Tambah Kesuburan, Ini Kuliner Tradisional Indonesia Berbahan Taoge

Taoge merupakan kecambang dari kacang hijau yang memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah mendukung kesehatan reproduksi. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengonsumsi taoge membuat aktivitas hormon estrogen meningkat. Tidak hanya itu saja, nutrisi baik di dalam taoge yang disebut dengan asam folat juga meningkatkan kesuburan para pria. Kabar baiknya, banyak kuliner tradisional Indonesia berbahan taoge yang bisa dicicipi kenikmatannya, seperti ulasan di bawah ini.

Lontong Balap, Surabaya

Lontong Balap, Via Instagram/tasyafoodlife
Lontong Balap, Via Instagram/tasyafoodlife

Kuliner pertama yang memanfaatkan taoge sebagai bahan baku utamanya adalah lontong balap khas Surabaya. Dalam seporsi lontong balap biasanya ada tahu goreng, lentho, taoge, irisan lontong dan diberi tambahan seperti halnya bawang goreng, kecap, dan juga sambal. Kuliner ini sangat mantap dinikmati kala hangat. Rasa taoge akan sangat kerasa karena memang seringkali porsinya banyak.

Toge Goreng, Bogor

Toge goreng, Via Instagram/foodnusantara.id
Toge goreng, Via Instagram/foodnusantara.id

Selanjutnya ada toge goreng khas Bogor yang memang sangat cocok disantap di kota dingin. Citarasa dari taoge goreng ini gurih dan nikmat. Seporsi taoge goreng akan berisi irisan tahu, lontong, mie kuning, tidak lupa tumisan taoge lalu disiram dengan kuah kental gurih yang terbuat dari bahan dasar oncom. Selain itu, kuliner yang biasanya dijual menggunakan pikulan atau gerobak ini juga banyak ditemui di daerah Jakarta, Tangerang, Depok, dan juga Bekasi.

Lumpia Basah, Bandung

Lumpia Basah Bandung, Via Instagram/basoaci_nenggeulismks
Lumpia Basah Bandung, Via Instagram/basoaci_nenggeulismks

Tidak kalah enak dari kuliner tradisional Indonesia berbahan taoge lainnya, lumpia basah khas Bandung cocok sekali untuk dicicipi. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat lumpia basah khas Bandung ini sebenarnya tidak jauh beda dengan lumpia sayur kering. Ada taoge, telur ayam kampung, garam lalu dibungkus dengan kulit lumpia. Buat Teman Traveler pecinta lumpia basah, jangan lupa menikmatinya saat sedang berada di Bandung.

Rawon, Surabaya

Rawon, Via Instagram/dapursoraya
Rawon, Via Instagram/dapursoraya

Kembali ke Surabaya lagi, ada juga kuliner terbuat dari bahan taoge lainnya yang rekomended untuk dicicipi, yakni rawon. Kuah hitam rawon ini merupakan perpaduan kluwek dan seringkali membuat orang-orang ketagihan mencicipinya. Untuk dagingnya, biasanya rawon menggunakan daging sapi yang dipotong-potong kecil. Rawon disajikan dengan nasi, taoge mentah kecil, daun bawang, kerupuk, dan daging sapi, tak lupa diberi sambal supaya makin nendang.

Gehu, Bandung

Gehu, Via Instagram/miss_polkadot
Gehu, Via Instagram/miss_polkadot

Gehu merupakan singkatan dari taoge tahu yang merupakan kudapan khas Bandung yang terbuat dari bahan dasar tahu yang diisi dengan tauge dan bumbu pedas lalu digoreng dengan pelapis yang terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, tepung beras dan tepung kanji. Masyarakat Sunda menyebut gehu sebagai gehu jeletot yang rasanya pedas sampai bikin mata melotot. Tidak hanya taoge saja, biasanya gehu juga diberi isian sayuran lain seperti wortel, kol, dan beberapa bahan lain.

Itulah pilihan kuliner khas Indonesia yang memiliki bahan dasar taoge. Jika Teman Traveler sedang traveling, jangan dilewatkan kesempatan mencicipi berbagai kuliner khas Indonesia dengan bahan dasar taoge ya. Nah adakah yang sudah Teman Traveler coba?

Tags
kuliner berbahan taoge toge goreng
Share