Kuliner Khas Tuban, Sayang Banget untuk Dilewatkan

Dalam hal pariwisata, Tuban selama ini memang banyak menyuguhkan destinasi berbau religi. Sebut saja ada Masjid Agung, Makam Sunang Bonang, Makam Syech Achmad Cholil dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak hanya destinai wisata religi saja, daerah yang mendapatkan julukan sebagai Kota Wali ini juga menyuguhkan ragam oleh-oleh khas Tuban yang rasanya tak lekang oleh zaman. Satu hal lagi yang tidak boleh diremehkan, ada banyak kuliner khas Tuban yang bisa dijajal kelezatannya seperti deretan kuliner di bawah ini.

Becek Menthog

Becek Menthog, Via Instagram ainarakitchen
Becek Menthog, Via Instagram ainarakitchen

Becek menthog adalah kuliner khas Tuban yang memiliki citarasa pedas yang bikin para penikmatnya ketagihan. Sesuai dengan namanya, masakan satu ini terbuat dari daging mentok yang kemudian dibumbui bahan dapur dan juga rempah seperti halnya bawang merah, bawang putih, merica, jintan, dan lain-lain. Buat kamu parar pecinta makanan pedas, jangan lupa untuk mencicipi kelezatan dari becek menthog ya.

Olahan Belut Pedas

Krengsengan belut, Via Instagram ammamamo
Krengsengan belut, Via Instagram ammamamo

Kuliner lainnya yang enak dan bikin nagih adalah ragam olahan belut dengan citarasa pedas. Ada krengsengan belut, rica-rica belut, belut pedas dan lain-lain. Memang sebagian orang geli dengan kuliner satu ini, tapi jangan salah ya, belut memiliki protein yang sangat kaya. Bisa jadi salah satu rekomendasi kuliner yang dicoba saat bepergian ke Tuban.

Gemblong

Gemblong khas Tuban, Via Instagram nina_epicure
Gemblong khas Tuban, Via Instagram nina_epicure

Kuliner lainnya yang khas Tuban adalah gemblong yang bercitarasa manis. Ini merupakan kuliner yang terbuat dari tepung beras ketan putih yang dibuat adonan lalu dibentuk sepeti bola kemudian digoreng sampai matang. Setelah matang, selanjutnya diberi lapisan larutan gula aren. Bedanya dengan getas, mayoritas terbuat dari ketan hitam, sementara gemblong dari ketan putih.

Ampo

Ampo, Via Instagram rennyrh3
Ampo, Via Instagram rennyrh3

Sangat khas Tuban dan telah terkenal di berbagai daerah di Indonesia yakni ampo. Ini merupakan kuliner unik dari Tuban yang terbuat dari bahan dasar tanah liat. Tak sembarangan, tanah liat yang digunakan ini yang memiliki kualitas yang baik, tidak ada kerikil dan bahan lainnya. Tanah liat ini dibentuk sedemikian rupa dan dipanggang.

Rajungan Khas Tuban

Olahan rajungan enak, Via Instagram fatkhurrohmantaufiq
Olahan rajungan enak, Via Instagram fatkhurrohmantaufiq

Tuban berlokasi di daerah pesisir Pantai Utara sehingga banyak sekali kuliner bernuansa hewan laut. Salah satunya yakni berbagai olahan rajungan. Salah satu olahan rajungan yang cukup terkenal di Tuban adalah yang dimasak kari kuah dengan citarasa gurih dan sangat menggugah selera. Bisa ditemui di berbagai daerah di Tuban, salah satunya yang cukup rekomended adalah Rajungan Ndoro Bei.

Itulah beberapa kuliner khas Tuban yang bisa diicip-icip kenikmatannya ketika sedang berkunjung. Semoga perjalananmu ke Tuban menyenangkan ya.

Tags
Jawa Timur kuliner Indonesia kuliner khas Tuban Tuban\
Share