Banyak Long Weekend di 2020, Yuk Siapkan Liburanmu dari Sekarang!

Tahun 2020 tinggal beberapa bulan lagi, nih. Sudah waktunya melihat kalender tahun depan untuk merencanakan liburan demi jelajah tempat wisata di Indonesia. Nah, kabar baiknya ada banyak long weekend di tahun 2020. Jadi, bersiaplah untuk mencatatnya dan Travelingyuk juga akan merekomendasikan tempat wisata yang bisa kalian datangi. Yuk, disimak ulasan berikut.

10-12 April 2020, Habiskan Liburan di Pulau Bali 

long weekend 2020
Pantai Bias Tugel via instagram/pegi_pegi

Long weekend pertama tahun 2020 ada di Bulan April. Tepatnya pada tanggal 10 di hari Jumat yang merupakan peringatan wafatnya Isa Al Masih. Nah, destinasi yang cocok untuk habiskan liburan kalian adalah Pulau Bali.

Pada bulan April, ombak-ombak di laut Bali sedang tinggi-tingginya. Sehingga akan ada banyak lomba surfing yang bakal diselenggarakan. Kalian bisa menontonnya atau bahkan ikut serta apabila suka berselancar . Beberapa pantai yang memiliki ombak tinggi pada bulan tersebut yaitu Bias Tugel, Mendira, dan juga Tulamben.

Bulan Mei yang Penuh dengan Long Weekend 

long weekend 2020
Taman Laut Bunaken via instagram/rkandolia

Di Bulan Mei tahun 2020 sudah pasti menjadi waktu yang ditunggu-tunggu, karena banyak long weekend. Pertama, ada Hari Buruh Nasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei tepat di Hari Jumat. Kalian bisa banget memilih Taman Bunaken di Manado sebagai tujuan berlibur. Pada bulan ini, air lautnya sedang jernih. Sehingga Teman Traveler bisa melihat pemandangan bawah laut secara jelas.

Kedua ada libur pada tanggal 21 yang disusul cuti bersama pada tanggal 22 dan 23, bertepatan pada Hari Sabtu. Libur dikarenakan adanya peringatan Kenaikan Isa Al Masih. Untuk berwisata, kalian bisa berkunjung ke Lombok. Ini disebabkan pada Bulan Mei, hampir semua pantai sedang sepi pengunjung. Jadi, kalian bisa menikmati liburan dengan tenang.

Selanjutnya ada Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada Hari Minggu tanggal 24 dan dilanjutkan cuti bersama sampai tanggal 27. Nah, destinasi yang bisa dipilih untuk mengisi libur lebaran adalah wisata Batu, Malang Raya. Seperti Jawa Timur Park, Eco Green Park, dan masih banyak lagi. Tempa tersebut dikenal sangat ramah keluarga.

Hari Pancasila di Tanggal 1 Juni, Siap-siap ke Tempat Bersejarah

long weekend 2020
Monumen Pancasila Sakti via instagram/safitridevika

Ada libur panjang di akhir pekan Bulan Juni, nih. Tepatnya pada tanggal 1 di Hari Senin yang merupakan kelanjutan libur di Sabtu dan Minggu terakhir Bulan Mei. Libur dikarenakan memperingati kelahiran Pancasila, bisa kalian manfaatkan untuk berkunjung ke tempat wisata bersejarah.

Misalnya ke Monumen Pancasila Sakti yang ada di Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur. Di sini kalian bisa belajar tentang perjuangan pahlawan yang pernah bersusah payah untuk memerdekakan Indonesia.

31 Juli, Rayakan Idul Adha di Kampung Arab 

long weekend 2020
Kampung Arab Surabaya via instagram/adhika_nugraha

Idul Adha yang bertepatan di Hari Jumat tanggal 31 Juli, secara otomatis menjadikan long weekend. Nah, supaya sesuai tema, Teman Traveler bisa berlibur ke Kampung Arab di Jawa. Seperti di Surabaya, Semarang, Cirebon, dan Jakarta. Semuanya memiliki keunikan masing-masing, sehingga bisa dipilih sesuai keinginan.

17 Agustus yang Benar-benar Merdeka 

Sea World Ancol via instagram/seaworld.ancol

Ulang tahun Indonesia di 2020 patut untuk ditunggu, pasalnya akan membuat Teman Traveler menghabiskan liburan selama 3 hari. Ini bisa terjadi karena tanggal 17 Agustus jatuh tepat di Hari Senin.

Untuk itu, sangat disayangkan kalau kalian hanya mengisi liburan dengan rebahan di kasur. Jadi, ada baiknya langsung meluncur ke Sea World Ancol, karena biasanya di sini diselenggarakan atraksi pengibaran bendera di bawah air.

24 – 27 Desember, Penutup Tahun yang Sangat Istimewa 

Hutan Pinus Mangunan via instagram/lianaagustin22

Perayaan Natal pada tahun 2020 berawal dari Hari Kamis yang akan berlanjut sampai Minggu. Tentu hal ini jadi kesempatan emas Teman Traveler untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Nah, kalian bisa memilih menjelajah wisata Jogja, karena wilayah ini cocok untuk bersantai dan banyak tempat yang bisa dikunjungi. Ada Hutan Pinus Mangunan untuk jalan santai, Pantai Wedi Ombo yang sunset-nya menawan, dan Bukit Bintang bagi yang ingin melihat Jogja dari ketinggian pada malam hari.

Demikianlah rekomendasi tempat liburan untuk long weekend tahun 2020. Bisa kalian jadikan referensi atau ingin mencari destinasi yang lain. Tapi, jangan lupa untuk menabung terlebih dulu supaya tak bingung saat libur telah tiba. Jadi, selamat merancang liburan, ya.

Tags
Indonesia long weekend 2020 tips dan inspirasi
Share