Solusi Kabur dari Panasnya Palu, Datang ke Air Terjun ini Saja

Palu adalah ibokota Provinsi Sulawesi tengah dengan cuaca yang cukup terik. Suhu tertinggi di kota ini bisa mencapai 33 derajat celcius. Cukup mampu membuatmu berkeringat ketika beraktivitas di siang hari. Namun alam tetap memberikan jalan keluar bagi kamu yang sudah gerah dengan suhu tinggi di kota Palu. Kabur dari panasnya kota Palu, kamu bisa mendinginkan badan pada destinasi wisatanya. Seperti di tempat wisata ini.

Air Terjun Piala

Air Terjun Piala via instagram/@lidya_kk

Selain sebagai tempat wisata, Air Terjun Piala juga merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLMTH). Di sini kamu dapat menemukan air dengan warna hijau jernih dengan debit air yang tak terlalu deras. Namun juga tergantung dari musim. Di bawah jatuhan air juga terdapat kolam yang dapat digunakan berenang. Hati-hati jangan mencoba jika skill berenangmu belum terlalu mahir. Karena kolam ini cukup dalam.

Tidak terlalu tinggi namun menyerupai tirai via instagram/@rian_mohamad

Air Terjun Laumarang

Tempat yang menarik untuk penghobi fotografi via instagram/@aridiyanto.ls

Ketinggian air terjunnya mencapai 20 meter dengan debit air yang cukup deras. Keindahan tempat ini juga terpancar dari tebing-tebing yang mengitarnya. Seperti dinding dengan tanaman liar yang terlihat segar karena tersirat oleh jatuhan dari air terjun. Bahkan kamu juga dapat basah kuyup tanpa harus menceburkan diri karena terkena hantaman air terjun.

Air Terjun Laumarang diapit oleh tebing-tebing tinggi via instagram/@abeaufar

Air Terjun Wera

Debit air yang besar dan deras via instagram/@dinar_rikianto

Air terjun yang memiliki dua bagian undakan ini terletak di lereng Gunung Watusidae. Undakan yang pertama memiliki ketinggian mencapai 80 meter dan yang kedua hanya sekitar 8 meter. Debit air nya cukup deras, ada baiknya jika kamu tidak berdiri tepat di bawah air terjun. Meskipun harus berjalan kaki sejauh 2 km, sesampainya di sini kamu dapat melihat suasana sekitar yang masih benar-benar asri.

Tersembunyi dibalik rimbunnya hutan via instagram/@gugunguswanda

Air Terjun Salodik

Air Terjun bertingkat dengan ketinggian sedang via instagram/@hao_noah

Pantas jika Air Terjun Salodik memiliki julukan sepotong surga di ujung kota, karena keindahannya memang mengagumkan. Kamu bisa melihat undakan kecil sehingga terlihat bertingkat. Belum lagi alirannya yang sangat lembut. Di beberapa titik, airnya memiliki warna kehijauan dikarenakan dasarnya berisi tanah liat.

Arusnya juga tak terlalu deras via instagram
Arusnya juga tak terlalu deras via instagram/@refly_chrismariyanto 

Cuaca panas pasti akan musnah seketika jika kamu datang ke tempat yang telah disebutkan di atas. Apalagi kamu dapat berendam di kolam air yang ada pada beberapa tempat tersebut. Destinasi apa yang menurutmu paling menarik di Palu?

Tags
Indonesia Palu Sulawesi Tengah Wisata
Share