Oleh-oleh Tradisional yang Dimodernkan, Buktikan Sendiri Enaknya

Sudah satu paket, pulang dari liburan pasti memborong oleh-oleh khas dari kota setempat. Selain alam yang indah, budaya yang menarik, setiap daerah diperkaya dengan kerajinan atau kuliner khas yang bisa dijadikan buah tangan. Seiring waktu, oleh-oleh tradisional sudah banyak yang dimodernkan. Tentu saja ada rasa baru yang bikin penasaran. Apa saja, ya?

1. Lumpia Kepiting hingga Mozarella

Loenpia Mbak Lien
Loenpia Mbak Lien via Instagram/@loenpiambaklien_

Semarang dikenal sebagai kota lumpia. Ibu kota Jawa Tengah ini memiliki kota tua yang klasik dan cantik. Saat berkunjung ke Semarang, sayang jika melewatkan kawasan ini. Ada banyak spot untuk foto dan bersantai menikmati sore hari. Oleh-oleh yang sering dibawa adalah bandeng presto yang memang banyak ditemukan di kota ini. Tak hanya itu, buah tangan yang wajib dibawa adalah loenpia atau lebih dikenal dengan nama lumpia. Jajanan dengan isian daging ini kini sudah dimodernkan. Loenpia Mbak Lien yang berlokasi di Jalan Pemuda Gang Grajen No.1, Semarang ini menyuguhkan loenpia dengan mozarella, ada juga yang berisi daging kepiting. Nyam!

Loenpia Mbak Lien, Lumpia Kepiting
Loenpia Mbak Lien, Lumpia Kepiting via Instagram/@loenpiambaklien_

2. Bakpia Matcha

Bakpia Matcha
Bakpia Matcha via Instagram/@ririe_kariem

Kalau sedang liburan ke Jogja, kurang afdol jika tak membawa pulang berkotak-kotak bakpia. Bakpia adalah kue yang berisi kacang hijau dan gula, lalu dibalut dengan adonan tepung. Namun, kini bakpia disediakan dengan banyak rasa. Di antaranya adalah rasa coklat dan keju. Tak mau kalah dan tetap mengikuti perkembangan trend kuliner serba matcha, kini bakpia pun ada yang berisi green tea. Bakpia dengan cita rasa green tea atau matcha khas Jepang ini bisa kamu coba di Bakpia Merapi Yogyakarta, Jalan Kaliurang, Jogja. Duh, bikin ngiler, ya.

Bakpia Green Tea
Bakpia Green Tea via Instagram/@chefeddry

3. Surabi Green Tea

Surabi Green tea, Surabi Sukur
Surabi Green tea, Surabi Sukur via Instagram/@worth2visit

Tak hanya Jogja, Kota Solo juga dikenal sebagai daerah yang kaya dengan budaya. Wisata paling laris manis di kota ini adalah keratonnya. Kuliner Solo pun juga banyak yang bikin, salah satunya adalah Nasi Liwet. Untuk oleh-oleh, wisatawan yang berkunjung ke kota yang juga dikenal dengan nama Surakarta ini wajib membawa pulang surabi. Makanan tradisional dari kelapa ini ada dua macam, yang manis dan dinikmati dengan gula merah dan asin gurih. Tak hanya ditaburi kelapa, kali ini sudah ada surabi green tea atau matcha dengan parutan keju di atasnya. Kamu bisa mencoba kuliner ini di Surabi Sukur, Bandung.

Surabi Green Tea
Surabi Green Tea via Instagram/@selerakita.id

4. Bika Ambon dan Matcha

Bika Ambon Coklat
Bika Ambon Coklat via Instagram/@magalicakesnco

Siapa yang doyan dengan bika Ambon? Kue khas Indonesia ini dikenal sebagai salah satu oleh-oleh wajib jika liburan ke Medan. Pada umumnya, bika ambon berwarna kuning cantik. Ada juga yang dibuat dengan rasa pandan manis. Namun, kini sudah banyak bika ambon modern yang bikin makin doyan. Tak hanya ada rasa coklat dan durian, kue yang dibuat dari bahan telur, gula, dan santan ini juga disajikan dengan rasa matcha atau green tea. Toko kue di Jakarta, MagaliCakes & Co menyediakan kue ini. Siapa yang ingin coba?

Bika Ambon Matcha
Bika Ambon Matcha via Instagram/@magalicakesnco

Disajikan dengan rasa aslinya saja sudah bikin doyan, ya. Apalagi jika oleh-oleh tradisional sudah mendapat sentuhan modern. Wah, bisa borong banyak oleh-oleh, nih. Bagaimana, kamu sudah coba yang mana?

Tags
Indonesia kuliner modern Oleh-oleh tradisional
Share