Lumpia Basah Pak Elok, Camilan Sore di Magelang yang Bikin Kenyang

Liburan di Magelang, kurang lengkap jika belum mampir ke Candi Borobudur dan menjajal kuliner lezatnya yang menggoyang lidah. Selain mencoba Nasi Goreng Pak Yatno, kamu juga bisa mencicipi camilan-camilan enak yang bisa disantap saat sore hari. Apa ya?

Kuliner yang wajib kamu coba ini adalah lumpia basah. Sedikit berbeda dengan lumpia khas Semarang, lumpia yang konon merupakan makanan khas Jawa Barat ini memiliki tekstur lebih basah. Meski berbeda, rasa dari setiap gigitan camilan ini bakal membuat kamu ketagihan.

Isian Lumpia Basah di Magelang
Isian Lumpia Basah di Magelang [image source]
Walau dikenal sebagai jajanan khas Jawa Barat, namun lumpia basah cukup banyak ditemukan di Magelang. Salah satu penjualnya adalah Pak Elok, yang menjajakan kuliner enak ini di gerobak dorong. Sangat sederhana, namun warung gerobak yang berada di kawasan Pecinan atau sekitar Toko Saniter di Jalan Pemuda, Magelang ini tak pernah sepi. Apalagi saat menjelang magrib.

Isi Lumpia Basah yang Melimpah
Isi Lumpia Basah yang Melimpah [image source]
Lumpia Basah Pak Elok disebut-sebut sebagai makanan legendaris di Magelang. Pasalnya dia telah berjualan hingga lebih dari 20 tahun. Menariknya lagi, lumpia basah buatannya tak pernah berubah, apalagi isiannya. Kelezatan ini tidak lain karena proses memasaknya masih sederhana, yaitu menggunakan anglo atau tungku.

Lumpia Basah Pak Elok
Lumpia Basah Pak Elok [image source]
Sebelum dibungkus dengan kulit lumpia, isian yang terdiri dari irisan tahu, rebung, daun bawang, dan daging ayam dimasak di atas anglo. Campuran isian tersebut sudah diberi bumbu rahasia yang membuatnya nikmat. Rupanya, bumbu rempah menjadi bahan utama untuk membuat jajanan terasa enak. Tak hanya itu, penyajian yang masih hangat dari wajan membuat banyak pembeli ketagihan.

Lumpia Basah Enak di Magelang
Lumpia Basah Enak di Magelang [image source]
Tak perlu menunggu lama, jajanan ini tidak digoreng melainkan disajikan hangat dengan selimut kulit lumpia. Hingga artikel ini ditulis, harga per porsi lumpia basa pak elok ini hanya Rp5.000 dan berisi 5 buah. Cukup banyak, dan tentunya bisa jadi pengganjal sebelum berburu kuliner Magelang lainnya.

Tags
Indonesia Jawa Tengah Kuliner Lumpia Magelang
Share