7 Mie di Asia Tenggara yang Enak Banget, Sudah Pernah Coba?

Mie ayam dan pangsit merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang masih difavoritkan. Racikan bumbu dan porsinya selalu bikin ketagihan. Namun, tahukah kamu jika di dunia ini banyak jenis menu serupa dengan kedua makanan tersebut? Dirangkum oleh Travelingyuk, berikut jenis mie di Asia Tenggara. Rasanya enak banget, nggak kalah dengan buatan dari Indonesia.

1. Khua Mee, Laos

Khua Mee
Khua Mee via instagram/@koohj

Namanya memang asing di telinga. Namun, tidak ketika kamu liburan ke Laos. Yap, Khue Mee sudah menjadi santapan wajib saat berburu kuliner di negara ini. Khue Mee ini semacam mie goreng yang disajikan dengan daging ayam, sapi atau babi. Rasanya gurihnya dengan aroma bawang putih yang sedap. Tak hanya itu, ada tambahan sayuran yang mengenyangkan

2. Shan Kauk Swe, Myanmar

Shan Kauk Swe
Shan Kauk Swe via instagram/@galthefoodie

Seperti Laos, Myanmar juga memiliki mie yang tak kalah nendang. Namanya Shan Kauk Swe yang juga dikenal dengan nam Mie Shan. Kudapan ini sebenarnya berasal dari perbatasan China dan Thailand. Seporsinya bisa disajikan kering atau berkuah. Keduanya memiliki rasa istimewa. Keunikan lain dari Mie Shan adalah tomat ulek sebagai bahan utama. Terkesan aneh, tapi rasanya luar biasa.

3. Kuy Teav, Kamboja

Kuy Teav
Kuy Teav via instagram/@sopannah

Kali ini berpindah ke Kamboja. Negara satu ini juga memiliki mie yang sangat populer. Namanya Kuy Teav yang merupakan menu untuk sarapan. Sajian istimewa ini dibuat dari mie beras yang dicampur dengan sayuran. Tak hanya itu, ada tambahan daging babi dan bakso yang membuatnya makin sedap. Kuah beningnya tak kalah spesial. Mencium baunya saja, kamu bakalan ngiler.

4. Batchoy, Filipina

Batchoy
Batchoy via instagram/@sarsakitchen

Keindahan Filipina memang mengagumkan. Begitu pula dengan aneka kulinernya yang menggugah selera. Di negara ini juga terdapat mie yang jadi khasnya. Namanya Batchoy yang merupakan mie kuah berisi daging babi, sayuran, jeroan, dan juga telur setengah matang. Kuahnya juga tak kalah menggiurkan. Pastinya bikin ketagihan.

5. Pad Thai, Thailand

Pad Thai
Pad Thai via instagram/@coolngroove

Mie di asia tenggara lainnya bisa ditemukan di Thailand? Ada rencana untuk berkunjung ke Pulau Phi Phi. Jangan lupa untuk menjajal kuliner mie khas Thailand yang bernama Pad Thai. Sajian istimewa ini menggunakan mie beras yang dimasak dengan aneka bahan. Ada kucai, tauge, acar lobak, irisan tahu, serta telur. Biasanya, mie ini juga ditambah dengan kepiting, udang, dan juga daging ayam. Untuk menemukannya tidaklah sulit. Baik di restoran atau pun warung kaki lima menyediakan menu ini.

6. Pho, Vietnam

Pho Vietnam
Pho Vietnam via instagram/@dongocthanhhuong

Negara Asia Tenggara berikutnya adalah Vietnam dengan mie khasnya, Pho. Sajian ini memiliki rasa istimewa dan cocok dimakan kapan pun. Seporsinya terdiri dari mie beras dengan ukuran kecil. Sajian ini dipadukan dengan kaldu sapi yang telah dimasak dengan bumbu spesial. Ada tambahan terasi yang membuatnya makin gurih. Sementara lauknya terdiri dari sayur, daging sapi, babi, atau ayam. Tinggal pilih sesuai selera.

7. Laksa, Singapura

Laksa
Laksa via instagram/@the.lucky.belly

Jenis Laksa memang banyak, salah satunya dari Malaysia. Sajian ini berupa mie kuning dan bihun yang disajikan bersama dengan kuah santan. Ada pula tambahan udang dan tauge yang membuat rasanya makin nikmat. Untuk menemukan laksa tidaklah hal yang mudah. Di pinggiran jalan kota besar Malaysia banyak yang menjajakan menu ini.

Nah, itulah kuliner mie di Asia Tenggara yang enak banget. Beberapa ada yang menggunakan bahan daging sehingga tidak dapat dikonsumi oleh orang muslim. Nah, dari ketujuh menu di atas, sudah coba yang mana nih?

Tags
Asia Tenggara Indonesia Kamboja laos Malaysia Myanmar Singapura Thailand
Share