Icip Lontong Balap Lezat di Surabaya, Sekali Coba Langsung Ketagihan

Surabaya tak pernah gagal memanjakan lidah pecinta kuliner khas Indonesia. Selain rujak cingur dan pecel semanggi, lontong balap selalu menjadi tujuan wisatawan dari luar kota. Dari lontong, tahu, hingga lentho semuanya difavoritkan. Apalagi ketika berkunjung keempat warung lontong balap di Surabaya yang terkenal berikut.

1. Lontong Balap Pak Gendut

Lontong Balap Pak Gendut
Lontong Balap Pak Gendut via instagram/@yunggywbsn

Pecinta kuliner lontong balap pasti tak asing lagi dengan kedai Pak Gendut. Letaknya berada di Jalan Prof. Dr. Moestopo dan Jalan Embong Malang No. 38. Menu makanan di sini tidak hanya terkenal enak, tapi juga porsinya yang banyak. Isianya juga menggugah selera, mulai dari irisan lontong, kecambah, lento, kuah segar, kecap, hingga taburan bawang goreng. Konon, warung ini sudah ada sejak tahun 1958. Dulunya pemiliknya berjualan dengan dipikul keliling Surabaya. Tak heran, jika banyak orang menyebutnya sebagai lontong balap legendaris di Kota Pahlawan.

Lontong Balap Pak Gendut Surabaya
Lontong Balap Pak Gendut Surabaya via instagram/@sasmitaedo

2. Lontong Balap Pak Woko

Lontong Balap Pak Woko
Lontong Balap Pak Woko via instagram/@beby1192

Tempat berikutnya yang menawarkan seporsi lontong balap di Surabaya adalah warung Pak Woko. Letak kedai makan ini berada di Jalan Kalasan No.30, Pacar Keling, Tambaksari, Surabaya. Tak hanya spesial dengan lontong balap, Pak Woko juga menyediakan menu lontong kupang yang nendang. Sajian tersebut juga mantap ditemani seporsi sate kerang dan segelas es degan yang segar. Tentunya, kamu bakalan ketagihan setelah mencobanya.

Lontong Kupang Pak Woko
Lontong Kupang Pak Woko via instagram/@jktjajan

3. Lontong Balap Pak No

Lontong Balap Cak No
Lontong Balap Cak No via instagram/@ainul0702

Tempat berikutnya yang menyediakan menu lontong balap ada di Jalan Bromo No.7, Sawahan. Namanya Lontong Balap Cak No yang sudah belasan tahun berjualan di kawan tersebut. Menu yang dihidangkan, tak perlu lagi ditanyakan cita rasanya. Porsinya lumayan banyak dengan harga terjangkau. Hampir setiap hari, kedai ini tak pernah sepi pengunjung. Terutama ketika sabtu minggu.

Lontong Balap Cak No Surabaya
Lontong Balap Cak No Surabaya via instagram/@crownstaryossie

4. Lontong Balap Rajawali

Lontong Balap Rajawali
Lontong Balap Rajawali via instagram/@horizonhoman

Warung lontong balap berikutnya ini tidak hanya terkenal enak, tapi juga legendaris. Namanya Lontong Balap Rajawali yang sudah berjualan sejak tahun 1956. Sesuai dengan namanya, letak warung makan ini berada di Jalan Rajawali atau Jalan Krembangan Timur 32 C. Buka dari jam 6 pagi hingga setengah 5 sore, kamu bisa menikmati seporsi lontong balap dengan rasa istimewa. Isianyanya banyak, termasuk potongan lento yang rasanya yahud.

Lontong Balap Rajawali Surabaya
Lontong Balap Rajawali Surabaya via instagram/@wynisfitrinia

Nah, itulah empat lontong balap di Surabaya yang terkenal enak. Beberapa juga sudah berjualan sejak era 50-an. Porsinya banyak, sementara harganya cukup terjangkau. Bagaimana, tertarik untuk mencoba yang mana dulu nih?

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner surabaya Surabaya
Share