10 Objek Wisata Alam Jambi, Kunjungi Gunung Api Aktif Tertinggi se-Asia Tenggara di Sini!

Wisata alam Jambi miliki pilihan destinasi yang super lengkap. Teman Traveler setidaknya harus ke sini satu kali seumur hidup; mengunjungi gunung api aktif tertinggi se-Asia Tenggara dan destinasi penuh kejutan lainnya. Ibu kota dari Provinsi Jambi dengan total luas 53.435,72 kilometer persegi ini memang merupakan salah satu kekayaan Indonesia. Sayang untuk dibiarkan begitu saja. Lalu, apa saja kira-kira objek wisata alam yang bisa dikunjungi di sini? Berikut ulasannya!

1. Air Terjun Sigerincing, Derasnya Bikin Pengin Basah-basahan

Mari Basah-basahan di Air Terjun Sigerincing! via Instagram/ pratama07d

Air terjun dengan ketinggian sekitar 30 hingga 40 meter ini berada di Kabupaten Merangin, Jambi. Tepatnya di Desa Tua, Kecamatan Lembah Masurai. Butuh waktu perjalanan sekitar dua jam dari Kota Bangko (pusat kota Merangi) untuk sampai lokasi. Air Terjun Sigerincing miliki debit air yang cukup deras. Percikan dari airnya yang mengalir ke bawah, bikin nggak sabar untuk segera basah-basahan.

2. Air Terjun Tegan Kiri, Eksotis dengan Batuan Setinggi 10 Meter

Bebatuan Eksotis di Air Terjun Tegan Kiri Jambi via Instagram/ yeyen_96

Objek wisata alam Jambi untuk Teman Traveler yang senang dengan suasana air terjun, selain Sigerincing adalah Tegan Kiri. Berada di Desa Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bingo, Air Terjun Tegan Kiri masih alami, ia eksotis dengan air yang mengalir di bebatuan setinggi kurang lebih 10 meter. Untuk sampai ke lokasi, Teman Traveler membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Muara Bungo. Uniknya, di lokasi sini beredar cerita mistis tentang suara tangis di balik air terjunnya. Hmmm. Penasaran?

3. Bukit Kayangan Kerinci, Tempat Terbaik Melihat Sunrise di Jambi

Bukit Kayangan, Melihat Indahnya Pemandangan dari Atas via Instagram/ egimunandha

Bukit Kayangan Kerinci merupakan bagian dari rangkaian perbukitan yang mengelilingi sebagian daerah di Kerinci. Secara administratif, bukit ini berada di Desa Renah Kayu Embun. Jaraknya sekitar 30 menit dari pusat Kota Sungai Penuh. Ketinggian Bukit Kayangan Kerinci sekitar 1500 mdpl. Karena itulah, dari puncak sini, Teman Traveler akan dapat melihat pemandangan di bawah dengan sempurna. Untuk para pemburu sunrise tempat ini cocok sekali.

4. Danau Gunung Tujuh, Pesona Letusan Vulkano yang Berada di Ketinggiaan

Danau Gunung Tujuh Terbentuk Karena Letusan via Instagram/ jezyabdinata

Objek wisata alam Jambi selanjutnya yang akan membuat Teman Traveler terkesima adalah Danau Gunung Tujuh. Berada di puncak gunung, destinasi menarik ini jadi danau tertinggi di Asia Tenggara. Ketinggiannya mencapai 1.950 mdpl. Satu lagi, Danau Gunung Tujuh merupakan danau yang terbentuk karena letusan Gunung Tujuh. Dari kriterianya, ia masuk dalam kategori danau vulkanik. Tertarik?

5. Nikmati Air Sebening Kaca di Danau Kaco

Danau Kaco yang Sebening Kaca via Instagram/ rizkifahrizal15

Danau Kaco adalah bagian dari Taman Nasional Kerinci Serbat. Luasnya mencapai 90 meter persegi. Sesampainya di sini, Teman Traveler jangan kaget dengan kebeningan airnya yang seperti kaca ya. Uniknya, danau yang berada di ketinggian 1.289 mdpl dan harus ditempuh dengan treking selama kurang lebih 3 jam ini seolah menyala di malam hari, terutama pada bulan purnama. Karena itu, banyak yang penasaran dengan keunikan tersebut. Sehingga, sekitar kawasan Danau Kaco juga kerap digunakan sebagai arena berkemping. Jarak danau cantik ini dengan pusat kota lumayan jauh, sekitar 500 Km atau 10 jam perjalanan.

