Disangka Beralkohol, Ternyata Minuman-Minuman Ini Seratus Persen Halal

Tidak semua minuman yang disebut ‘bir’ itu beralkohol. Bahkan, jika dilihat dari proses produksinya, ada yang  seratus persen halal dan dapat dikonsumsi oleh kamu, traveler muslim. Yap, nama tersebut sengaja disandingkan dengan filosofi tersendiri dari pembuatnya. Lalu jenis minuman apa saja sih yang disangka beralkohol tapi ternyata halal ini? Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini!

Bir Kotjok

Es Bir Kotjok
Es Bir Kotjok [image source]
Udara di Bogor terkenal dingin dan menyegarkan. Pun demikian, bukan berarti tidak ada minuman dingin yang khas dari kota ini. Kuliner Bogor yang dingin menyegarkan adalah Es Bir Kotjok. Tenang saja karena bahan pembuatannya tidak beralkohol dan memabukkan. Bir Kotjok merupakan racikan pelepas dahaga yang terbuat dari jahe, kayu manis dan gula aren. Soal harga, satu porsi Bir Kotjok sangat terjangkau yaitu sekitar Rp5.000. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Datang saja Jl Surya Kencana, Bogor dan beli Es Bir Kotjok Si Abah yang sudah ada sejak tahun 1965.

Es Bir Kotjok Bogor
Es Bir Kotjok Bogor [image source]
Nama : Es Bir Kotjok
Alamat : Jl. Surya Kencana, Bogor
Jam Buka : 09.00 – 17.00 (habis)
Harga : Rp5.000

Bir Pletok

Bir Pletok kemasan bubuk
Bir Pletok kemasan bubuk [image source]
Bukannya memabukkan, bir satu ini malah membuat badanmu hangat seketika. Apalagi kalau bukan Bir Pletok yang tersedia dalam kemasan botol dan bubuk. Minuman yang tidak mengandung alkohol ini sendiri merupakan kuliner khas Betawi yang terbuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, kayu manis, cengkeh, cabe jawa, biji pala daun pandan, serai dan banyak lainnya. Selain menghangatkan tubuh, Bir Pletok juga kaya akan manfaat lain seperti meredakan nyeri lambung dan mengurai rasa mual, batuk, dan gejala flu ringan lainnya.

Bir Pletok Khas Betawi
Bir Pletok Khas Betawi [image source]
Nama : Bir Pletok
Alamat : Toko Oleh-Oleh di Betawi
Harga : Mulai dari Rp30.000

Root Beer A&W

Root Beer AW
Root Beer AW [image source]
Minuman selanjutnya yang banyak disangka mengandung alkohol adalah Root Beer, jenis pelepas dahaga yang dijual di gerai makanan A&W . Tentu saja sama sekali tidak mengandung bahan memabukkan untuk tubuh. Bir di sini terbuat dari esktrak akar pohon bunga-bungaan atau anggur sasaparila yang dicampur dengan gula, ragi dan air. Campuran dari bahan tersebut pula disimpan dalam botol sehingga ragi mengeluarkan karbondioksida. Karena itu pula, minuman ini menjadi soda dan mantap diminum saat cuaca panas.

Root Beer di A&W
Root Beer di A&W [image source]
Nama : Root Beer
Alamat : Seluruh Gerai A&W

Butterbeer

Butter Beer di Jakarta
Butter Beer di Jakarta [image source]
Butter Beer, pernah dengar nama minuman yang disangka beralkohol satu ini? Yap, Butterbeer merupakan minuman yang mulai populer setelah dikisahkan dalam film Harry Potter. Minuman tersebut rasanya mirip dengan butterscotch  dan diceritakan dapat memabukan si peminum. Ternyata, butterbeer sama sekali tidak memiliki kandungan alkohol. Bahannya pun terdiri dari mentega, krim soda, dan krim kental. Awalnya, minuman satu ini hanya ada di The Wizarding World of Harry Potter di Orlando, Amerika Serikat dan Osaka, Jepang. Namun, di Jakarta kini sudah ada lho. Salah satunya Wooble Butterbeer yang berada di Mall of Indonesia Kelapa Gading. Wah, berminat untuk mencoba?

Butterbeer
Butterbeer [image source]
Nama : Wooble Butterbeer
Alamat : Mall of Indonesia Kelapa Gading, Jakarta Utara

Bagaimana, tertarik untuk berburu bir yang tidak beralkohol di atas bukan? Nah, selain keempat minuman tersebut, apa lagi nih kuliner lezat yang awalnya kamu sangka bisa memabukkan?

Tags
Bogor Indonesia Jakarta Jawa Barat kuliner
Share