Aneka Kolak Takjil Buka Puasa, Segar-segar Pelepas Dahaga

Saat berbuka puasa, kuliner yang enak untuk dinikmati adalah yang manis dan berkuah. Contohnya saja adalah kolak. Saking digemarinya saat puasa, kolak sendiri sangat identik dengan Bulan Ramadan. Kolak digemari bukan tanpa alasan, kuliner satu ini akan cepat mengembalikan energi yang terkuras selama seharian berpuasa. Kolak juga memiliki banyak jenis yang bisa dipilih. Jadi, kamu tak akan cepat bosan dengan kolak ya. Inilah beberapa jenis kolak khas Nusantara yang bisa menjadi inspirasi takjil saat buka puasa.

1. Kolak Pisang

Kolak pisang, Via Instagram muna_sungkar
Kolak pisang, Via Instagram muna_sungkar

Jenis kolak yang paling umum dan sangat mudah ditemukan adalah dari pisang. Dulu memang kolak pisang hanya memiliki rasa manis saja, tapi belakangan sudah dipadukan dengan ragam topping lainnya. Misalnya saja ada keju, cokelat dan lain-lain. Bisa disantap kala hangat ataupun ditambah dengan es yang akan menimbulkan sensasi segar.

2. Kolak Umbi-umbian

Kolak biji salak terbuat dari ubi, Via Instagram khadijah.samsu
Kolak biji salak terbuat dari ubi, Via Instagram khadijah.samsu

Selain olahan pisang dijadikan kolak, umbi-umbian juga banyak dipilih jadi menu saat berbuka puasa. Umbi-umbian ini banyak sekali jenisnya, ada kolak ubi, kolak ketela pohon, bahkan juga kolak biji salak yang begitu terkenal. Pilihan kuliner manis yang jadi menu kala berbuka puasa.

3. Kolak Kolang Kaling

Kolak kolang kaling, Via Instagram fridajoincoffee
Kolak kolang kaling, Via Instagram fridajoincoffee

Kolang kaling selama ini memang banyak sebagai bahan tambahan minuman takjil. Tapi bagaimana jika kolang kaling diolah menjadi kolak? Perpaduan antara kolang kaling yang kenyal enak dipadu dengan manisnya gula merah membuat kolak jenis ini memiliki banyak penikmat. Ada yang menyebutnya sebagai kolak kolang kaling dan ada pula sebagian yang menyebutnya sebagai manisan kolang kaling.

3. Kolak Labu

Kolak Labu Kuning, Via Instagram gulamerahasli
Kolak Labu Kuning, Via Instagram gulamerahasli

Rasanya sangat legit dan teksturnya empuk membuat kolak labu banyak diburu. Kebanyakan labu yang digunakan untuk membuat minuman segar ini adalah labu parang atau labu kuning. Labu juga akan membuat perut jadi berasa dingin dan nyaman setelah menyantapnya.

4. Kolak Durian

Kolak Durian, Via Instagram fahlawy
Kolak Durian, Via Instagram fahlawy

Bosan dengan olahan labu yang biasa? Kamu bisa juga memanfaatkan si raja buah durian untuk membuat kolak yang sangat nikmat. Sensasi rasa berbeda akan bakal kamu rasakan saat mengosumsi kolak durian. Pecinta durian, bisa banget mencoba kuliner satu ini.

5. Kolak Radio

Kolak Radio, Via Instagram explore_serang
Kolak Radio, Via Instagram explore_serang

Namanya sangat unik ya? Tapi memang ini merupakan kolak yang berasal dari Kabupaten Serang. Isiannya beragam, ada salak, jambu batu, buah-buahan lainya, kolang kaling dan lain-lain. Jenis buah utama yang digunakan di sini adalah salak yang memberikan senasi asam yang manis yang menyegarkan.

Itulah ragam kolak dari Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk berbuka puasa nanti. Mana yang paling ingin kamu cicipi kesegarannya selepas berbuka?

Tags
Indonesia kolak khas nusantara kuliner Indonesia
Share