Tak Hanya Penang, Singapura Juga Punya Mural yang Indah

Untuk sebagian orang, seni mural mungkin bukan menjadi hal yang luar biasa. Tapi jangan salah, seorang seniman asal inggris dengan julukan Banksy, malah sangat dikenal dengan seni muralnya yang begitu kritis. Karakter mural dari Banksy cenderung mengkritisi fenomena-fenomena sosial yang sedang terjadi. Bahkan pria yang identitasnya misterius tersebut mengkritisi pemerintah. Jika kamu memiliki ketertarikan terhadap seni mural, segera siapkan liburan singkatmu ke Singapura. Dimana saja ya spot mural yang ok di Singapura?

Amoy Street Food Center

Samsui Lady yang berada pada lantai satu Amoy food center
Samsui Lady yang berada pada lantai satu Amoy food center [image source]
Di Amoy, kamu tidak hanya bisa menemukan kuliner-kuliner yang ada disini. Tapi, pemandangan dari beberapa mural yang menakjubkan. Di lantai satu gedung ini kamu akan menemukan mural dengan judul Samsui Lady. Mural yang menggambarkan wanita tua tersebut digambar oleh seniman bernama Muhammad Azlan Ramlan. Muhammad Azlan Ramlan juga diketahui cukup sering membuat grafiti di Chicago dan New York

Thian Hock Keng Temple di 158 Telor Ayer Street

Mural yang menceritakan budaya masyarakat singapore sebelumnya
Mural yang menceritakan budaya masyarakat singapore sebelumnya [image source]
Dibuat oleh seniman bernama Yip Yew Chong. Mural ini memiliki panjang kurang 44 meter yang dilukis pada tembok kuil Thian Hock Keng. Kuil ini terletak di telor ayer street 158. Mural ini lebih mengusung tema heritage. Menceritakan perjalanan Singapura dari tahun ke tahun. Beberapa gambar yang menceritakan migrasi orang Hokkian dan perjuangannya. Dalam beberapa elemen gambar ini juga disampaikan beberapa budaya Hokkian seperti nikah massal.

95 Club Street dan Siang Hill Junction

Terinspirasi dari orange is the new black
Terinspirasi dari Orange is the New Black [image source]
Di sini kamu bisa bertemu dengan lukisan mural karya Yip Yew Chong. Karya-karyanya memang sedikit banyak membawa tema budaya lokal Singapore. Mural karya Yip Yew Chong yang berada di 95 Club Street menceritakan serial televisi yang ada pada Netflix, Orange is the New Black. Secara visual di tembok jalan ini, terdapat 7 orang perempuan yang berada di dalam bingkai jendela kayu berwarna hijau dan tampak sedang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing.

Haji Lane

Juice clinic, mural beserta seni instalasi manekin
Juice clinic, mural beserta seni instalasi manekin [image source]
Haji Lane merupakan tempat yang tekenal dengan mural dan seni-seni jalanan yang sangat luar biasa. Salah satunya yang terdapat pada sebuah kafe bernama Juice Clinic. Di sana, kamu bisa menemukan mural dengan warna-warna dan karakter seni psychedelic. Sekaligus seni instalasi yang terbuat dari manekin. Beberapa seniman yang membuat karya ini biasa dikenal dengan nama Prettyfreakyfantasy, Naazsedili, Karlkerridgeart, dan Beadedsoulasylum.

Little India

Little india dan tema mural yang disesuaikan dengan sejarah tempat tersebut
Little india dan tema mural yang disesuaikan dengan sejarah tempat tersebut [image source]
Little India merupakan sebuah distrik yang kaya akan nilai-nilai budaya di tengah-tengah modernitas Singapore. Di distrik ini kamu akan menemukan mural yang cukup besar karya seniman lokal bernama Psyfool. Mural berjudul Traditional Trades of Little India akan membawa kamu pada era colonial di Singapore pada tahun 1800-an. Little India merupakan pemukiman bagi imigran-imigran yang berasal dari India. Kebanyakan warga india menetap di sana sekaligus berdagang. Dagangannya pun bermacam-macam, mulai dari karangan bunga hingga pemasaran kacang puteh.

Seru kan liburan nyeni di Singapura? Jangan lupa untuk posting di media sosialmu jika kamu sudah berkunjung ke lokasi mural favorit ini.

Tags
Mural seni Singapura
Share