6. Danau Pauh, Tempat Tenang untuk Berteduh dari Keriuhan

Gunung Masurai dari Danau Pauh via Instagram/ damanikharianja

Danau Pauh yang berada di Kabupaten Merangin, Jambi, menambah daftar objek wisata alam Jambi yang harus dikunjungi. Danau ini berada di ketinggian 1.200 mdpl. Suasananya masih sangat asri, terlebih dari kejauhan terlihat Gunung Masurai berdiri dengan kokoh. Air di danau ini biru dan jernih. Sehingga banyak dikunjungi oleh masyarakat Jambi dan sekitarnya. Secara administratif, Danau Pauh berada di Desa Pulau Tengah, Jangkat, Merangin. Dari ibu kota Merangin, Kota Bangko, Teman Traveler perlu waktu sekitar 3 jam untuk sampai lokasi. Lumayan jauh ya? Meski begitu tetap sepadan dengan keindahannya kok.

7. Danau Kerinci, Luasnya Bikin Jatuh Cinta

Danau Kerinci, Terluas di Kabupaten Kerinci via Instagram/ rizkymamat

Danau Kerinci merupakan danau terluas di Kabupaten Kerinci. Luasnya sekitar 4.200 hektare dengan kedalaman 110 meter. Ia terletak di kaki Gunung Rayo dengan kira-kira ketinggian 783 mdpl. Dari Kota Jambi, perjalanan yang harus ditempuh lumayan lama. Yakni 10 jam menuju Sungai Penuh. Dari Kota Sungai Penuh, jarak tersisa tinggal 16 km lagi ke arah selatan.

8. Langsung Go ke Danau Ugo!

Kita Langsung Go ke Danau Ugo! via Instagram/ alifmm17

Kabupaten Batang Hari, Jambi, miliki harta karun tersembunyi berupa danau yang masih alami. Letak danau ini berada di Desa Aur Gading, Kecamatan Bhatin Dua Lusin. Luasnya sekitar 24 hektare. Saat menuju lokasi, Teman Traveler akan melewati jembatan gantung dari besi. Selain itu, pemandangan dari kebun karet yang disuguhkan selama perjalanan juga dapat menambah rasa penasaran.

9. Taklukan Kerinci, Gunung Api Aktif dan Tertinggi se-Asia Tenggara!

Pesona Kerinci Takhenti-henti via Instagram/ wira_

Nama Gunung Kerinci di telinga para pendaki, mestilah tidak asing lagi. Kegagahannya masuk dalam daftar gunung yang harus ditaklukan. Tapi, tahukah Teman Traveler bahwa Kerinci merupakan gunung api aktif tertinggi se-Asia Tenggara? Ketinggiannya mencapai 3.805 mdpl. Luar biasa! Ia dikelilingi Taman Nasional Kerinci Serbat yang merupakan habitat dari Harimau Sumatera dan Badak Sumatera. Dari atas sini, Teman Traveler akan merasakan sensasi berbeda dari sebuah liburan.

10. Menawannya Perkebunan Teh Kayu Aro, Kebun Teh Terluas dan Tertinggi Kedua di Dunia

Sejuknya Berada di Perkebunan Teh Kayu Aro via Instagram/ putiqisthi

Objek wisata alam Jambi selanjutnya yang penuh kejutan adalah Perkebunan Teh Kayu Aro. Ia merupakan salah satu perkebunan teh tertua di Indonesia. Yaitu sejak 1925. Perkebunan Teh Kayu Aro juga merupakan yang terluas dan tertinggi kedua di dunia setelah Perkebunan Teh Darjeeling yang ada di Himalaya. Dingin di sini tercipta sebab lokasinya berada di ketinggian 1.600 mdpl.

Dari mulai danau-danau yang berada di ketinggian, perkebunan teh terluas dan tertinggi kedua di dunia, hingga gunung api aktif tertinggi se-Asia Tenggara, wisata alam Jambi benar-benar laksana bentuk sempurna dari bentang alam Indonesia. Sayang sekali jika diabaikan begitu saja. Yuk! Agendakan ke Jambi akhir tahun ini! Mau ajak siapa nih?

Tags
Indonesia provinsi jambi Wisata wisata alam jambi wisata jambi
Share