Kuliner Solo Favorit yang Hanya Buka di Malam Hari

Selain terkenal akan wisata sejarah, Solo juga juara dalam hal kulinernya. Meski tidak semetropolitan Surabaya atau Jakarta, tapi di sini pun kamu tak akan kebingungan saat kelaparan melanda tiba-tiba di tengah malam. Ini dia daftar kuliner Solo yang buka sampai tengah malam. Apa saja, ya?

Gudeg Ceker Bu Kasno

Warung Gudeg dan Ceker Bu Kasno
Warung Gudeg dan Ceker Bu Kasno (image source)

Warung Gudeg Ceker Bu Kasno ini bisa dibilang salah satu kuliner Solo yang legendaris. Sudah sekitar 40 tahun, warung ini memanjakan para penikmat kuliner tengah malam dengan sajian makanan tradisionalnya. Lokasinya yang tak jauh dari Stasiun Solo Balapan, membuat warung ini menjadi jujukan para wisatawan yang baru menginjakkan kaki di kota. Warung ini mulai buka dari dini hari hingga pagi. Tak mahal, untuk seporsi nasi gudeg ceker Bu Kasno ini seharga mulai 10 ribu rupiah. Lauk lainnya bisa bebas milih, nih.

Ceker Bu Kasno
Ceker Bu Kasno (image source)

Nasi Liwet Mbok Mami

Nasi Liwet Mbok Mami
Nasi Liwet Mbok Mami (image source)

Rasanya ada yang kurang kalau berkunjung ke Solo, tapi nggak cobain makanan khas-nya, yaitu Nasi Liwet. Nah, ada warung legendaris, Nasi Liwet Mbok Mami yang baru buka jam 11 malem hingga dagangan habis. Cukup merogoh kantong 6 ribu, kamu sudah bisa menikmati nasi liwet dengan lauk telur rebus yang sudah dibacem. Kalau mau tambah lauk lainnya juga bisa. Lokasinya yang di dekat Pasar Jongke ini memudahkan warung Mbok Mami ini mudah dicari.

Warung Nasi Liwet Mbok Mami
Warung Nasi Liwet Mbok Mami (image source)

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu
Nasi Liwet Bu Wongso Lemu (image source)

Kuliner Solo berupa Nasi Liwet terkenal lainnya adalah warung yang sudah turun temurun, yaitu Bu Wongso Lemu. Warung Nasi Liwet yang satu ini sudah melegenda sejak tahun 1950-an. Lokasi warung bu Wongso Lemu yang terletak di daerah Kepabron ini buka dari jam 4 sore, hingga pukul 1 dini hari. Warung Bu Wongso Lemu yang sekarang ini dikelola oleh cucunya mengaku memang banyak nasi liwet legendaris, namun yang asli Wongso Lemu hanya 3, dan semuanya bersaudara. Harga yang dipatok Nasi Liwet yang satu ini agak mahal, yaitu 15-22 ribu untuk yang komplit. Namun, untuk rasa nggak perlu diragukan, ya. Serunya lagi, kamu akan ditemani wanita tradisional yang menghibur lewat nyanyian. Kental banget Solo-nya, kan?

Warung Nasi Liwet Bu Wongso Lemu
Warung Nasi Liwet Bu Wongso Lemu (image source)

Warung 24 Jam “Tiada Tara”

Mie Instan Burjo 24 Jam Tiada Tara
Mie Instan Burjo 24 Jam Tiada Tara (image source)

Anak kampus pasti kenal dekat nih dengan warung Burjo (Bubur Kacang Ijo)? Yap, burjo rasanya ada di hampir semua kota besar. Warung ini dikenal dengan menu beragam bubur dan juga mie instan, serta buka 24 jam. Di Solo, ada Burjo yang sangat terkenal, khususnya di kalangan mahasiswa. Burjo Tiada Tara 24 jam ini memang berlokasi sunggu strategis, yaitu di belakang kampus UNS. Menunya pun ternyata sudah banyak tambahan, nggak cuma bubur dan mie instan. Di burjo Tiada Tara ini kamu juga bisa memesan nasi goreng andalannya, lho.

Nasi Goreng Burjo Tiada Tara
Nasi Goreng Burjo Tiada Tara (image source)

GALABO

Bakso di GALABO
Bakso di GALABO (image source)

Yang terakhir, ada GALABO (Gladak Langen Bogan) ini merupakan warung pujasera yang buka dari sore hingga tengah malam. Kalau masih bingung mau makan apa, GALABO bisa menjadi piliha. Di sini kamu bisa mendapat banyak pilihan, dari bakso, gudeg, hingga sate pun tersedia. Harganya pun beragam, mulai dari 15 ribu rupiah. Yang membuat tempat ini menjadi lebih menyenangkan, kamu akan ditemani pertunjukkan musik dari musisi lokal yang membawakan lagu-lagu populer. Lokasinya yang ada di sekitaran Alun-alun Kasunan Surakarta semakin membuat GALABO disenangi.

Sate di GALABO
Sate di GALABO (image source)

Nah, sekarang sudah nggak perlu takut kelaparan tengah malam karena ada beberapa kuliner Solo di atas. Boleh dicoba agar bisa membuat perut kenyang dan melanjutkan tidur dengan tenang. Mana saja nih yang sudah kamu cicipin?

Tags
kuliner Solo kuliner tengah malam solo
Share