Deretan Kampung Arab di Jawa, Tempat Berlibur yang Pas Saat Idul Adha

Idul Adha sudah semakin dekat nih Teman Traveler. Untuk merayakannya, boleh nih sekalian berkunjung ke Kampung Arab. Bisa juga sambil memborong kain atau jelajah kuliner kambing. Nah, kali ini TravelingYuk akan memberikan rekomendasi beberapa Kampung Arab yang ada di Jawa. Simak ulasannya berikut ini ya. 

Kampung Arab Ampel, Surabaya 

kampung arab di jawa
Kampung Arab Surabaya via instagram/dippyyy_

Terletak di utara Kota Surabaya, kawasan ini akan membuat pengunjungnya merasakan budaya Timur Tengah yang begitu kental. Kampung Arab di kawasan Ampel ini merupakan tempat komplit dengan perpaduan wisata religi, sejarah, belanja, hingga kuliner yang pas dan menyenangkan. Ditambah dengan nuansa dan arsitektur yang unik menjadikan kawasan ini daerah yang wajib Teman Traveler kunjungi bila berada di Surabaya, terlebih pada saat momen Idul Adha.

Kampung Arab Panjunan, Cirebon 

Kampung Arab Cirebon via instagram/cirebonheritage

Di Cirebon juga ada Kampung Arab yang berada di daerah Panjunan. Menurut keterangan warga keturunan Arab di sana, kini warga berdarah Arab hanya tinggal 30%. Ini karena semuanya memilih untuk berpindah tempat. Namun, apabila Teman Traveler berkunjung ke sana, kalian masih tetap merasakan nuansa Timur Tengah yang kental. Bedanya, di Kampung Arab Panjunan ini kebanyakan warganya menjual kerajinan tangan dari tanah liat. Sangat berbanding terbalik dengan Kampung Arab yang biasanya menjual minyak wangi. 

Kampung Arab Petek, Semarang 

Kampung Arab Semarang via instagram/charlesnayoan

Di Jawa Tengah, tepatnya di Semarang juga ada Kampung Arab yang ditinggali sekitar 312 jiwa orang berdarah Timur Tengah. Nah, karena yang tinggal di sana dari generasi ke generasi, orang-orang etnis Arab ini meninggalkan beberapa budaya yang membuatnya terlihat berbeda dengan Kampung Arab lainnya. Seperti masjid, makam, rumah tinggal sampai dengan naskah kuno. Jadi, ketika kalian berkunjung ke sana, bisa menambah ilmu pengetahuan juga. 

Kampung Arab Pekojan, Jakarta 

Kampung Arab Jakarta via instagram/rennindritha

Kampung Pekojan dikenal dengan sebutan Kampung Arab, sebab pada abad ke 18 banyak pendatang dari Yaman Selatan (Hadramaut) yang tinggal di sini. Meski terkenal dengan sebutan Kampung Arab, saat ini kampung Pekojan juga dihuni oleh etnis Tionghoa. Ini karena menurut warga setempat, etnis Arab sudah banyak pindah ke daerah-daerah lain. Namun warga keturunan Arab masih ada juga yang tinggal di sana. 

Sebagai kampung lawas, Kampung Pekojan memiliki sejumlah peninggalan bersejarah seperti Masjid An Nawier (1760), Jembatan Kambing, Langgar Tinggi (1829) dan Masjid Al Anshor (1648) yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Ternyata, ada banyak Kampung Arab yang berada di Pulau Jawa. Mulai dari Surabaya sampai dengan Jakarta. Bisa banget nih untuk jadi rekomendasi berlibur di saat Idul Adha. 

Tags
Cirebon Indonesia Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur kampung arab di jawa semarang Wisata
Share