Wisata Kuliner Surabaya yang Enak dan Kaya akan Rasa

Kuliner Surabaya itu banyak macam dan bentuknya. Hal itu membuat cita rasa yang ditawarkan jadi beragam. Jangan heran jika banyak yang bilang kalau Kota Pahlawan itu adalah gudanganya makanan enak. Mau yang pedas, manis, hingga gurih pun semuanya ada. Tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan seleramu.

Suasana ibu kota Jawa Timur yang panas itu pasti membuat kamu cepat haus. Jangan khawatir, karena ada kedai es krim atau es teller pinggir jalan yang siap mengatasi dahagamu. Biar kamu nggak bingung-bingung mencari lokasi kulineran di Surabaya, Travelingyuk telah memilihkan beberapa yang terkenal. Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Almond Crispy

Almond crispy [image source]
Almond crispy [image source]

Nama Almond Crispy Cheese ini sudah cukup terkenal di Surabaya sebagai salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa pulang bila kamu berkunjung ke kota pahlawan itu. Bahan dasarnya adalah kacang almond yang dimasak dengan tambahan tepung dan keju serta bumbu-bumbu lain. Kamu akan merasakan paduan antara almond serta keju yang begitu pas dan gurih. Ada beberapa pilihan varian yaitu original, choco cheese dan grean tea. Jika kamu berminat, langsung saja membelinya di toko yang terletak di Jalan Mayjend Sungkono No. 135, Surabaya atau di Pasar Atum, Jalan Bunguran No.45, Bongkaran, Pabean Cantian.

2. Sambal Udang Bu Rudy

Sambel udang [image source]
Sambel udang [image source]

Jika kamu adalah orang  yang sangat suka dengan rasa pedas, tentu akrab dengan sambal kan? Untuk menemani kamu menyantap hidangan kuliner, maka kamu bisa sekalian mencicipi sambal udang Bu Rudy. Kamu bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh karena sudah dikemas dalam botol. Kamu akan mendapatkan cita rasa khas yang nggak akan mudah kamu temukan di menu sambal lainnya. Selain sambal bawang, ada juga jenis lain seperti sambal bawang sampai sambal bajak. Salah satu cabang sambal udang Bu Rudy ini terletak di  Jalan Dharmahusada 140, Surabaya.

3. Bunarendang

Bunarendang [image source]
Bunarendang [image source]

Orang Surabaya pasti tahu dong dengan Bunarendang. Istilah tersebut adalah kependekan dari burger nasi rendang. Jika burger biasanya menggunakan roti, di Surabaya yang dipakai adalah nasi, pasti mantap dan bikin kenyang tuh. Rasanya jadi semakin enak karena menggunakan bumbu rendang. Kamu bisa menemukan kedai Bunarendang di Jalan Keputih Tegal Timur, Perum Sukolilo Park Regency A 25, Surabaya. Kamu juga harus tahu jika Bunarendang pernah masuk dalam daftar 50 kuliner lezat di dunia versi CNN, keren kan?

4. Abon Sapi Padmosusastro

Abon sapi [image source]
Abon sapi [image source]

Abon sapi ini sangat mantap dinikmati dalam berbagai suasana, apalagi jika kamu menyantapnya bareng orang-orang tersayang. Di jalan Padmosusastro Surabaya ada warung yang khusus menjual olahan abon sapi yang lezat. Ada dua pilihan produk yang bisa kamu bawa pulang yaitu manis dan pedas. Nggak usah bingung-bingung, bawa saja keduanya karena harga yang dipatok juga nggak terlalu mahal. Untuk menarik para konsumen, warung tersebut memperbolehkan pengunjung untuk melihat proses pembuatan abon sapi.

5. Lontong Balap

Lontong Balap [image source]
Lontong Balap [image source]

Lontong Balap adalah salah satu kuliner khas Surabaya. Makanan yang legendaris dan telah ada sejak dulu itu merupakan hidangan lontong yang dicampur dengan kuah berbumbu lengkap dengan sayuran seperti tauge. Rasanya belum lengkap jika ke Surabaya tapi belum mencicipi lontong balap. Oleh karena itu, datang saja ke lontong balap Pak Gendut, warung ini sudah sangat terkenal karena kelezatannya. Letak lontong balap Pak Gendut ada di Jl. Kranggan No.60, Surabaya.

6. Rujak Cingur

Rujak cingur [image source]
Rujak cingur [image source]

Rujak cingur paling mantap jika dinikmati saat siang hari ketika matahari sedang terik-teriknya. Sayuran dan cingur yang diberi bumbu kacang tersebut adalah teman paling pas jika kamu ingin kulineran seru di Surabaya. Ada banyak penjual rujak, namun kamu bisa menjatuhkan pilihan pada Rujak Cingur dan Sop Buntut Genteng Durasim di  Jl. Genteng Durasim No. 29, Surabaya. Selain rujak, sop buntutnya juga mantap, coba saja semuanya!

