Menyusuri Eksotisme Sungai Kalibiru yang Tersembunyi di Jantung Raja Ampat

Hal yang paling mentereng soal Raja Ampat memang pasir putih serta riak air beningnya. Tapi, bukan berarti kompleks gugusan pulau satu ini isinya hanya itu-itu saja. Ketika kita mau masuk lebih dalam dan menyusuri tiap lekuknya, akan ada keajaiban-keajaiban yang penampakannya juga luar biasa. Salah satunya misalkan adalah Sungai Kalibiru yang keindahannya pasti bakal membuatmu terbengong-bengong.

Sungai ini terletak di salah satu sudut Raja Ampat yang berdekatan dengan teluk Mayalibit. Dan untuk menjamahnya benar-benar butuh perjuangan besar. Tapi, apa yang kita usahakan itu takkan pernah percuma karena pada akhirnya pesona si Kalibiru akan menghapuskan semuanya.

Benarkah sungai satu ini secantik yang dikabarkan orang-orang? Hmm, keindahan adalah masalah persepsi, tapi untuk yang satu ini memang dijamin sangat memesona. Kamu mungkin terperanjat begitu menjamahnya secara langsung.

Harta Karun di Kedalaman Hutan Raja Ampat

Kalibiru Papua 1
Kalibiru Papua 1 [image source]
Ketika ke Raja Ampat kebanyakan orang-orang hanya fokus kepada pantai, air dan gugusan pulau-pulau kecilnya. Padahal, kalau mencoba masuk lebih dalam ke hutan-hutannya pasti akan mendapatkan sesuatu yang beda. Salah satu contohnya ya sungai Kalibiru ini yang letaknya ada di jantung hutan Raja Ampat.

Posisi Kalibiru sendiri ada di dekat perkampungan Warsandim yang ada di sekitar Teluk Mayalibit. Letaknya cukup dalam dan menyusuri hutan. Jadi, tak ada pilihan selain berjalan untuk bisa menuju ke sana. Tapi, hal ini takkan pernah percuma karena yang bakal didapatkan nanti benar-benar luar biasa.

Usaha Luar Biasa Menuju Kalibiru

Kalibiru Papua 2
Kalibiru Papua 2 [image source]
Menuju sungai ini bisa dibilang butuh usaha yang cukup menguras tenaga. Pasalnya, kita nantinya akan dihadapkan dengan medan yang agak susah. Ada dua opsi menuju tempat ini, yakni bisa dari Kampung Warsandim, atau melalui Waisai. Dua-duanya memakan waktu, namun rute Waisai lebih lama karena harus naik boat dulu selama hampir satu jam.

Apa pun rutenya, yang pasti pada akhirnya kita bakal dihadapkan dengan pilihan berjalan kaki menuju lokasi Kalibiru. Cukup susah juga lho karena trek-nya masih berupa hutan. Setelah berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit kita bakal sampai. Dan begitu tiba, kita bakal langsung disambut oleh si Kalibiru yang indah dan benar-benar biru.

Menjelajah Kalibiru dengan Sejuta Keunikannya

Kalibiru Papua 3
Kalibiru Papua 3 [image source]
Kalibiru terletak di kedalaman hutan, jadi pemandangan yang terhampar adalah hijau nan segar. Tapi, Kalibiru sendiri berwarna sangat biru sehingga menciptakan kombinasi warna yang khas dan tak biasa. Soal birunya Kalibiru, kamu bakal merasa sangat takjub karena warnanya benar-benar sangat menyala.

Birunya sungai ini bukan karena ganggang atau tercemar, melainkan karena proses alami. Jadi sama sekali tak berbahaya. Dan meskipun biru seperti itu, air Kalibiru sangat jernih sehingga dasar sungai pun bisa terlihat. Kira-kira bagaimana ya sensasi berenang di sini? Hmm, coba sendiri ya. Yang pasti bakal puas banget.

Sensasi Dingin dan Menyegarkan Kalibiru

Kalibiru Papua 4
Kalibiru Papua 4 [image source]
Meskipun terpapar sinar matahari sepanjang hari, namun uniknya air di Kalibiru ini sangat dingin. Suhunya kurang lebih sekitar 10-20 derajat celcius. Bahkan ketika kamu memasukkan airnya ke dalam botol, maka akan segera muncul embun di bagian luarnya. Hutan yang masih asri adalah alasan kenapa sungai ini begitu dingin.

Uniknya, tak semua bagian Kalibiru ini sangat dingin, di sisi muara airnya menjadi agak sedikit hangat. Namun, untuk bagian yang masih tertutupi rindangnya pohon airnya masih tetap dingin. Oh iya, untuk bagian muara, airnya tak berwarna biru melainkan bening seperti sungai biasanya.

Adanya si Kalibiru ini sukses membuat Raja Ampat makin lengkap. Kini daerah surga itu tak hanya memiliki pantai atau gugusan pulau yang menawan, tapi juga sungai misterius yang jarang orang tahu. Nah, bagi kamu yang akan atau berkeinginan ke Raja Ampat, sempatkan deh mengunjungi sungai Kalibiru. Dijamin akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan tak terlupakan.

Tags
Papua raja ampat sungai kalibiru
Share