Gili Balu, Gugusan Pulau Kecil di Sumbawa yang Dilirik Raja Qatar

Advertisement
Advertisement

Berencana Traveling ke Lombok? Sekalian lanjut Sumbawa aja deh. Bagi traveler yang doyan banget dengan pantai dan menjelajah pulau-pulau baru, Sumbawa adalah destinasi yang sempurna. Nah, ada satu tempat yang tak boleh kamu lewatkan, yaitu Gili Balu. Apa saja keistimewaannya?

Terdiri dari 8 Pulau-pulau Kecil

Gili Balu
Gili Balu [image source]
Belum setenar 3 Gili utama di Lombok, namun keindahan Gili Balu boleh diadu. Gili Balu berarti 8 pulau dalam bahasa penduduk setempat. Yap, karena daerah ini terdiri dari 8 gugusan pulau kecil-kecil yang masing-masingnya cantik dan memiliki pesona tersendiri. Di antaranya adalah Pulau Kenawa, Mandiki, Paserang, Kambing, Belang, Ular, Nyamuk, dan Kalong. Selain indah, ini juga daerah budidaya mutiara, lho.

Pulau Kenawa di Gili balu
Pulau Kenawa di Gili balu [image source]

Belum ada Akomodasi yang Tersedia

Kenawa, Gili Balu
Kenawa, Gili Balu [image source]
Tak seperti Gili Trawangan, Air, dan Meno yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, Gili Balu bisa dibilang masih perawan. Belum ada tempat makan, apalagi resort yang bisa digunakan untuk istirahat. Namun, kamu bisa tinggal di rumah-rumah warga, silakan negosiasi harga dengan sang pemilik rumah, ya. Di sini juga belum ada persewaan alat snorkeling, juga diving. Kamu bisa membawanya sendiri atau menyiapkannya sebelum berkunjung ke Gili Balu.

Mendayung kayak di Gili Belang
Mendayung kayak di Gili Belang [image source]

Dilirik Raja Qatar untuk Investasi

Pulau Belang, Gili BaluPulau Belang, Gili Balu [image source]

Keindahan Kabupaten Sumbawa Barat tak hanya menarik turis untuk datang dan berlibur. Lokasi ini bahkan dilirik oleh Kerajaan Qatar sebagai tempat untuk menanam investasi. Dilansir dari SuaraNTB (14/02/2017) Februari 2017 kemarin diketahui ada 2 keluarga Raja Qatar yang datang dan melihat langsung Gili Balu dari dekat. Jadi jangan heran kalau nanti 8 pulau cantik ini disulap menjadi seindah Derawan, bahkan Maldives.

Gili Balu, Sumbawa
Gili Balu, Sumbawa [image source]

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Snorkeling di Pulau Paserang
Snorkeling di Pulau Paserang [image source]
Ke Sumbawa tapi tak basah? Rugi besar. Banyak olahraga air yang bisa dilakukan selama traveling ke Sumbawa, khususnya Gili Balu di mana laut biru dengan air jernih terbentang luas di hadapan mata. Snorkeling di Pulau Paserang yang dasarnya terlihat saking beningnya ini wajib dicoba, lho. Keesokannya bisa mencoba trekking di Gili Kenawa. Ada bukit kecil yang sangat cantik saat hijau, dan tetap eksotis saat kemarau. Di lokasi ini pun sering ada pendaki yang kemping, lho, Seru, banget karena merasa sedang berada di pulau pribadi.

Trekking di Gili Kenawa
Trekking di Gili Kenawa [image source]

Kuliner Sumbawa yang Wajib Dicicipi

Sepat, Kuliner Sumbawa
Sepat, Kuliner Sumbawa [image source]
Rasanya kurang sempurna jika berkunjung ke kota atau negara lain tanpa mencicipi kuliner khas-nya. Sumbawa sendiri memiliki banyak makanan tradisional yang wajib untuk dicicipi. Di antaranya adalah Sepat, yaitu ikan, udang, atau daging ayam yang disajikan dengan kuah asam. Seger banget. Jangan lupa juga untuk menikmati Kawa Aning, yaitu kopi khas Sumbawa yang dicampur dengan madu. Cocok banget dinikmati di pinggir pantai sambil ngobrol santai dengan sahabat, nih.

Kawa Aning
Kawa Aning [image source]
Gili Balu

Lokasi: Kecamatan Poto Tano, Sumbawa Barat

Nah, langsung ingin pesan tiket, kan? Dari Pelabuhan Poto Tano, kamu bisa menyewa perahu-perahu yang bisa mengantarmu menjelajah pulau. Bagaimana, mau ajak siapa enaknya?

Advertisement
Tags
gili balu Indonesia Sumbawa Tempat Wisata
Share