Menu Takjil di Dunia, Kuliner Manis Buat Buka Puasa

Bulan Ramadan telah tiba, dilaksanakan oleh umat Muslim di dunia. Tentunya terdapat keistimewaan selama bulan suci ini, salah satunya adalah momen iftar. Seperti adanya kuliner khusus sebagai menu takjil di dunia berikut. Mulai dari Indonesia sampai India, masing-masing punya penganan khas. Apa saja, sih?

Kolak, Indonesia

Kolak, Indonesia via Shutterstock
Kolak, Indonesia via Shutterstock

Sebenarnya terdapat banyak kuliner yang menjadi menu takjil di Indonesia. Salah satu yang paling populer adalah kolak, yaitu makanan berkuah santan manis berisi potongan ubi, pisang, singkong, dan buah lainnya. Sajian ini biasa dihidangkan dalam keadaan hangat.

Kurma, Arab Saudi

Kurma, Arab Saudi via Shutterstock
Kurma, Arab Saudi via Shutterstock

Diketahui bahwa daerah penghasil kurma ada di Timur Tengah, salah satunya Arab Saudi. Nah kurma ini juga menjadi salah satu penganan khas menu takjil. Konon memakan buah ini sebagai antisipasi supaya tidak kekenyangan sewaktu buka puasa.

Ramazan Pide (Turkish Flat Bread), Turki

Ramazan Pide, Turki via Shutterstock
Ramazan Pide, Turki via Shutterstock

Menu takjil di dunia selanjutnya adalah ramazan pidesi yang populer di Turki. Penganan tersebut merupakan roti beragi berbentuk bulat pipih yang dibentuk dengan tangan. Ramazan pidesi terbuat dari tepung putih, lalu kalau sudah matang ditaburi biji wijen dan jinten.

Zoolbia Bamieh, Iran

Zoolbia Bamieh, Iran via Shutterstock
Zoolbia Bamieh, Iran via Shutterstock

Zoolbia bamieh merupakan salah satu menu takjil dunia tepatnya Iran. Penganan ini merupakan donat goreng khas Persia, yang adonannya dicampur saffron dan air mawar. Penyajiannya dengan dicelupkan ke dalam simple syrup.

Qatayef, Mesir

Qatayef, Mesir via Shutterstock
Qatayef, Mesir via Shutterstock

Menu takjil dunia selanjutnya adalah qatayef yang dikonsumsi di Mesir. Kuliner satu ini tergolong makanan penutup yang adonannya seperti pancake, namun bentuk akhirnya dilipat. Qatayef biasanya berisi kacang-kacangan atau keju manis. Setelah digoreng, ia dicelupkan ke dalam sirup mawar.

Roti Patir, Uzbekistan

Roti Patir via Shutterstock
Roti Patir via Shutterstock

Roti patir menjadi menu takjil dunia yang disantap di Uzbekistan. Kuliner satu ini berbentuk bundar dan pipih, bagian tengahnya bertekstur krispi sedangkan pinggirannya dibuat menggelembung. Roti patir umumnya disajikan barengan dengan segelas teh hijau manis atau potongan buah segar.

Mawa Jalebi, India

Menu Takjil di Dunia
Mawa Jalebi, India via Shutterstock

Sama halnya dengan Indonesia, India juga punya menu takjil khas di tiap daerahnya. Seperti mawa jalebi yang terbilang populer di Mumbai. Penganan tersebut terbuat dari adonan susu kental, dibentuk spiral lalu digoreng. Setelah matang, mawa jalebi dicelupkan ke sirup.

Itulah beberapa menu takjil dunia yang populer di daerahnya masing-masing. Kalau Teman Traveler lebih suka buka puasa dengan takjil atau langsung makanan berat?

Tags
kuliner Luar negeri Menu Buka Puasa ramadan 2019
Share