Kuliner Legendaris di Madiun, Sudah Ada Sejak Puluhan Tahun

Madiun merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang belakangan namanya mulai berkibar di dalam dunia wisata. Berkaca pada daerah lainnya, Madiun juga menyuguhkan destinasi wisata kekinian, sebut saja Hutan Pinus Nongko Ijo, Hutan Trembesi dan lain-lain. Tidak hanya wisata alam saja yang memikat, banyak kuliner legendaris di Madiun yang cocok dicicipi kelezatanya.

Kuliner legendaris Madiun ini tidak hanya pecel semata, banyak jenis lainnya yang bisa dicoba. Tapi tetap saja pecel masuk dalam list karena memang identik dengan Madiun selama ini. Yuk lihat ulasan berikut ini untuk mengetahui kuliner legendaris di Madiun yang bisa dicicipi ketika berkunjung.

Warung Pecel Pojok

Pecel Pojok, Via Instagram/sam_kuliner
Pecel Pojok, Via Instagram/sam_kuliner

Salah satu kuliner Madiun legendaris yang memiliki banyak sekali penggemar adalah Warung Pecel Pojok yang berada di Jl. Cokroaminoto 119, Madiun. Pojok di sini bukan berarti di ujung jalan ya, tapi lebih tepatnya di pojok rumah. Menu utama yang ditawarkan adalah pecel Madiun yang sangat khas dengan dua tingkat kepedasan yang bisa dipilih. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1967 yang lalu.

Soto Kutilang

Soto Kutilang, Via Instagram/sam_kuliner
Soto Kutilang, Via Instagram/sam_kuliner

Selain pecel, Madiun juga punya soto yang sudah melegenda namanya adalah Soto Ayam Kampung Pak Sutopo atau yang lebih terkenal disebut dengan Soto Kutilang. Disebut dengan soto kutilang lantaran lokasinya berada di Jl. Kutilang, Nambangan Lor, Mangu Harjo, Madiun. Dalam seporsi soto akan ada berisi irisan kubis, daun seledri, remahan keripik tempe, perkedel kentang dan satu lagi, daging yang sangat melimpah.

Jadah Bakar Mbak Luk

Jadah Bakar Mbak Luk, Via Twitter/Sddesmonda
Jadah Bakar Mbak Luk, Via Twitter/Sddesmonda

Jika ingin camilan yang sedikit berat dan telah melegenda di Madiun, kamu bisa melipir ke Jadah Bakar Mbak Luk. Lokasinya berada di depan stasiun kereta api Madiun. Meskipun lokasinya sederhana dan buka sore hari sekitar jam tiga, jadah bakar di sini memiliki banyak pelanggan yang sudah setia sejak puluhan tahun. Jadah bakar dikombinasikan dengan kopi atauh teh jahe, perpaduan yang sangat nikmat.

Pecel Yu Gembrot

Nasi Pecel Yu Gembrot, Via Instagram/sam_kuliner
Nasi Pecel Yu Gembrot, Via Instagram/sam_kuliner

Lokasi yang tidak kalah legendaris dari yang sebelumnya adalah Warung Nasi Pecel Yu Gembrot. Lokasinya berada di pinggir jalan Imam Bonjol, kota Madiun, Jawa Timur. Bisa dibilang, kuliner satu ini menjadi langganan para pejabat. Meskipun begitu lokasinya tidak terlalu luas, sekitar empat kali lapangan tenis dan begitu sederhana. Pecel Yu Gembrot ini sudah ada sejak tahun 1942 yang lalu.

Dawet Suronatan

Es Dawet Suronatan, Via Instagram/wonderfulmadiun
Es Dawet Suronatan, Via Instagram/wonderfulmadiun

Setelah mencicipi berbagai makanan, kamu perlu untuk mencoba yang segar-segar dan melegenda di Madiun. Dawet Suronatan merupakan salah satu yang cukup melegenda karena sudah ada sejak tahun 1962 yang lalu. Dawet ini berada di Jl. Merbabu No. 10, tepatnya berada di sisi utara masjid Agung Kota Madiun. Disebut Suronatan lantaran minuman ini pertama kali buka di kampung Suronatan.

Ragam kuliner legendaris yang sangat patut dicicipi saat berkunjung ya. Pecel Madiun memang sangat nikmat dan semua orang juga sudah mengetahuinya. Tapi, kuliner enak lainnya juga bisa masuk dalam list yang perlu dinikmati ya.

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner legendaris di madiun Madiun
Share