4 Minuman Khas Bali yang Enak dan Menyegarkan, Sudah Coba?

Keindahan Bali di mata wisatawan dalam maupun luar negeri tak perlu ditanyakan lagi. Tidak heran jika pulau cantik ini selalu ramai oleh turis. Namun, Bali tidak hanya memiliki itu saja. Ada kuliner enak dan menyegarkan yang pastinya bikin kamu ketagihan. Apa saja daftar minuman khas Bali ini?

1. Es Kuwut

Es Kuwut
Es Kuwut via instagram/@na.corinna

Kuliner ini mirip es blewah, tapi beda isi. Es Kluwut menggunakan melon sebagai bahan dasar. Buah tersebut diserut dan disajikan bersama dengan serutan daging kelapa muda, sirup melon, biji selasih, serta sedikit perasan air jeruk nipis. Tak lupa tambahan air kelapa muda yang segar. Minuman tersebut memang berasal dari Kuta. Namun, kamu bisa menemukannya di kota-kota lain.

Es Kuwut Bali
Es Kuwut Bali via instagram/@kedaimbaute_semarang

2. Es Bir

Es Bir Bali
Es Bir Bali via instagram/@paonjahesereh

Tak hanya bir pletok, ada satu lagi minuman khas Indonesia yang bernama bir tapi tak beralkohol. Namanya es bir, kuliner khas Bali yang berisi es kelapa muda. Tidak hanya daging serta air kelapa muda, tapi ada perasan air jeruk nipis yang membuatnya makin menyegarkan. Untuk menemukan es bir sangatlah mudah. Salah satunya di sekitar Buleleng. Bagaimana tertarik untuk mencobanya kan?

Es Bir
Es Bir via instagram/@windiratnasarihidayat

3. Es Daluman

Es Daluman
Es Daluman via instagram/@rujak_bali_batan_poh

Minuman menyegarkan yang dapat kamu temukan di Bali selanjutnya adalah es daluman. Kuliner ini sebenarnya juga dikenal dengan nama es cincau. Yap, daluman adalah cincau hijau yang memiliki banyak khasiat, seperti memperlancar buang air besar. Biasanya, menu ini disajikan bersama siraman gula merah, kuah santan yang gurih serta es batu. Untuk bisa mencicipinya, kamu bisa datang ke kedai yang menjual makanan khas Bali.

Es Daluman Bali
Es Daluman Bali via instagram/@thenasicampur

4. Es Tambring

Es Tambring
Es Tambring via instagram/@amelia_rizqa

Satu lagi sajian minuman khas Bali yang berbeda dari tempat lainnya. Namanya es tambring merupakan es kelapa muda yang dicampur dengan gula jawa, putih telur ayam kampung, serta asam Jawa. Sekilas, rasanya memang tidak menjanjikan, namun istimewa banget. Minuman segar ini juga berkhasiat untuk mengobati panas dalam dan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

Es Tambring Bali
Es Tambring Bali via instagram/@alominto

Selain menikmati kudapan, kini ada agenda seru yang bisa kamu lakukan saat berjemur di pantai eksotis Bali. Apalagi kalau bukan menyeruput minuman khas Bali yang nendang di lidah. Pastinya bakalan makin nikmat jika mencobanya bersama orang tersayang. Setuju kan?

Tags
Bali Denpasar Indonesia kuliner bali
Share