7. Rawon Pak Pangat

Rawon Pak Pangat [image source]
Rawon Pak Pangat [image source]

Kamu mungkin sudah tahu dan pernah mencoba rawon karena makanan tersebut termasuk populer di mana-mana. Namun kamu akan mendapatkan cita rasa yang benar-benar mantap jika datang ke warung Pak Pangat. Menu utamanya yang berupa rawon saat ini memiliki beberapa cabang. Kamu bisa datang ke Ruko Lotus Recency, Jalan Ketintang Baru Selatan 1 No.15 yaitu salah satu cabang Rawon Pak Pangat yang tak pernah sepi pengunjung.

8. Semanggi Surabaya

Pecel Semanggi [image source]
Pecel Semanggi [image source]

Arek-arek Suroboyo paling suka sama kuliner khas yang satu ini yaitu pecel semanggi. Dari namanya saja, kamu sudah bisa menebak jika daun semanggi digunakan sebagai bahan utama dengan siraman bumbu pecel. Saat ini sudah tidak banyak penjual semanggi keliling, namun kamu bisa menemukannya di sekitar Taman Bungkul.

9. Tahu Campur

Tahu campur [image source]
Tahu campur [image source]

Ke Surabaya ya harus mencoba tahu campur dong. Jika tidak, kamu akan rugi sendiri karena melewatkan cita rasa dari tahu yang disantap dengan kuah berbumbu yang mantap abis. Salah satu kedai tahu campur yang terkenal di Surabaya ada di Jalan Kalasan No.16, Tambaksari, Surabaya bertajuk Tahu Campur Kalasan.

10. Tahu Tek

Tahu tek [image source]
Tahu tek [image source]

Ada dua tempat yang cukup terkenal dengan kelezatan tahu teknya di Surabaya. Yang pertama adalah tahu tek Pak Ali di Jl. Raya Dinoyo No.147, Keputran, Tegalsari dan tahu tek Pak Jayen di Jalan Raya Darmo Permai III Blok A No.11, Sukomanunggal, Suko Manunggal.  Rasa yang enak akan kamu dapatkan di dua tempat itu berupa sajian tahu yang disiram dengan bumbu kacang. Biasanya juga disantap dengan lontong atau nasi.

11. Sate Klopo

Sate klopo [image source]
Sate klopo [image source]

Di Surabaya ada yang namanya sate klopo, yang membedakannya dari kuliner sate yang lainnya adalah tambahan kelapa dengan bumbu rempah pilihan. Selain itu, pembakarannya juga dilakukan dengan sempurna. Jadi , rasanya merata sampai ke dalam-dalamnya. Tempat yang khusus mengandalkan sate klopo sebagai menu utamanya adalah warung Ondomohen Ny. Asih di Jl. Walikota Mustajab No. 36, Surabaya.

12. Nasi Cumi

Nasi Cumi [image source]
Nasi Cumi [image source]

Cumi adalah binatang laut yang memiliki rasa yang mantap bila dimasak dengan benar. Jika kamu belum tahu caranya, bisa membeli saja olahan cumi yang sudah jadi. Kamu akan mendapatkan jaminan rasa yang lezat  daripada masak sendiri tapi rasanya nggak karuan. Warung makan Nasi Waspada adalah tempat yang paling tepat untuk berburu hidangan laut karena salah satu menu andalannya adalah nasi cumi. Letak warung tersebut ada di Jl. Waspada, Pabean, Cantikan, Surabaya.

13. Soto Lamongan Cak Har

Soto Lamongan Cak Har [image source]
Soto Lamongan Cak Har [image source]

Meski namanya membawa Lamongan, tapi tempat warung makan ini ada di Surabaya dan sudah melekat sebagai destinasi wisata kuliner di Kota Pahlawan. Soto Lamongan Cak Har memang konsisten menyuguhkan kuah soto dengan rasa yang mantap. Jadi sekali kamu ke sini, akan langsung ketagihan. Buktikan sendiri apa yang paling membuatnya istimewa dibanding menu-menu lain dengan datang ke Jalan Arief Rachman Hakim, Surabaya.

