Tips Liburan Hemat dan Tepat di Korea Langsung dari Ahlinya, Catat Ya!

Advertisement

Traveling ke luar negeri, bukan lagi hal mustahil untuk dilakukan oleh traveler Indonesia. Dari yang rela menabung sampai yang bisa keliling dunia karena beasiswa. Selain Singapura dan Malaysia, banyak turis dari tanah air yang memilih Korea. Bukan hanya karena K-pop dan dramanya yang mendunia, Negeri Gingseng ini memang memiliki banyak daya tarik. Ada tips hemat dan tepat nih dari Florissa Christian, seorang perempuan muda yang sudah hobi jalan-jalan sejak usia 10 tahun dan sekarang tinggal di Korea. Simak, yuk!

Pilih Dormitory atau Homestay

Dormitory Korea
Dormitory Korea [image source]
Florissa adalah gadis asli Yogyakarta yang mengaku sudah suka dengan kegiatan liburan sejak kecil. Baginya, traveling adalah belajar yang menyenangkan. “Karena dengan traveling saya mendapat banyak pelajaran hidup yang tidak pernah saya dapatkan ketika berada di bangku sekolah,” jelas Flo, nama panggilan Florissa. Gadis yang kini tinggal di Korea ini menyarankan bahwa memilih tinggal di dormitory atau homestay saat ke Korea bisa membuat liburanmu jadi lebih hemat. Kalau sedang jalan-jalan sendiri, lebih baik pilih dorm, harganya mulai 100 ribuan, lho. Jika beramai-ramai, ada juga room family yang bisa untuk berempat. Hemat, kan?

Florissa di Korea
Florissa di Korea [dok. Florissa]

Bawa Bekal Selain Nasi

Nasi Instan
Nasi Instan [image source]
Jangan takut kelaparan saat berkunjung ke negara ini. Kalau takut tak cocok dengan cita rasa masakannya yang lebih hambar, Flo menyarankan untuk membawa bekal sendiri yang dibungkus rapi. Ini waktunya abon dan rendang instan masuk ke koper. Namun, tak perlu repot-repot membawa beras atau penanak nasi. Di Korea ada banyak sekali minimarket yang menjual nasi putih. Bahkan, ada guesthouse atau homestay yang juga menyediakan nasi sebagai salah satu fasilitasnya. Kamu bisa bertanya lebih dulu sebelum memesan, nih. Lumayan banget, kan?

Banyak minimarket yang jual nasi
Florissa membawa bekal air minum saat jalan-jalan [dok. Florissa]

Tempat Makan Murah

Kafe kampus di Korea
Kafe kampus di Korea [image source]
Makan adalah salah satu yang gampang-gampang susah saat sedang jalan-jalan ke luar negeri. Di negeri asal Lee Min Hoo ini, makanan termasuk cukup mahal. Mie instan saja harganya bisa mencapai 3.500 won atau sekitar 36 ribu rupiah. Namun tak perlu khawatir, sesuai tips dari Flo, kamu bisa memilih makan di kafetaria kampus. Ia pun mengaku sering melihat turis sedang makan di kampusnya. “Perbandingannya jika kita makan diluar 3.500 won baru dapat mie instan tapi kalau makan di cafeteria kampus 3.500 sudah termasuk nasi, daging/telur beserta side dish dan free nasi plus kimchi,” jelasnya. Wow, bisa dipertimbangkan, nih. Bisa sambil melihat-lihat universitas yang bangunannya keren-keren juga, lho.

Yonsei University
Yonsei University [image source]

Gunakan Kendaraan Umum yang Murah

Siap-siap jalan kaki di Korea
Siap-siap jalan kaki di Korea [image Travelingyuk]
Kalau kamu termasuk traveler yang manja, apalagi dengan budget pas-pasan, pikirkan lagi untuk jalan-jalan di Korea. Flo menginformasikan bahwa taksi di negeri ini sangat mahal. Gadis asal Jogja ini menyarankan untuk banyak jalan kaki, bisa juga menggunakan subway atau bus untuk lebih menghemat uang saku. Yang wajib diingat, gunakan sepatu atau alas kaki  yang super nyaman. Florissa mengingatkan bahwa masih banyak stasiun di Korea yang tidak menyediakan eskalator. Jadi siapkan tenaga ekstra untuk naik turun tangga dan mengejar kereta, ya.

Gunakan sepatu yang nyaman
Gunakan sepatu yang nyaman [image travelingyuk]

Kafe Halal di Korea

Siti Sarah Restaurant
Siti Sarah Restaurant [image source]
Bagi muslim, tak perlu khawatir akan susah mencari makanan halal saat liburan ke negeri yang penuh dengan ‘oppa-oppa’ ganteng ini. Coba jelajah daerah Itaewon, ada banyak kafe halal di daerah ini. Salah satunya adalah Eid Korean Restaurant. Flo juga pernah mencoba makan di tempat makan lainnya, yaitu Siti Sarah Restaurant yang ada di 137-47 Itaewon 1(il)-dong. Menariknya lagi di kawasan ini ada masjid, lho. Jadi nggak perlu takut susah ibadah saat berkunjung ke daerah ini. Jangan lupa untuk membawa pulang roti dari Halal Bakery untuk bekal.

Menu di Sisti Sarah
Menu di Sisti Sarah [image source]
Nah, itu tadi tips liburan hemat dan tepat dari Florissa Christian ke Korea. Jangan lupa juga untuk berburu snack lucu Korea untuk oleh-oleh, ya. Wah, jadi semangat banget nih. Bagaimana, berani pesan tiket sekarang?

Advertisement
Tags
Korea Luar negeri tips traveling hemat
Share