Deretan Oleh-oleh Khas Tuban, Cocok untuk Kesayangan

Tuban adalah daerah di Jawa Timur yang selama ini dikenal sebagai Kota Wali. Disebut demikian karena memang banyak sekali makam Wali di kota ini, sehingga menjadi langganan orang-orang saat berziarah makam. Tuban dulunya memang merupakan salah kota yang menjadi tempat penyebaran Islam. Hal ini terbukti dengan banyaknya makam para Wali dan berbagai tokoh Islam.

Selain terkenal sebagai destinasi wisata religi, Tuban juga memiliki banyak pantai asyik yang bisa dijelajahi. Ngomongin masalah Tuban, kurang lengkap jika tak membahas oleh-oleh dari sana. Ada beberapa kuliner khas untuk dijadikan buah tangan. Mari, simak ulasan menariknya seperti berikut ini.

1. Cumi Crispy

Cumi crispy yang enak Via Instagram cumi_crispytuban

Memiliki lokasi geografis yang dekat dengan pesisir, Tuban memiliki banyak kuliner laut. Namun, untuk oleh-oleh sendiri, cumi crispy belakangan ini banyak diburu. Yup, rasanya yang sangat nikmat dan khas membuatnya laris manis jadi oleh-oleh khas Tuban. Makanan ini bisa dijadikan sebagai kudapan ataupun juga sebagai lauk nasi. Kamu bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh. Bahkan sekarang, pembeli juga bisa memesannya secara online.

Bentuk dari Cumi Crispy Via Instagram cumi_crispytuban

2. Kecap Laron

Kecap Laron asli Tuban Via Instagram ginsawidndijowi

Meskipun memiliki nama demikian, bukan berarti bahannya dari hewan laron ya. Ini hanya merupakan merek saja. Kecap Laron asli dari Tuban ini memiliki citabrasa yang berbeda dengan kecap biasanya. Teksturnya lebih kental dan kualitasnya masih terjamin dengan baik.

Kecap Laron untutk teman makan Via Instagram laksmiindi

Kecap Laron ini terbuat dari kedelai hitam pilihan, gula, dan bumbu tradisional lainnya. Di Tuban sendiri, Kecap Laron ini banyak digunakan untuk berbagai restoran besar sampai makanan rumahan. Buat kamu yang ingin membawanya sebagai oleh-oleh, banyak sekali dijual di sekitaran wisata.

3. Keripik Gayam

Keripik Gayam Via Instagram baityjournal

Gayam merupakan tumbuhan yang tumbuh subur di daerah Tuban. Sementara itu untuk sentra Keripik Gayam ini berada di Merakurak. Keripik ini memiliki rasa yang unik, gurih dan lezat. Proses pembuatannya cukup lama karena cangkang buah Gayam ini tergolong keras sehingga membutuhkan waktu untuk proses pengolahannya sendiri.

4. Buah Siwalan

Buah Siwalan Via Instagram mommykuliner

Siwalan atau yang dikenal juga dengan Lontar memiliki buah yang biasa dijadikan sebagai oleh-oleh di Tuban. Buah dari Siwalan ini memiliki bentuk mirip dengan kolang kaling. Ada yang memakannya secara langsung ataupun ada juga yang diolah dengan bahan lainnya. Bisa jadi campuran pudding, kue, minuman segar dan dessert lainnya.

5. Legen

Air legen via Instagram surabaya_food_beverage

Selain buahnya, air siwalan juga biasa dijadikan sebagai legen yang memiliki rasa yang enak dan menyegarkan. Sebagian orang malah menyulapnya menjadi ciu atau arak Jawa lewat proses fermentasi. Seperti buahnya, legen ini juga banyak dijual di pinggir-pinggir jalan.

Baiklah, itu adalah deretan oleh-oleh dari Tuban yang bisa dibawa pulang untuk orang-orang tersayang. Semoga bisa membantu kamu yang sedang bingung oleh-oleh ya.

Tags
buah tangan khas Tuban Indonesia Jawa Timur oleh-oleh khas Tuban Tuban\
Share