14. Kepiting Cak Gundul

Keting Cak Gundul [image source]
Keting Cak Gundul [image source]

Bayangkan sebuah makanan yang memiliki kuah merah dan di dalamnya terdapat kepiting, pasti kamu akan langsung lapar dan nggak tahan buat menyantapnya. Di Surabaya ada yang namanya warung kepiting Cak Gundul. Sebenarnya di berbagai tempat lain juga ada namun yang di Surabaya nggak kalah enak. Lokasi warung tersebut ada di Jalan Raya Kupang Indah, No. 45 C-D, Surabaya.

15. Zangrandi

Zangrandi [image source]
Zangrandi [image source]

Surabaya yang panas bisa membuat tenggorokanmu kering dan haus. Di saat seperti itu, apa sih yang paling nikmat selain menikmati es krim. Dan tempat yang harus kamu kunjungi adalah Zangrandi Ice Cream di Jalan Yos Sudarso. Kamu harus tahu jika kedai tersebut cukup legendaris karena sudah ada sejak tahun 1933 dan selama ini rasanya tetap mantap dan lezat, seketika dahagamu akan langsung terobati.

16. Mie Pecun

Mie Pecun [image source]
Mie Pecun [image source]

Namanya agak gimana gitu ya, tapi jika bicara soal rasa kamu pasti akan langsung setuju memberikan satu kata yaitu “enak”. Memang, dari namanya saja sudah unik. Apalagi dengan rasa yang mantap, maka nggak heran jika warung yang ada di Jalan Anjasmoro, Sawahan, Kecamatan Sawahan, Surabaya tersebut selalu ramai pengunjung.

17. Nasi Empal Pegampon

nasi empal Pegampon [image source]
nasi empal Pegampon [image source]

Eropa boleh memiliki steak, tapi kita juga punya olahan daging pipih yang rasanya jauh lebih enak. Sebut saja makanan itu dengan nama empal. Surabaya bisa dibilang adalah gudanganya empal. Salah satu yang terkenal adalah Nasi Empal Pengampon di Jalan Pengampon II No. 3, Surabaya Pusat dengan harga sekitar Rp. 30 ribu.

18. Nasi Krawu Sufayah

Nasi Krawu [image source]
Nasi Krawu [image source]

Nasi Krawu adalah makanan khas Gresik, tapi juga populer di Surabaya. Yang membuatnya mantap adalah suwiran daging berbumbu dan bisa dinikmati bareng nasi panas. Salah satu tempat yang populer dan menyajikan nasi krawu adalah warung Bu Sufayah di Jalan Manyar Kertoarjo, Surabaya. Harga yang kamu keluarkan akan sebanding dengan rasanya yang mantap

19. Bebek Goreng Sinjay

bebek Sinjay [image source]
bebek Sinjay [image source]

Bebek saat ini menjadi menu yang banyak disukai pencinta kuliner, memakannya selagi masih hangat dengan sambal yang mantap, akan membuat lidah bergoyang. Kamu bisa merasakan pengalaman seperti itu saat mencicipi menu di Bebek Goreng Sinjay. Kamu dapat menemukan lokasinya jika datang ke Jalan Kapas Krampung No. 45, Surabaya.

20. Bakso Genteng Kali

Bakso [image source]
Bakso [image source]

Banyak yang bilang jika ingin merasakan sensasi bakso yang mantap maka harus ke Malang. Tapi kenapa harus jauh-jauh ke sana jika di Surabaya saja ada yang enak. Sebelum meninggalkan kota pahlawan, kamu nggak boleh melewatkan Bakso Genteng Kali. Bukan hanya baksonya, tapi kuahnya juga enak. Letak warung tersebut ada di daerah Genteng Kali Surabaya.

21. Lontong Kupang

Lontong Kupang [image surce]
Lontong Kupang [image surce]

Kupang adalah hewan yang berbentuk seperti kerang. Di Surabaya diolah dan dimasak hingga menjadi kuliner bertajuk lontong kupang. Ada banyak sekali yang menjual menu tersebut. Salah satunya adalah warung Bu Wito. Berada di tenda sederhana pinggir jalan, namun warung tersebut sudah terkenal di seantero Surabaya. Letak persisnya ada di Jl. Tenggilis Mejoyo, Surabaya.

22. Es Teler Pacar Keling

Es Teler [image surce]
Es Teler [image surce]

Apa yang paling pas menemani kamu di Surabaya? Jika mengingat cuacanya sangat panas, maka es teler yang segar dan manis adalah jawabannya. Kamu bisa membeli kuliner tersebut di warung Pak No yang terletak di Jl Pacar Keling No 9D, Surabaya. Sebagai sandingannya, kamu dapat membeli baksonya.

