Kuliner Bali Enak, Rela Antri Asal Kebagian Nikmatnya

Melisa

Melisa

On Indonesia
Kuliner Bali Enak yang Bikin Kamu Rela Antri

Bali tak hanya memiliki sederetan pesona alam yang memikat dan juga budaya cantik untuk disimak. Ada banyak daya tarik dari Pulau Dewata yang perlu dieksplor, termasuk tentang makanannya. Setelah puas seharian keliling kota atau melanglang buana menjelajah banyak air terjun, waktunya untuk menikmati sedereran kuliner Bali enak yang bikin kamu rela antri. Penasaran apa saja? Ini dia daftarnya.

1. Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Ayam Betutu Khas Gilimanuk via Instagram/@dianarahmat

Sudah bukan rahasia, salah satu kuliner Bali yang khas adalah ayam betutu. Ayam utuh berbumbu yang dipanggang dalam api sekam ini merupakan makanan yang tak boleh dilewatkan. Salah satu yang terkenal dengan kuliner ini adalah Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Ada banyak pilihan, termasuk yang super pedas. Bisa pesan satu ayam utuh, atau setengah.

Di setiap porsinya, kamu sudah mendapat gratis plecing kangkung lengkap dengan sambal khas dan kacang goreng untuk penghilang pedas. Beruntung Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini sudah memiliki banyak cabang, di antaranya di Jalan Buluh Indah No.51X, Pemecutan Kaja, Denpasar, Jalan Raya Kuta, Jalan Raya Tuban No.2X, dan  Jalan Merdeka No.88, Renon, Denpasar Timur, Bali. 

Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Bali
Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Bali via Instagram/@melipirjajan

2. Mie Kober Bali

Mie Kober Bali
Mie Kober Bali via Instagram/@ayunindya.p.k

Kuliner lainnya yang wajib dicoba saat liburan ke Bali adalah Mie Setan Kober. Deretan pelanggan setiap selalu memenuhi kasir kedai Mie Kober untuk memesan. Meski harus antri penuh kesabaran untuk mendapatkan sepiring mie angel atau mie iblis dengan kepedasan sesuai levelmu, Mie Kober tak pernah ditinggalkan pelanggannya.

Datang saja dan lihat sendiri di Jalan Bedugul No.37, Sidakarya, Denpasar, Bali. Selain mie, kedai ini juga menyediakan pilihan camilan seperti siomay, sushi, dan ceker. Jangan lupa juga untuk memesan Es Kuntilanak, Es Pocong untuk menghilangkan panas Bali yang menyengat.

Mie Kober Cabang Bali
Mie Kober Cabang Bali via Instagram/@balicious.id

3. Sate House

Sate House, Bali
Sate House, Bali via Instagram/@jacetsl

Perlu untuk mendaftar kuliner apa saja yang ingin dicoba saat liburan ke kota atau negara baru. Termasuk saat traveling ke Bali. Karena sedikit susah untuk menemukan makanan enak dan tidak mahal saat liburan ke Pulau Dewata yang memang dibanjiri wisatawan asing.

Tapi tenang saja, kamu bisa mempir ke Sate House yang berlokasi di Jalan Dewi Sri No.101, Legian, Kuta, Bali. Sesuai dengan namanya, ada beragam pilihan, dari sate lilit, sate kambing hingga sate lilit khas Bali. Sambalnya pun bisa memilih sesuai selera. Tenang saja, meski selalu ramai tapi Sate House terkenal dengan pelayanannya yang super cepat.

Sate House
Sate House via Instagram/@dheenasoebli

4. Warung Mak Beng

Warung Mak Beng, Bali
Warung Mak Beng, Bali via Instagram/@harryrow.designer

Bagaimana ceritanya jika kedai hanya menjual satu macam menu? Warung Mak Beng yang berlokasi di Hang Tuah No.45, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Sanur, Bali ini berhasil membuktikan bahwa menu satu-satunya lah yang menarik pelanggan untuk selalu memenuhi kedainya.

Warung yang buka sejak jam 8 pagi hingga pukul 10 malam ini hanya menyediakan ikan goreng dan sup ikan. Namun, justru kesegaran dari setiap sendokan kuah di sup ikannya yang khas menjadikan warung ini selalu penuh. Ikan gorengnya pun dimasak dengan bumbu khusus yang membuat penikmatnya ketagihan. Lokasinya pas di pinggir Sanur, bisa mampir nih sekalian setelah puas menikmati pantai.

Warung Mak Beng
Warung Mak Beng via Instagram/@dina_septianti_

Deretan kuliner Bali enak di atas wajib dicoba sendiri kelezatannya satu per satu. Dijamin, meski antri panjang juga rela deh demi seporsinya. Bagaimana, sudah coba yang mana?