Soto Kutilang, Khas Madiun Enak Sejak Puluhan Tahun Lalu

Advertisement

Kuliner Madiun bisa kamu jadikan alasan untuk mendatangi Kota Brem,  ada deretan pecel dengan rasa khas yang susah untuk ditolak begitu saja.  Bahkan untuk kuliner seperti nasi goreng dan soto juga menjanjikan rasa khas yang beda. Apalagi jika itu adalah Soto Kutilang, kuliner Madiun Legendaris yang awet enaknya hingga sekarang. Selengkapnya simak ulasan di bawah ini.

1.  Kuliner lawas yang Nikmatnya Tetap Pas

Soto Kutilang [image source]
Dari namanya saja unik yaitu Soto Kutilang, sebutan ini lebih akrab di telinga masyarakat Madiun. Selain itu juga diberi nama Soto Bu Topo. Hidangannya sudah dinikmati sejak puluhan tahun lalu. Hal tersebut seperti yang dijelaskan oleh Novia Lintang, perempuan asli Madiun yang jadi penggemar soto daging saat diwawancari oleh Travelingyuk. “Sotonya sudah ada sebelum Papa Mamaku menikah, sudah puluhan tahunlah usianya,” kata Novi yang terakhir menikmati Soto Kutilang pada 4 Agustus 2017 lalu. Hebatnya, meski sudah lama ada dan banyak kuliner kekinian merajalela, makanan ini tak pernah sepi pembeli karena penikmatnya lintas generasi.

Soto Kutilang [image source]

2.  Soto dengan Daging Melimpah

Soto Kutilang [image source]
Sesuai dengan namanya, menu yang utama yang jadi tujuan para pembeli adalah soto berkuah dengan daging yang melimpah. Jika masih kurang, bisa nambah berbagai macam lauk dengan harga murah.  “Di situ ada soto daging menu utamanya , trus bisa pake lauk tambahan, daging empal, usus, babat, perkedel kentang, sama keripik tempe,” tambah Novia.

Salah Satu komentar pengunjung Soto Kutilang [image source]

3.  Butuh Kesabaran karena Antrinya Panjang

Soto Kutilang

Di mana ada gula, di situ ada semut. Di mana ada makanan enak, di situ pasti ada kamu juga kan? Maka dari itu datanglah ke Madiun dan mencoba Soto Kutilang. Tapi Ingat, jangan datang saat sore karena begitu siang biasanya sudah habis terjual.  Kamu juga harus sabar, karena hampir setiap hari pembelinya banyak bahkan sampai membentuk antrian.

4.  Di Sini Kamu Bisa Menemukan Tempatnya

Novia menjelaskan rute menuju Soto Daging Kutilang ini tidak terlalu sulit. Dari Alun-alun Madiun bisa ditempuh dalam waktu 4 menit saja naik motor. “Dari Alun-alun Madiun ke arah Jalan Kolonel Mahardi, Kemudian tidak jauh ada Jalan Kutilang di sebelah kiri jalan. Masuk ke situ nanti ada petunjuk gitu Soto Kutilang di sebelah kanan jalan,” ungkap Novia.

Lokasi : Jalan Kutilang, Nambangan Lor, Mangu Harjo, Madiun
Harga : Sekitar Rp 10.000

Itulah beberapa informasi seputar Soto Kutilang, kuliner madiun enak dengan rasa mantap. Berencana ke Madiun dalam waktu dekat? Jangan sampai lupa mencicipinya ya!

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Madiun Soto
Share