Kuliner Sumatra Kaya Rempah, Bikin Makan Makin Bergairah

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Kuliner khas Sumatra Kuliner khas Sumatra

Kuliner khas Sumatra memang tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya. Sebut saja rendang yang masuk jajaran kuliner terenak dunia. Penggunaan rempah-rempah sebagai bumbu utamanya ini membuat kebanyakan kuliner khas Sumatra memiliki rasa nendang di lidah. Nah, ini dia ragam kuliner khas Sumatra dengan rempah melimpah ruah di dalamnya yang dijamin bakal bikin selera makan Teman Traveler semakin tergugah.

Sate Padang, Sumbar

Sate Padang, via Instagram/hilmi_fitriani87
Sate Padang, via Instagram/hilmi_fitriani87

Sate Padang merupakan kuliner yang populer dari Sumatra Barat. Bahan baku pembuatan kuliner ini adalah daging dan lidah sapi. Tidak jarang jeroannya pun turut serta diolah. Untuk bumbu-bumbu yang digunakan antara lain bawang merah, bawang putih, serai, kunyit, cabai merah, jahe, dan beragam rempah lainnya.

Saat mencicipi kuliner ini, kamu akan menghirup aroma kunyit yang kuat. Biasanya, sate padang akan dihidangkan bersama dengan kuah. Citarasanya gurih dan pedasnya dominan.

Gulai Ikan Patin, Jambi

Gulai ikan patin, via Instagram/rinihasrita
Gulai ikan patin, via Instagram/rinihasrita

Dari Jambi ada gulau ikan patin dengan berbagai rempah menggiurkan di dalamnya. Patin selama ini diketahui menjadi ikan favorit masyarakat Sumatra. Karena itulah beragam sekali olahan yang terbuat dari ikan patin, termasuk gulai ini. Jambi sebagai sentra ikan patin nasional juga memiliki olahan khas gulainya. Biasanya gulai ini dimasak dengan memanfaatkan tempoyak dan santan.

Rendang, Sumatra Barat

Rendang, via Instagram/outlaw_streetfood
Rendang, via Instagram/outlaw_streetfood

Siapa yang tak kenal dengan rendang? Olahan dari bumi Minang yang sudah mendunia. Biasanya selalu ada di rumah-rumah makan Padang. Rendang sendiri terbuat dari daging sapi yang dicampur dengan beragam rempah. Mulai dari cabai, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, sampai dengan serai. Ditambah dengan santan, rasanya bikin nafsu makan beringasan.

Soto Padang, Sumatra Barat

Soto Padang, via Instagram/wiwietjacoub
Soto Padang, via Instagram/wiwietjacoub

Seperti daerah lainnya di Indonesia, Padang juga memiliki soto dengan rasa nendang. Resep membuat soto ini sederhana, ada daging sapi, perkedel, kentang, bihun, dan kuah berkaldu. Kuahnya inilah yang dicampur dengan beragam rempah yang bikin rasanya jadi kaya. Citarasa soto padang makin segar dan nikmat ditambah dengan kerupuk.

Itulah sekelumit kuliner khas Sumatra dengan ragam rempah nikmat di dalamnya. Kalau kamu paling suka yang mana Teman Traveler?