Pulau Seindah ‘Surga’ Ini Dekat dengan Jakarta, Apa Namanya?

Indonesia dianugerahi kekayaan berupa keindahan alam yang luar biasa. Setiap sudut dari tanah air kita ini bisa menjadi tempat wisata. Bahkan lahan yang berupa kebun tebu di Kulonprogo, Jogja tiba-tiba hits dan menjadi spot selfie yang terkenal di sosial media. Bagi yang ingin jalan-jalan santai dan menjauh dari keramaian, wisata yang masih sepi bisa menjadi pilihan. Masukkan Pulau Sanghiang dalam daftar destinasimu saat ingin mencari ketenangan. Ada apa saja, sih?

Pulang Sanghiang, Wisata Alami di Banten

Indahnya Pulang Sanghiang
Indahnya Pulang Sanghiang [image source]
Ada berderet-deret pantai indah yang menjadi daya tarik dari Banten, namun nama Pulau Sanghiang tak bisa diremehkan begitu saja. Kecantikan pulau yang masih alami ini menjadikannya salah satu sebagai Seven Wonder Banten. Kawasan ini dulunya sempat akan disulap menjadi penarik turis seperti Bali dan Lombok. Namun, ternyata pembangunannya malah merusak alam sehingga tidak dilanjutkan. Di tahun 1993, Pulau Sanghiang juga sempat dijadikan cagar alam yang dilindungi. Ternyata, banyak tanaman langka yang tumbuh di daerah ini. Selain masih alami dan sangat asri, lokasinya yang dekat dengan Jakarta membuatmu mudah mengkasesnya.

Pulau Sanghiang, Banteng
Pulau Sanghiang, Banten [image source]

Belum Ada Fasilitas Apapun

Sunset di Pulau Sanghiang
Sunset di Pulau Sanghiang [image source]
Karena masih sangat alami, jangan harap ada fasilitas mewah di Pulau Sanghiang. Jangankan resort dengan air panas dan kolam renang bertingkat, penginapan sederhana saja masih belum ada. Pastikan kamu membawa tenda sendiri atau menumpang di rumah warga dan membayar dengan harga yang sudah disepakati. Hanya ada satu Rukun Tetangga yang terdiri dari beberapa rumah di kawasan ini. Pastikan kamu menjaga kebersihan dan kelestarian alam di sini. Jangan lupa untuk membawa pulang lagi sampah-sampah dari bungkus makanan yang kamu bawa.

Bebatuan di Pulau Sanghiang
Bebatuan di Pulau Sanghiang [image source]

Menjelajah Keindahan Bawah Laut

Berjemur di Pulau Sanghiang
Berjemur di Pulau Sanghiang [image source]
Pulau Sanghiang benar-benar menjadi lokasi sempurna untukmu yang mencari ketenangan. Tersedia juga spot-spot dengan keindahan bawah laut yang luar biasa menawan, tak kalah dengan pesona Raja Ampat. Di antaranya adalah Lagoon Bajo dan Lagoon Waru, yang siap membuatmu takjub dengan keindahan karang dan ikan-ikan yang cantik. Kamu juga bisa mengajak sahabatmu untuk berkemah. Di Pulau Sanghiang ini pula lah kamu bisa menikmati bangunan tua peninggalan zaman Belanda, juga goa-goa kelelawar yang masih sangat alami.

Snorkeling di Pulau Sanghiang
Snorkeling di Pulau Sanghiang [image source]

Berburu Sunset di Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang [image source]
Jangan khawatir, liburan di pulau ini tak akan membuatmu bosan karena ada banyak lokasi yang bisa dikunjungi. Jika sudah puas menikmati kecantikan bawah laut, kamu mungkin bisa meluangkan waktu untuk trekking ke Puncak Begal. Dari tebing ini, keindahan pantai di Pulau Sanghiang terlihat jauh lebih jelas. Selain itu, ada Pantai Pasir Panjang yang sangat sepi, berkunjung ke sana membuatmu merasa seperti pemiliknya. Pastikan kamu menyempatkan waktu untuk menikmati sunset di lokasi ini. Wah, sungguh akan menjadi liburan yang sangat berkesan.

Puncak Begal, Sanghiang
Puncak Begal, Sanghiang [image source]
Nah, sudah tahu kan bahwa tak jauh dari Jakarta ternyata ada tempat yang seindah surga seperti Pulau Sanghiang. Ajak teman untuk ‘kabur’ dan menghabiskan waktu di akhir pekan mendatang. Bagaimana, setuju kan?

Tags
banteng Indonesia pulau sanghiang Serang Wisata
Share