Pulau Panjang Jepara, Wisata Lengkap yang Bikin Liburan Makin Berwarna

Kabupaten Jepara begitu ikonik dengan nama R.A Kartini. Di sini juga ada museum yang dibangun untuk menghormati dan mengenang jasa Pahlawan untuk perempuan tersebut. Namun, daya tarik Jepara bukan hanya soal R.A Kartini. Kabupaten ini juga memikat wisatawan dengan tempat wisatanya. Seperti pulau panjang yang yang luasnya mencapai 19 hektar. Penasaran seperti apa keindahannya? Berikut penuturan Kontributor Travelingyuk, MS Fitriansyah.

Perjalanan Laut yang Menyenangkan

Perjalanan menaiki kapal via Instagram @maarishaharvey
Perjalanan menaiki kapal via Instagram @maarishaharvey

Ada dua dermaga yang akan mengantarkanmu ke Pulau Panjang yakni dermaga Pantai Kartini dan Pantai Bandengan. Kebetulan kami memilih perjalanan lewat Pantai Bandengan. Untuk menuju Pulau Panjang, pengunjung harus menyeberang terlebih dahulu menggunakan kapal. Nah, per individu dikenakan tarif Rp20.000. Jika bersama rombongan, harus pintar-pintar nego sama pemilik kapal. Perjalanan menuju lokasi tersebut memakan waktu sekitar 15-20 menit. Keseruan semakin bertambah karena dapat menikmati perjalanan ditemani gelombang laut, birunya air, dan deru angin menambah semangat perjalanan. Ingat, untuk selalu memakai pelampung demi keselamatan.

Menikmati Alam yang Masih Asri

Bersepeda ria via Instagram @yosafatnyco
Bersepeda ria via Instagram @yosafatnyco

Belum banyak yang mengetahui tentang Pulau Panjang. Sehingga pantai yang satu ini tidak terlalu ramai dibanding wisata di Jepara lainnya. Memasuki dermaga pulau ini, Teman Traveler akan disambut pepohonan rindang yang mengelilingi pulau dan hamparan pasir putih.

Suasana sejuk Pulau Panjang ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Apalagi pengelola menyediakan persewaan sepeda yang bisa digunakan untuk mengelilingi pulau. Jadi, tak perlu bercucur keringat dengan berjalan kaki untuk jelajah tempat wisata ini.

Spot Snorkeling yang Manjakan Mata

Pulau Panjang via Instagram @anditrinurfauzi
Pulau Panjang via Instagram @anditrinurfauzi

Daya tarik lain dari pulau ini adalah keindahan bawah lautnya. Perairan dangkal di sini bisa dimanfaatkan untuk snorkeling. Bebatuan karang dan beranekaragam biota laut menambah decak kagum. Fasilitas untuk snorkeling pun sudah disediakan pengelola. Siapapun akan benar-benar dimanjakan bak sedang di pulau pribadi.

Serunya Berkemah di Pulau ‘Pribadi’

Camping via Instagram @auliya_almunawaroh
Camping via Instagram @auliya_almunawaroh

Teman Traveler ingin menikmati sensasi bermalam di sini bersama keluarga atau sahabat? Tenang, ada banyak yang menyediakan persewaan tenda di sini. Cukup dengan merogoh kocek Rp50.000 saja, wisata cantik di Jepara ini serasa jadi milik pribadi?

Singgah untuk Wisata Religi

Makam Syeikh Abu Bakar
Makam Syeikh Abu Bakar

Jika puas menikmati pesona keindahan Pulau Panjang, sempatkan diri untuk ziarah. Di sudut pulau ini terdapat sebuah makam Syeikh Abu Bakar, salah satu tokoh ulama di Jepara. Cocok nih untuk yang suka berwisata religi atau ziarah ke makam-makam.

Nah, dengan fasilitas komplit, Pulau Panjang bisa jadi rekomendasi destinasi wisata untuk habiskan akhir pekan. Keindahan alamnya tak perlu diragukan lagi. Jadi, kapan nih liburan ke sini?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Jepara wisata jepara
Share