4 Bangunan Bersejarah di Lawang yang Harus Dikunjungi

Beberapa waktu lalu Lawang terpilih menjadi salah satu destinasi wisata di Wonderful Indonesia dan menyelenggarakan Festival Lawang Kota Tua. Hal ini dikarenakan banyaknya bangunan bersejarah Lawang. Ada kurang lebih 300 bangunan tua peninggalan masa kolonial di kota Lawang. Sebagian besar masih dengan bentuk aslinya, sebagian lagi sudah dipugar.

Teman traveler yang menyukai wisata heritage wajib datang berkunjung ke Lawang dan menjelajahi berbagai bangunan tua yang ada di sini. Berikut adalah beberapa bangunan bersejarah yang jadi ikon di kota Lawang.

1. Gereja Jago Lawang

Nuansa teracota Gereja Jago Lawang via instagram/korneliapaulina

Gereja Jago terletak di Jalan Argopuro Nomor 24. Dari prasasti yang masih tertancap di gedung tersebut, terlihat bahwa gereja itu sudah dibangun sejak tahun 1918. Sebelum ada Gereja Jago ini, umat Katolik zaman Belanda harus beribadah ke Pasuruan atau ke Kayutangan.

Gereja Jago memiliki nama asli Onbevlekt Ontvangene Moeder van God. Gereja ini dibangun dengan mengedepankan unsur etnik dan menggunakan atap yang tinggi, khas bangunan Eropa.

2. Stasiun Lawang

Stasiun Lawang saat Malam via instagram/raabilawa

Stasiun Lawang adalah stasiun kereta api peninggalan zaman Belanda. Berdiri pada tahun 1887, menjadikan stasiun ini bangunan tertua di kota Lawang. Bangunan stasiunnya sendiri masih bercorak khas Belanda. Stasiun Lawang terletak di Jl. Thamrin, Lawang.

Stasiun Lawang merupakan stasiun tertinggi di Daerah Operasi (Daop) VIII Surabaya karena berada di ketinggian ±491 meter diatas permukaan laut (mdpl) dan merupakan stasiun kelas I. Lokasinya berada di depan kantor kecamatan Lawang yang berada di sisi jalan utama Malang-Surabaya.

3. Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

Rumah Sakit Jiwa Lawang dibuka secara resmi pada tanggal 23 Juni 1902 dengan nama Krankzinnigengestichte Lawang. Pengerjaan mendirikan rumah sakit ini dimulai tahun 1884 berdasarkan Surat Keputusan Kerajaan Belanda tertanggal 20 Desember 1865 No.100. Hal ini menjadikan RSJ Lawang sebagai Rumah Sakit tertua kedua di Indonesia.

RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat ini terletak di Jl. Jend A Yani, Desa Sumberporong, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Pada masa perang, RSJ ini pernah menjadi markas Tentara Belanda karena daerah tersebut adalah pintu masuknya serangan ke Malang. Sementara pada masa Jepang, fungsi RS ini tidak berjalan dengan baik karena banyak tenaga kerja yang merupakan warga Belanda ditangkap.

4. Griya Bina Lawang

Griya Bina Lawang via Facebook

Griya Bina adalah gedung pertemuan yang dibangun pemerintah kolonial Belanda. Terletak di Jalan Diponegoro Nomor 399, bangunan bersejarah Lawang ini masih berdiri kokoh hingga sekarang. Griya Bina saat ini banyak difungsikan sebagai tempat pernikahan.

Itu dia empat rekomendasi bangunan bersejarah Lawang dari travelingyuk buat teman traveler. Jangan lupa untuk berkunjung ke Lawang ya!

Tags
Indonesia Jawa Timur Malang Wisata Indonesia wisata sejarah
Share