah, seperti apa sih cita rasa dari sate ini? Yuk, simak uraian selengkapnya berikut ini!

Kuliner Sate Enak, Bukan dari Lalat!

Sate enak di Jember
Sate enak di Jember [image source]
Tak seseram namanya, kuliner satu ini bukan dari lalat. Bahkan racikannya tak jauh beda dengan sate lainnya. Hanya saja, yang membuat menu di kedai Cak San ini berbeda adalah rasanya yang khas. Tak seperti sate buntel yang super besar, potongan daging sate ayam ini kecil banget seukuran lalat, sehingga sekali gigitan langsung pengen lagi. Nah, soal rasa tentu saja juara banget. Buktinya banyak sekali traveler yang ketagihan makan di warung milik Cak San.

Sate Cak San
Sate Cak San [image source]

Paduan Bumbu Khas yang Langsung Bikin Laper

Ilustrasi Soto Cak San Situbondo
Ilustrasi Soto Cak San Situbondo [image source]
Hanya melihat foto sate saja sudah bikin perut kerucukan, apalagi kalau mencium semerbak asap yang keluar dari perapian di kedai ini. Yap, dari aromanya saja sudah menggugah selera. Seperti yang dibayangkan, cita rasa dari sate yang sudah tercampur rata dengan bumbu kacangnya benar-benar nikmat. Apalagi disajikan dengan lontong buatan Cak San yang khas. Nah, beberapa orang memang hanya membeli satu porsi saja yang dibandrol dengan harga Rp18.000 isi 20 tusuk. Namun tidak sedikit yang ketagihan hingga membungkus, untuk porsi take away harganya Rp50.000/bungkus

Porsi Sate bungkusan
Porsi Sate bungkusan [image source]

Kuliner Nikmat di Pasir Putih Situbondo

Sajian Sate Cak San yang Melegenda
Sajian Sate Cak San yang Melegenda [image source]
Setiap harinya Cak San membuka kedai sederhananya mulai pukul 4 sore hingga habis. Namun, di hari Minggu pemilik sate laler khas satu ini tak berjualan di Jl. Mojopahit, Jember. Yap, di hari libur tersebut Cak San pindah tempat dan berjualan sate di Pasar Putih Situbondo. Kendati masih kedainya masih berumur 6 tahun, namun pelanggan yang makan di warungnya cukup banyak. Tak hanya roda dua saja, deretan kendaraan roda empat juga sering mampir di kedai Jember maupun Situbondo.

Sate Laler di Situbondo
Sate Laler Cak San di Pasir Putih Situbondo [image source]

Mampir ke Alun-Alun Jember dan Rumah Tembakau

Rumah tembakau [image source]
Sebelum menyicipi sate enak racikan Cak San, ada baiknya untuk mengunjungi tempat cantik yang ada di Jember. Salah satu yang belakangan ini hits banget di media sosial adalah Rumah Tembakau Jember yang berada di Kecamatan Mumbulsari. Untuk sampai di sini, kamu membutuhkan waktu 30 menit dari kedai Cak San. Nah, bagi kamu yang tak ingin jauh-jauh dari pusat kota, Alun-alun bisa menjadi lokasi paling pas untuk menikmati keindahan kota Jember.

Alun-alun Jember
Alun-alun Jember [image source]

Berburu Kuliner Enak di Jember

Warung Gudeg Pecel Lumintu
Warung Gudeg Pecel Lumintu [image source]
Selain Sate Laler, masih banyak kuliner Jember yang tak kalah nendang di lidah kita. Sebut saja Gudeg Campur yang memiliki cita rasa unik. Menu lain yang bisa kamu cicipi saat liburan ke Jember adalah Soto Dalok yang tidak jauh dari kedai Cak San. Jaraknya 5 km atau bisa ditempuh dalan waktu 15 menit dengan menggunakan kendaraan. Kuliner satu ini cukup melegenda karena sudah puluhan tahun menjadi tempat makan favorit warga Jember. Jadi, jangan lupa mampir ya!

Soto Dahlok
Soto Dahlok [image source]
Nama : Sate Laler Cak San
Alamat: Jl. Mojopahit, Sempusari, Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur
Telepon: 0878-5217-7222
Jam buka: 17.00-21.00
Harga : Rp50.000 / bungkus

Sate mana lagi sih yang tak enak. Nah, untuk kamu yang belum pernah mencoba menu satu ini, kamu wajib berburu kuliner lezat di Jember. Jangan lupa pula untuk mencoba Gudeg Campur yang enak ya!

Advertisement
Tags
Jawa Timur Jember kuliner Sate
Share