Liburan Anti Bokek, Ini 4 Alternatif Mudik Gratis Sambut Akhir Tahun

Perayaan Natal akan tiba dalam beberapa hari lagi. Momen spesial tersebut terasa lebih syahdu bila dirayakan bersama keluarga tercinta. Sehingga dapat menjajal hidangan khas Natal buatan ibu sembari bersantai di rumah yang penuh dekorasi cantik. Namun apa daya bila budget pulang kampung terbatas. Tak usah khawatir! Teman Traveler yang pengin mudik demi Natal bareng keluarga, simak alternatif transportasi gratis berikut.

Bus Gratis dari Pelabuhan

Ilustrasi Bus dari Pelabuhan via shutterstock

Saat tiba di pelabuhan, terkadang kita harus berusaha keras mencari bus untuk mengantarkan ke tujuan akhir. Khusus untuk menyambut Natal dan Tahun Baru, Teman Traveler tak perlu susah-susah lagi. Sebab Pelindo III menyediakan bus gratis yang akan membawa Teman Traveler ke destinasi akhir.

Fasilitas ini akan hadir di 3 pelabuhan yaitu Tanjung Perak Surabaya, Tanjung Mas Semarang, dan Tenau Kupang. Tempat tujuan bus pun sudah ditentukan yaitu Bojonegoro, Kediri, Ngawi, dan Madiun bagi yang mudik dari Tanjung Perak.

Sedangkan dari Tanjung Mas akan diantar bus gratis ke Solo dan Jogja. Untuk Pelabuhan Tenau Kupang, ada bus menuju kawasan Soe dan Kefa. Tidak usah mendaftar, Teman Traveler dapat langsung memanfaatkan bus gratis pada 18-25 Desember 2019.

Perantau di Jakarta Bisa Mudik Gratis Naik Bus

Ilustrasi Bus Gratis di Jakarta via shutterstock

Teman Traveler adalah perantau di Jakarta dan hendak rayakan Natal bersama keluarga di kampung halaman? Tak perlu lagi berpikir keras untuk memutar dana agar cukup untuk liburan akhir tahun, Teman Traveler dapat memanfaatkan bus mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Jasa Raharja.

Tersedia 6 destinasi yaitu Solo, Semarang, Jogja, Purwokerto, Boyolali, Malang, Malang, Surabaya-Bali, dan Jogja-Bali. Bila kampung halaman Teman Traveler terletak di kawasan tersebut, segerakan mendaftar di laman resmi mudik gratis milik Kemenhub. Bus akan berangkat serentak pada 21 Desember 2019 di 5 terminal yaitu Pulo Gebang, Kampung Rambutan, Jatijajar, Kalideres, dan Porisplawad.

Bus Mudik Gratis di Sulawesi Tengah

Mudik Gratis Natal
Ilustrasi Bus Mudik Gratis di Sulteng via shutterstock

Bukan hanya ibu kota, perantau yang berada di Palu pun patut bersenang hati. Sebab Dinas Perhubungan Sulawesi Tengah (Dishub Sulteng) mengadakan program bus mudik gratis. Bus akan berangkat sekitar 5 hari sebelum Natal untuk mengantarkan Teman Traveler menemui keluarga di kampung halaman di kawasan Sulawesi Tengah. Beberapa di antaranya adalah Banggai Laut, Buol, Morowali Utara, Poso, dan Tolitoli.

Kuota yang disediakan memang terbatas yaitu sekitar 500 tempat duduk. Sehingga Teman Traveler sebaiknya segera mendaftar ke kantor Dishub Sulteng sebelum tanggal penutupan yaitu 18 Desember 2019.

Ringankan Budget Mudik dengan Tol Gratis

Mudik Gratis Natal
Ilustrasi Tol Jakarta-Cikampek Gratis via shutterstock

Teman Traveler yang mudik menggunakan mobil pribadi pun bisa cukup berhemat dengan adanya tol gratis. Tepatnya di tol Jakarta-Cikampek II (layang) yang rencananya akan beroperasi pada minggu kedua Desember. Tol gratis ini dilaksanakan khusus untuk menyambut pemudik yang hendak merayakan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga tercinta.

Segera daftar untuk mudik gratis demi momen spesial Natal 2019. Jangan sampai budget terbatas menghalangi kebahagiaan untuk memperingati event istimewa bersama yang tersayang di rumah.

Tags
Akomodasi Indonesia Mudik Gratis Natal Natal dan Tahun Baru
Share