Laksa Benteng, Kuliner Paling TOP di Pasar Lama Tangerang

Siapa yang tak kenal dengan laksa? Makanan yang sejenis dengan mie ini merupakan kuliner gabungan Tionghoa dan Melayu. Salah satu jenis yang terkenal adalah Laksa Penang di Malaysia. Rasanya spesial dengan tekstur mie-nya yang tebal dan kenyal. Tak hanya Negeri Jiran, tanah air juga punya laksa spesial yang rasanya tak ada duanya. Salah satunya di Pasar Lama Tangerang dengan nama Laksa Benteng.

1. Kuliner Enak di Kawasan Pecinan

Seporsi Laksa Benteng
Seporsi Laksa Benteng via instagram/@franciscapelangi

Sudah tahu kan di mana Pasar Lama Tangerang? Pusatnya jajanan enak ini berada di Jalan Kisamaun, Sukasari, Tangerang yang dikenal sebagai kawasan Pecinan. Di sini banyak kuliner enak mulai dari asinan, aneka bakaran, hingga laksa khas Tangerang yang dikenal dengan nama Laksa Benteng. Kuliner nendang ini hanya dijual di atas gerobak tanpa ada tempat duduk. Meski serba sederhana, penggemarnya pun cukup banyak. Sebagian besar, memilih bungkus dan dimakan di rumah.

2. Berbeda dengan Laksa Lain

Laksa Benteng di Tangerang
Laksa Benteng di Tangerang via instagram/@franciscapelangi

Laksa Benteng yang ada di Pasar Lama Tangerang ini beda jauh dengan yang ada di Bogor atau Betawi. Sajian istimewa ini tidak berisi soun, tauge, oncom ataupun kemangi mentah. Namun, satu porsinya terdiri dari mie berwarna putih dari tepung beras. Lauknya bisa telur yang direbus dalam panci kuah atau ayam kampung yang sebelumnya dipotong menjadi empat kemudian dibakar. Nah, porsi menu ini makin lengkap dengan taburan daun kucai. Meski harus makan sambil berdiri, teman traveler bakalan terkesima dengan rasa makanan lezat satu ini.

3. Kuah Kental yang Jadi Rebutan

Kuah Laksa khas Tangerang
Kuah Laksa khas Tangerang via instagram/@im_as_cool

Hidangan spesial yang dapat ditemukan di depan Kelenteng Boen Tek Bio ini tidak hanya spesial karena isinya. Kuah berwarna merah kekuningan juga tak kalah menarik perhatian. Kuah tersebut berbeda dengan laksa lainnya. Teksturnya lebih encer, sementara rasanya sedikit gurih karena ada serpihan kelapa parut di dalamnya. Untuk bumbunya juga sangat kuat sehingga aromanya juga ikut menggugah selera. Tak heran jika kuliner ini masih difavoritkan.

4. Harga Pas yang tak Mengecewakan

Ilustrasi Laksa khas Tangerang
Ilustrasi Laksa khas Tangerang via instagram/@nurpurnamawati

Hingga artikel ini ditulis, harga Laksa Benteng masih tergolong terjangkau. Untuk seporsinya hanya dibanderol Rp7.000. Harga tersebut belum termasuk lauk pendamping. Jika tambah telur, maka harganya menjadi Rp10.000. Sedangkan ayam menjadi Rp17.000. Tak perlu khawatir, kuliner enak ini cukup higienis. Teman traveler dapat melihat gerobak berisikan laksa, piring, sendok, sepanci besar kuah sayur terlihat bersih. Tak bakal ragu meski makan makanan kaki lima.

Nah, itulah ulasan sedikit tentang Laksa Benteng di Pasar Lama Tangerang. Bagaimana, tertarik untuk mencoba kuliner Tangerang ini kan?

Tags
Banten Indonesia kuliner tangerang tangerang
Share