Rekomendasi Pusat Oleh-oleh Jambi, Lengkap dari Kuliner Sampai Aksesori

Jalan-jalan ke Jambi belum lengkap rasanya jika tak mengunjungi pusat oleh-oleh, apalagi jika Teman Traveler berencana memborong buah tangan untuk sanak famili di rumah. Sayangnya, banyak pelancong kerap kebingungan karena kebanyakan pusat oleh-oleh Jambi ada di tempat wisata, yang jaraknya cukup jauh dari pusat kota.

Namun tenang saja Teman Traveler, gencarnya upaya pemerintah daerah mengembangkan sektor pariwisata membuat pusat oleh-oleh Jambi kini makin mudah ditemukan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat yang bisa kalian kunjungi selama berada di Tanah Pilih Pusako Bertuah.

Temphoyac

Outlet Temphoyac Jambi (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Membaca nama Temphoyac barangkali banyak Teman Traveler yang teringat makanan khas Jambi dari fermentasi durian. Namun Temphoyac di sini adalah nama salah satu outlet yang menjual beragam oleh-oleh khas daerah setempat.

Toko yang dirintis Rico Mappedeceng ini berada di Jalan Jendral Sudirman no 18, Thehok. Jaraknya hanya sekitar dua kilometer dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi. Teman Traveler bisa mampir sebentar sebelum mengejar penerbangan pulang.

Temphoyac menyediakan aneka makanan, kerajian tangan, hingga pakaian dengan desain dan corak khas Jambi. Jenisnya cukup beragam karena ada juga yang didatangkan dari daerah sekitar.

Jakos

Halaman depan Jakos (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Jakos merupakan akronim Jambi Punya Kaos. Pusat oleh-oleh ini dikembangkan Berlian Sentosa dan mengusung tema lokal. Semua produk yang dijual memiliki nuansa kebudayaan. Hal ini sejalan dengan tujuan sang pemilik, yang ingin mengenalkan wisata Jambi melalui usaha kreatif.

Teman Traveler yang ingin membeli atau sekedar melihat-lihat bisa langsung meluncur ke Jalan Kolonel Amir Hamzah, Sungai Kambang, Telanaipura. Toko ini buka tiap hari kecuali Hari Libur Nasional, mulai pukul 09.00 hingga 21.00.

Suasana di dalam kios Jakos (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Jakos awalnya memang lebih fokus pada produk baju dengan nuansa Jambi, seperti Harimau Sumatra, Suku Anak Dalam, Sungai Batang Hari, hingga aneka monumen sejarah. Namun seiring perkembangannya, toko ini mulai mengembangkan produk kreatif lain.

Sama seperti Temphoyac, beberapa produk yang dipajang di Jakos juga didatangkan dari kabupaten lain. Hal ini untuk membantu mewadahi usaha kreatif masyarakat pedalaman.

Dolen

Rumah Makan Dolen (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Dolen adalah pusat oleh-oleh yang baru dibangun. Meski tergolong anyar, tempat ini mampu menyedot banyak pengunjung. Teman Traveler yang penasaran bisa langsung meluncur ke Komplek M Taher, Talang Banjar.

Oleh-oleh yang disediakan di sini lumayan lengkap, mulai dari pernak-pernik hingga pernak-pernik khas Jambi. Konsep interior toko ini juga lumayan unik dan memberikan kesan cukup mendalam bagi pengunjung.

Rumah Batik Azimah

Motif batik khas Jambi (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler penggemar batik, wajib berkunjung ke Rumah Batik Azimah. Pusat kerajian ini bisa kalian temukan di Jalan K.H A. Somad no 41, Olak Kemang. Batik di sini terkenal memiliki keunikan tersendiri. Hal ini tak terlepas dari teknik pewarnaan yang rumit, hingga menghasilkan warna natural yang terkesan klasik.

Rumah Batik Azimah beberapa kali dikunjungi public figure yang ingin mencari oleh-oleh batik dengan motif khas Jambi. Tak sekedar berburu buah tangan, di sini Teman Traveler juga bisa menambah banyak pengetahuan baru mengenai ragam batik dari daerah setempat.

Kerinci Merch

Kerinci Merch (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Kerinci merupakan salah satu kabupaten yang paling banyak berkontribusi terhadap perkembangan wisata di Jambi. Destinasi paling terkenal di sini adalah Gunung Kerinci, gunung vulkanik tertinggi Indonesia.

Jika berkunjung ke kawasan ini, Teman Traveler wajib mampir ke Kerinci Merch. Di sini kalian akan menemukan puast cendera mata dan suvenir khas terbesar di Kerinci. Lokasinya ada di Jalan Muradi, tepat di depan Hotel Kerinci, Koto Tinggi, Sungai Penuh.

Aneka sajian khas Kerinci bisa dengan mudah Teman Traveler temukan di sini, mulai dari dodol kentang lubuk nagodang, sirup kayu manis, keripik kentang, kacang tojin, hingga kopi. Kalian juga bisa membeli aneka kaos dengan desain menarik yang menggambarkan keindahan Kabupaten Kerinci.

Asyiknya lagi Teman Traveler bisa mendapatkan potongan harga khusus jika membeli produk dalam jumlah banyak. Pas buat kalian yang ingin menghemat budget.

Itulah beberapa rekomendasi tempat membeli oleh-oleh Jambi yang bisa Teman Traveler kunjungi. Jangan lupa kunjungi deretan toko di atas jika kalian sedang jalan-jalan di Jambi ya.

Tags
Jambi kontributor Travelingyuk wisata jambi
Share