Ronde Jago Salatiga, Kuliner Tradisional yang Kini Makin Naik Kelas

Advertisement

Siapa yang tak kenal dengan ronde? Wedangan yang merupakan makanan tradisional China ini sangat mudah ditemukan terutama di daerah Jawa Tengah. Tak hanya di pinggir jalan yang buka ketika malam datang, ronde kini juga bisa ditemukan di kafe. Salah satunya di Ronde Jago Salatiga yang bahkan telah membuka cabang di Kota Semarang. Seperti apa keunikannya? Berikut selengkapnya.

Tersembunyi tapi Terkenal Seantero Salatiga

Ronde Jago di Salatiga
Ronde Jago di Salatiga via instagram/@takutdiet

Ronde di Jawa Tengah memang bikin kangen, apalagi di Salatiga. Ronde Jago merupakan salah satu dari banyak tempat yang dikenal. Letak tempat nongkrong ini berada di Jalan Jenderal Nomor 9, tepat berada di Kompleks Pasar Raya 2. Letaknya memang tersembunyi, tapi hampir seantero Salatiga kenal dan tahu tempat wedangan hangat ini.

Menu Ronde di Salatiga
Menu Ronde di Salatiga via instagram/@kokokulineran

Langganan Artis hingga Orang Penting

Ronde favorit artis
Ronde favorit artis via instagram/@mase_boogie

Tak hanya orang Salatiga, kepopuleran Ronde Jago sampai di telinga artis hingga orang penting di negeri ini. Terbukti adanya wall frame yang penuh dengan foto, review, serta tanda tangan tokoh kondang di tanah air. Sebut saja Deddy Mizwar, Doyok, Chua Kotak, hingga almarhum Bondan Winarno. Tentu saja tak diragukan lagi kelezatannya.

Seporsi ronde di Salatiga
Seporsi ronde di Salatiga via instagram/@revakurniasari

Resep Turun Temurun dengan Bahan Pilihan

Ronde enak di Salatiga
Ronde enak di Salatiga via instagram/@ellyzabethwu

Berdiri sejak tahun 1964, cita rasa ronde di warung ini tak pernah berubah. Hal ini karena resep dan cara pembuatannya masih sama sesuai yang diwariskan dari generasi pertama. Ronde Jago Salatiga yang kini dikelola oleh generasi ketiga, Johny Indrayanto juga menggunakan 9 bahan pilihan langka. Ada manisan jeruk, sagu delima, hingga manisan tangkweh.

Bahan pilihan Ronde Jago
Bahan pilihan Ronde Jago via instagram/@rondejago

Difavoritkan Hingga Buka Cabang di Semarang

Ronde Jago cabang Semarang
Ronde Jago cabang Semarang via instagram/@semarangfoodmatters

Keunikan Ronde Jago Salatiga juga hadir dari cangkir aluminium sebagai alat meracik ronde sebelum dituangkan dalam mangkuk. Sederhana, tapi difavoritkan banyak orang. Saking populernya, Ronde Jago membuka cabang di Semarang. Letaknya, Sim Square SMC Telogorejo yang tampil beda ala kafe-kafe instagenic di Kota Lumpia. Menu yang ditawarkan juga tak jauh beda, termasuk menu wedang kacang tanah.

Ronde Jago Semarang
Ronde Jago Semarang via instagram/@felixfoodjournal

Nah, kamu penasaran dengan tampilan dan rasanya? Yuk, liburan ke Salatiga dan cicipi langsung kehangatan wedang Ronde lezat ini. Atau juga bisa menikmati Ronde Jago Salatiga di Semarang. Dijamin, bikin kamu ingin balik lagi ke sini.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah kafe di Semarang kuliner Semarang semarang
Share