Kota-Kota Indah di Tepi Pantai

Pernah mendengar waterfront city? Ya, kota yang mengusung konsep ini berada di depan sebuah kawasan perairan entah itu pantai, sungai, atau pun danau. Dengan adanya kawasan perairan, diharapkan sektor perdagangan dan juga pariwisata bisa meningkat secara perlahan-lahan. Di Indonesia, inilah beberapa kota indah yang letaknya berada di pinggiran pantai.

1. Batam

Batam dari kejauhan [via]
Sebagai salah satu kota pelabuhan terbesar di Indonesia, Batam mulai membenahi kotanya dengan sangat sempurna. Jika dahulu kala kawasan pantai tidak tertata dengan rapi, sekarang kawasan pantai terutama yang menghadapi langsung ke kota utama diperbaiki dan terlihat indah di malam hari.

Batam di malam hari [via]
Pembangunan infrastruktur seperti jembatan semakin mempercantik kawasan kota, sehingga menarik banyak turid untuk datang ke tempat wisata Batam. Mereka bisa menikmati kawasan objek wisata pantai tanpa perlu jauh-jauh untuk menuju pusat kota guna berbelanja sampai puas.

Lokasi: Batam, Kepulauan Riau

2. Jayapura

Jayapura [via]
Jangan sesekali membayangkan kalau kawasan timur Indonesia selalu identik dengan kawasan yang belum dibangun dengan baik. Memang benar, tapi kota Jayapura telah dibangun dengan sangat baik sehingga wilayah kota dan pantainya mampu menyatu dengan baik khususnya untuk kegiatan perdagangan.

Keindahan Jayapura [via]
Untuk sektor pariwisata, kawasan Jayapura juga sudah berbenah dan mulai jadi jujukan banyak wisatawan dari berbagai daerah sekitar seperti Maluku atau bahkan orang-orang dari kawasan Indonesia bagian barat.

Lokasi: Jayapura, Papua, Indonesia

3. Makassar

Makassar [via]
Makassar sudah sangat mengembangkan wisata pantai dan lautnya dengan baik. Tidak heran kawasan pantainya dikembangkan dengan baik menjadi objek wisata yang menarik banyak traveler dari berbagai daerah di Indonesia maupun dunia yang ingin melakukan aktivitas menyenangkan di pantai dan kota.

Makassar yang indah[via]
Bagi mereka yang ingin mengelilingi beberapa pulau kecil di lepas pantai Makassar bisa menyewa perahu. Pemilik perahu akan mengantarkan penyewa melakukan aktivitas island hopping. Bagi wisatawan yang ingin menikmati pantai dan resor, kawasan Makassar sudah memiliki semuanya. Tinggal pilih yang sesuai keinginan.

Lokasi: Makassar, Sulawesi Utara, Indonesia

4. Balikpapan

Balikpapan [via]
Balikpapan menjadi sebuah kota pelabuhan dan juga transit pariwisata terbesar di kawasan Kalimantan. Pusat perdagangan biasanya terjadi di kawasan ini baru menyebar ke berbagai daerah di sekitarnya. Beberapa orang malah sengaja datang langsung ke Balikpapan untuk membeli barang.

Resor Balikpapan [via]
untuk sektor transit, Balikpapan biasanya digunakan sebagai tempat menginap atau stay selama beberapa waktu. Tidak heran, kawasan ini memiliki cukup banyak hotel dan resort unggulan. Akomodasi ini sengaja disiapkan untuk menjembatani keinginan wisatawan yang ingin dengan aman dan nyaman sebelum meluncur ke Derawan.

Lokasi: Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

5. Manado

Manado Frontwater [via]
Selain Makassar, Manado juga merupakan kota yang mengusung konsep waterfront. Di kota ini, wilayah di pinggiran pantai dikembangkan dengan baik untuk menunjang beberapa sektor penting seperti perdagangan dan ekonomi serta pariwisata di kawasan Manado yang mengendapakan potensi bahari

Manado [via]
Dengan konsep seperti ini, perlahan tapi pasti, kawasan kota terus tumbuh dan berkembang. Kawasan pesisir yang awalnya identik dengan kemiskinan telah menjelma menjadi objek wisata Manado yang penting dan tidak bisa diremehkan begitu saja. bahkan, bisa dianggap sebagai kawasan paling penting.

Lokasi: Manado, Sulawesi Utara


Inilah kota-kota yang terletak di pinggiran pantai yang indah. Dari lima kota yang telah disebutkan di atas, mana saja yang pernah kamu datangi?

Tags
Makassar pantai wisata balikpapan wisata batam wisata jayapura wisata manado
Share