Tomohon ‘Berdandan’ Cantik dengan 7 Danaunya yang Menawan

Advertisement

Tomohon mungkin saja masih asing di telinga masyarakat di luar Sulawesi. Padahal ada banyak keunikan yang membuatnya berpotensi jadi destinasi wisata kenamaan. Apalagi letaknya tidak begitu jauh dari Manado, hanya berjarak 1 jam perjalanan. Butuh nuansa alam yang menenangkan? Langsung saja ke Tomohon, 7 danau eksotis berikut ini akan memanjakan pandanganmu.

1. Danau Limaney

Danau Limaney [image source]
Danau Limaney paling keren dilihat dari ketinggian. Namun saat kamu datang ke tepiannya ada banyak sudut yang akan membuatmu terpesona. Permukaan air begitu tenang membiaskan warna langit dan hijaunya pepohonan. Jarak antara Danau Limaney dengan Danau Linouw tidak lebih dari 10 km saja, cukup dekat kan?

Pemandangan di sekitar Lemaney [image source]
Lokasi : Pangolombian, Tomohon Selatan, Tomohon, Sulawesi Utara

2. Danau Tampusu

Danau Tampusu [image source]
Tempat ini tidak bisa dilepaskan dari Gunung Tampusu. Dengan kata lain, kamu harus mendaki terlabih dahulu menuju puncak, dan bonusnya adalah pemandangan danau menyerupai Ranu Kumbolo di Jawa Timur.  Dengan berjalan santai dari kaki gunung, hanya butuh waktu sekitar 90 menit untuk sampai di tepian danau. Kamu bisa berkemah dan menikmati pagi dari ketinggian.

Danau Tampusu [image source]
Lokasi : Kecamatan Remboken, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara atau 30 menit dari Tomohon

3. Danau Linouw

Danau Linow [image source]
Warna biru kehijauan yang ditampilkan oleh permukaan air Danau Linouw mirip-mirip dengan Ko Phi Phi di Thailand. Jadi, keindahannya tidak perlu diragukan sama sekali. Kamu bisa langsung ke sini dari Manado dan berkendara selama 90 menit saja. Tak jauh dari danau, terbat Bukit Doa yang menjadi wisata religi bagi sebagian masyarakat setempat dan daerah lainnya. Karena pengaruh belerang, maka warna airnya bisa berubah-ubah. Terkadang hijau, coklat, hingga biru. Waktu yang paling tepat untuk ke sini adalah saat pagi hari, ketika udara masih bersih.

Danau Linouw [image source]
Lokasi : Lahendong, Tomohon Selatan, Tomohon, Silawesi Utara

4. Danau Masarang

Danau Masarang [image source]
Tomohon memiliki iklim yang sejuk, tidak heran kareana daratannya banyak memiliki gunung-gunung. Salah satunya adalah Gunung Masarang. Sama seperti Tampusu, di sini juga ada danau yang bisa kamu nikmati. Sembari berjalan melewati jalur yang menantang, nikmati saja perkebunan yang dikelola oleh warga setempat.

Gunung Masarang dilihat dari Gunung Lokon [image source]
Lokasi :  Tomohon Tengah, Kota Tomohon, Sulawesi Utara

5. Danau Sineleyan

Danau Sineleyan [image source]
Danau Seneleyan berada cukup dekat dengan kota, tidak hanya  menawarkan danau tapi juga fasilitas sebagai taman kota pada umumnya. Hanya saja, enceng gondok kerap menutupi permukaan danau sehingga mengurangi keindahan. Meski begitu, pemerintah setempat berusaha untuk membersihkan dan merawat lokasi tersebut, apalagi Tomohon akan menjadi peyelenggara Festival Bunga yang meriah pada 8-12 Agustus 2017. Tentu saja, Danau Sineleyan akan disiapkan sebagai wisata alternatif bagi para turis yang datang.

Danau Sineleyan [image source]
Lokasi : Jalan Raya Tomohon, Kota Tomohon, Sulawesi Utara

Kelima destinasi di atas tentu masih belum semuanya. Ada dua danau lagi yang dapat kamu kunjungi, yaitu Danau Zano Zemdem dan Linouw Oki. Yuk kunjungi satu per satu dan rasakan liburan seru.

Advertisement
Tags
Danau Indonesia Sulawesi Utara Tomohon
Share