23. Nasi Bebek Tugu Pahlawan 

Bebek Tugu Pahlawan [image surce]
Bebek Tugu Pahlawan [image surce]

Jangan remehkan tempat makan ini hanya karena berada di pinggir jalan. Tunggu sampai kamu mencoba menunya yang jadi andalan, pasti kamu akan punya pendapat jika kuliner Surabaya itu mantap-mantap. Coba saja datang ke kawasan Tugu Pahlawan di depannya persis terdapat warung nasi bebek. Sajian daging yang empuk lengkap dengan sambal akan membuat lidahmu bergoyang. Letak tempat makan itu ada di Jalan Tembaan No.19A, Bubutan, Surabaya.

24. Coto Makassar Daeng Kulle

Coto Makasssar [image source]
Coto Makasssar [image source]

Lagi-lagi ada makanan khas luar daerah tapi populer di Surabaya. Nggak ada salahnya kok mencicipinya karena rasanya juga nggak jauh beda dari hidangan di tempat asalnya. Kamu pasti tahu seputar menu coto Makassar. Di Surabaya ada warung Daeng Kulle yang menyajikan menu tersebut, kuahnya yang khas adalah daya tarik utama  dari warung di Jalan Achmad Jais No.4, tersebut. 

25. Penyetan Warung Leko

Warung Leko [image source]
Warung Leko [image source]

Warung Leko terletak di Ruko Surya Inti Permata Blok B2, Jalan HR. Muhammad, Dukuh Pakis, Surabaya. Sampai di tempat itu, kamu bisa langsung memilih menu andalannya berupa penyetan dan olahan iga sapi. Harganya murah, jika kamu ingin mencoba iga penyet, cukup membayar sekitar Rp 20 ribu. 

26. Layar Seafood

Layar seafood [image source]
Layar seafood [image source]

Surabaya adalah daerah pesisir yang nggak jauh-jauh dari laut. Itulah mengapa mencari kuliner seafood di sana nggak susah-susah amat. Selain itu, rasanya juga enak dan lezat. Kamu nggak akan kapok jika datang ke Layar Seafood di  Jalan Manyar Kertoarjo No.62, Surabaya. Dari mulai ikan hingga cumi-cumi semuanya ada dan bisa kamu pilih untuk memuaskan rasa laparmu.

27. Ayam Bakar Primarasa

Ayam bakar Primarasa [image source]
Ayam bakar Primarasa [image source]

Ayam bakar memang selalu mantap saat mampir di lidah. Namun tetap saja, cara memasak dan bumbu yang digunakan ikut mempengaruhi rasa dari hidangan. Warung Primarasa yang terletak di beberapa sudut Kota Surabaya tahu betul apa yang harus dilakukan untuk membuat ayam bakar. Rasakan sendiri olahan mereka dengan datang ke salah satu cabangnya di Jalan Ahmad Yani No.166, Gayungan, Surabaya.

28. Ikan Bakar Cianjur

Ikan Bakar Cianjur [image source]
Ikan Bakar Cianjur [image source]

Ikan Bakar Cianjur juga nggak kalah enak, apalagi dengan namanya yang sudah terkenal di berbagai kota besar termasuk Malang. Kamu akan menikmati ikan bakar yang enaknya itu sampai merata ke dalam dagingnya. Bukan hanya manis, tapi juga gurih. Ikan Bakar Cianjur yang ada di Surabaya tepatnya di Jalan Ahmad Yani No.166, Gayungan.

29. Rawon Setan

Rawon Setan [image source]
Rawon Setan [image source]

Seperti dijelaskan sebelumnya, rawon adalah makanan yang umum di berbagai daerah terutama di Jawa Timur. Surabaya sebagai salah satu ibu kotanya, maka nggak heran jika rawon juga mudah ditemui di sana. Kamu bisa mencoba rawon setan yang enak dengan kuah hitam khas dan daging empuk ketika digigit. Lokasi rawon setan ada di Jl. Embong Malang I No.78, Genteng, Kota Surabaya.

30. Sego Sambel Mak Yeye

Sego Sambel Mak Yeye [image source]
Sego Sambel Mak Yeye [image source]

Kamu kadang pasti kangen dengan masakan rumah. Misalnya saja sambal yang diulek hingga lauk mantap bautan sendiri. Surabaya sebagai kota kuliner juga nggak luput memberikan sensasi makan seperti itu. Datang saja ke warung Mak Yeye yang ada di Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.12, Jagir, Wonokromo, Surabaya. Menu andalanya adalah sego sambel.

Itulah beberapa kuliner Surabaya yang enak dan mantap pas banget untuk menggoyang lidahmu. Yuk segera ke sana, dan nikmati hidangan mantap khas Kota Pahlawan.

Tags
kuliner kuliner surabaya Surabaya wisata surabaya
Share