Kebun Tebu, Wisata Unik di Kulon Progo, Yogyakarta

Wisata alam memang selalu punya pesona tersendiri. Setiap hari berkutat dengan pekerjaan dan deadline di kantor, jelas membutuhkan suasana yang berbeda. Menjauh dari kepadatan lalu lintas dan memilih pemandangan hijau yang menyegarkan bisa menjadi pilihan. Kalau memang sedang tak punya banyak waktu untuk berlibur ke Bali atau Lombok, objek wisata Jogja juga menawarkan alam yang gratis namun sangat cantik.

Yogyakarta Surganya Wisata Alam

Gunung Merapi, Yogyakarta
Gunung Merapi, Yogyakarta [image source]
Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang benar-benar tidak biasa. Selain punya Malioboro dan kota tua yang jadi pusat liburan, wilayah ini juga diperkaya dengan alam-alam indah yang juga menarik pengunjung. Lengkap, dari pegunungan Merapi di Kaliurang hingga keindahan pantai yang berderet di Gunung Kidul. Kalau Jogja disebut surganya wisata, semua pasti setuju.

Kalibiru, Kulon Progo
Kalibiru, Kulon Progo [image source]

Baru, Kebun Tebu yang Sedang Hits

Kebun Tebu Gendu, Girimulyo
Kebun Tebu Gendu, Girimulyo [image source]
Kalau Pantai Parangtritis sudah terlalu ramai, atau Kalibiru yang hits itu pun juga dipenuhi banyak sekali wisatawan, masih ada pilihan lain, kok. Yang sedang banyak beredar di sosial media adalah keindahan kebun tebu Gendu Girimulyo yang terletak tak jauh dari situ. Di bulan April seperti ini, semua tebu sedang berbunga. Menambah kecantikan dari hamparan hijau tersebut.

Keindahan Kebun Tebu Gendu
Keindahan Kebun Tebu Gendu [image source]

Spot Selfie yang Ternyata Keren Banget

Kebun Tebu berbunga di Girimulyo, Kulon Progo
Kebun Tebu berbunga di Girimulyo, Kulon Progo [image source]
Jangan salah, meski cuma sawah dengan ratusan pohon bahan baku untuk gula ini, tetap bisa menjadi pemandangan yang menyegarkan mata. Apalagi kalau sudah melihat banyak hasil jepretan pengunjung yang sudah menyaksikan sendiri kecantikannya saat sedang berbunga. Mau berdua dengan orang kesayangan atau beramai dengan sahabat, sama-sama seru. Siap-siap buat teman-teman yang mengikuti Instagrammu iri berat.

Kebun Tebu, Kulon Progo
Kebun Tebu, Kulon Progo [image source]

Akses Menuju Kebun Tebu

Berpose di Kebun Tebu Girimulyo
Berpose di Kebun Tebu Girimulyo [image source]
Lokasi kebun tebu milik pabrik gula Madukismo ini berada di lereng Gunung Landang. Lebih tepatnya di dusun Sibolong, Desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Dari Yogyakarta kota, kamu bisa mengambil arah barat hingga menuju perempatan Kenteng. lalu ikuti jalur menuju Kalibawang. Jalur ini sama dengan jalan menuju Gua Kiskendo atau Gua Maria. Kebun Tebu ada di sebelah kanan jalan. Bunga-bunga putih di ujung pohon-pohon yang hijau pasti mencuri perhatianmu.

Kebun Tebu milik pabrik gula Madukismo
Kebun Tebu milik pabrik gula Madukismo [image source]

Wisata di Sekitarnya

Sungai Mudal, Kulon Progo
Sungai Mudal, Kulon Progo [image source]
Seperti yang dijelaskan di atas, kebun tebu ini masih satu wilayah dengan Gua Kiskendo atau Maria. Kalau sudah puas berpose di sawah cantik ini, bisa geser lokasi ke Sungai Mudal yang jernih, atau air terjun Grojokan Sewu yang menakjubkan. Di sini juga menawarkan lukisan alam yang tak kalah menakjubkannya. Jangan sampai lupa mengisi baterai kamera dan handphone hingga penuh, ya. Kamu akan banyak jepret-jepret, nih.

Grojokan sewu, Kulon Progo
Grojokan sewu, Kulon Progo [image source]
Lokasi : Dusun Sibolong, Desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kulon Progo

Tidak menyangka, ya. Kebun tebu saja bisa seindah ini. Memang, apa-apa bisa terlihat luar biasa saat kita bisa lebih bersyukur. Siapa refreshing itu haru mewah?

Tags
kebun tebu gendu kulonprogo wisata kulon progo Wisata Yogyakarta
Share