Wisata Jepara Keren Saingan Karimunjawa, Hayo di Mana?

Jika belum menemukan jawaban untuk menghabiskan saat liburan, Pulau Panjang bisa menjadi jawaban. Pulau yang terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini menawarkan sebuah tempat snorkeling dan diving spot baru. Jarak menyebrang yang tidak terlalu jauh jika dibandingkan menuju Taman Nasional Karimunjawa, membuat Pulau Panjang layak untuk masuk dalam travel list-mu. Apa saja yang ditawarkan oleh objek wisata Jepara ini? Berikut ulasan yang lebih lengkap.

1. Spot Snorkeling untuk Pemula Tapi Indahnya Paripurna

Berbagai macam ikan hias bisa ditemui
Berbagai macam ikan hias bisa ditemui [image source]
Spot snorkeling yang masih tergolong baru ini memiliki kedalaman 2,5 m hingga 5 m dan menjadi ekosistem untuk berbagai macam varian ikan seperti, ikan badut, kete-kete, dan berbagai macam ikan hias lainnya. Dengan tingkat kedalaman yang dangkal, spot baru ini masih tergolong aman dan cocok untuk pemula. Meski begitu, tetap menawarkan keindahan yang paripurna.

Seru berenang bersama ikan eksotis
Seru berenang bersama ikan eksotis [image source]

2. Menyelam bersama Pemandu yang Berpengalaman

Pulau Panjang Jepara [image source]
Ada banyak terumbu karang yang eksotis dan ikan warna-warni menunggumu. Pihak pengelola setempat juga telah mempersiapkan pemandu yang kredibiltasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Bahkan untuk urusan dokumentasi bawah air juga telah dipersiapkan oleh pengelola setempat. Kamu tidak perlu repot membawanya dari rumah, cukup menyewa peralatan yang ada. Jika ingi hasil yang maksimal memang tidak ada salahnya membawa sendiri.

Pulau Panjang Jepara [image source]

3. Peran Warga Setempat Demi Laut yang Memikat

Pulau Panjang Jepara [image source]
Adanya lokasi wisata Jepara ini, tidak lepas dari peran warga setempat yang melakukan transplatasi atau menanam terumbu karang pada perairan sekitar Pulau Panjang. Sehingga ekosistem untuk bioata laut yang ada di dalamnya pun juga dapat terjaga kelestariannya. Setelah melalui proses panjang, kini sisi cantiknya dapat dinikmati oleh pengunjung. Nama Jepara sebagai destinasi snorkeling kian melambung.

Pulau Panjang Jepara [image source]

4. Berani Menikmati juga Berani Menjaga

Pulau Panjang Jepara [image source]
Karena membutuhkan usaha yang keras, maka kesadaran wisatawan terhadap kelestarian Pulau Panjang juga harus dimaksimalkan agar tempat ini dapat dinikmati dan ekosistem di dalamnya juga bisa bertahan. Jika tidak, tranplatasi terumbu karang yang dibangun warga sejak tahun 2012 tersebut akan hancur sia-sia.

Pulau Panjang Jepara [image source]

5. Menuju Lokasi Pulau Panjang

Pulau Panjang Jepara [image source]
Untuk dapat menikmati putihnya pasir pantai di Pulau Panjang, kamu bisa menuju Pantai Kartini yang ada di pesisir Jepara. Kemudian menyebrang dengan menggunakan perahu wisata dengna jarak tempuh kurang lebih 2,5 kilometer atau 10 menit perjalanan di atas laut lepas. Walaupun keberangkatan menuju Pulau Panjang dan Karimunjawa sama-sama melalui Pantai Kartini, tapi dua destinasi ini memiliki dermaga keberangkatan yang berbeda.

Pulau Panjang Jepara [image source]
Itulah beberapa pesona Pulau Panjang, objek wisata Jepara yang akan membuat kamu selalu terkenang. Jadi, kapan kamu akan ke sini?

Tags
Jawa Tengah Jepara pulau Snorkeling
Share