Lontong Balap Rajawali Surabaya, Super Enak dan Mengenyangkan

Bertandang ke Kota Pahlawan kurang afdol rasanya jika tak mencicipi kuliner khas Surabaya. Salah satu yang selalu menjadi buruan pecinta kuliner adalah lontong balap Rajawali khas Surabaya. Seperti apa rasanya? Yuk cicipi di sini.

Lontong yang Dijual dengan Cara Balapan

Lontong Balap Surabaya Enak
Lontong Balap Surabaya Enak [image source]
Lontong yang disajikan dengan taburan bawang goreng dan sambal petis ini dulunya bernama lontong Surabaya. Tapi karena cara berjualannya dengan berlarian ke Pasar Wonokromo untuk memburu pembeli, makanya disebut lontong balap. Selain dijajakan dengan cara balapan atau berlarian, para penjual juga harus memikul kuali yang berisi kuah lontong. Bisa dibayangkan deh beratnya.

Lontong Balap di Jalan Rajawali
Lontong Balap di Jalan Rajawali [image source]

Lontong dengan Lentho yang Nikmat

Lontong Balap enak di Surabaya
Lontong Balap enak di Surabaya [image source]
Ada banyak depot lontong balap di Surabaya, tapi yang paling rekomended ya Lontong Balap Rajawali yang berada tak jauh dari Jembatan Merah Surabaya ini. Seporsi lontong balap berisi lontong itu sendiri, potongan tahu goreng, tauge, bawang goreng, sambal petis, kecap, dan yang nggak boleh ketinggalan adalah Lentho. Lentho adalah makanan yang terbuat dari kacang beras dan tepung terigu berbentuk seperti perkedel. Lontong balap di sini dibandrol dengan harga Rp14.000 per porsinya. Harga yang cukup terjangkau bukan?

Enaknya Lontong Balap di Surabaya
Enaknya Lontong Balap di Surabaya [image source]

Teman Nikmatnya ‘Si Lontong Balap’

Lontong Balap dan Sate Kerang
Lontong Balap dan Sate Kerang [image source]
Tak hanya lontong balap yang bisa dinikmati di kedai ini, kamu juga bisa memesan sate kerang yang berisi 10 tusuk dengan harga sekitar Rp 6000-an per porsinya. Rasa pedas manis dari sate kerang ini bikin kamu makin mantap menyantap tiap sendok lontong balap. Apalagi kalau sate kerangnya dicocol dengan sambal kecap, dijamin ketagihan. Nah, sudah tidak sabar untuk menyantap kuliner lezat satu ini kan?

Kuliner Enak di Jalan Rajawali
Kuliner Enak di Jalan Rajawali [image source]

Wisata Sejarah di Dekat Depot Lontong Balap Rajawali

Tugu Pahlawan Surabaya
Tugu Pahlawan Surabaya [image source]
Kenyang menyantap seporsi lontong balap Rajawali, kamu bisa langsung memanjakan mata ke beberapa wisata sejarah Surabaya. Selain Jembatan Merah yang sangat dekat dengan depot, ada juga Tugu Kota Surabaya yang menjadi simbol perjuangan arek-arek Suroboyo mempertahankan Indonesia pada 10 November 1945. Nah, saat berkunjung ke sini, jangan sampai lupa untuk berfoto ya!

Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan [image source]

Menambah Pengetahuan di House of Sampoerna

House Of Sampoerna Surabaya
House Of Sampoerna Surabaya [image source]
Tak jauh dari Jembatan Merah, ada House of Sampoerna yang membahas banyak hal tentang rokok dan sejarahnya. Di sini kamu bisa tahu banyak tentang sejarah dan jenis rokok yang diproduksi oleh salah satu perusahaan terbesar di Indonesia ini. Bangunan yang digunakan untuk museum ini pun dulunya merupakan pabrik rokok pertama milik Sampoerna yang dibangun sekitar tahun 1862. Jadi tak heran jika model gedung ini kental dengan bangunan khas kolonial Belanda.

House Of Sampoerna
House Of Sampoerna [image source]
Nama : Lontong Balap Rajawali
Alamat : Jl. Rajawali Krembangan Timur 32A. Krembengan, Kota Surabaya, Jawa Timur
Telp : (031) 70093973
Jam buka : 07:00 – 17:00
Harga : Rp14.000

Nah, sudah penasaran dengan kuliner lezat di Surabaya satu ini kan? Yuk, segera pesan tiket pesawat serta booking hotel di pusat kotanya.

Tags
Indonesia Jawa Timur lontong balap Surabaya
Share