Tempat Wisata Kece di Batam, Niscaya Liburanmu Bakal Semakin Berwarna

Alfri

Alfri

On Indonesia

Provinsi Kepulauan Riau menyimpan potensi besar untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata dunia. Daerah-daerah yang tergabung dalam provinsi ini memiliki kekayaan alam yang luar biasa khususnya jika dikembangkan sebagai tujuan wisata bahari. Sebab kebanyakan kabupaten dan kota di sana terdiri atas gugusan pulau yang tersebar mulai dari Selat Malaka hingga Laut China Selatan.

Salah satu daerah yang juga tercatat sebagai kota terbesar di Kepulauan Riau yaitu Batam adalah satu dari tiga pintu gerbang utama wisatawan asing memasuki wilayah Indonesia disamping Jakarta dan Bali. Kawasan metropolitan daerah ini terbagi dalam tiga pulau utama yakni Batam, Rempang dan Galang. Masing-masing pulau dihubungkan dengan jembatan ikonik sekaligus landmark terkenal bernama Jembatan Barelang, dan inilah 10 tempat wisata yang harus traveler kunjungi untuk liburan yang berwarna di Batam.

1. Turi Beach Resort, Resort Dengan Nuansa Bali

Dalam ulasan ini Travelingyuk ajak traveler untuk sejenak melipir meninggalkan tempat-tempat mainstream di Batam seperti Pantai Nongsa, Batam City Square atau Kampung Vietnam sebab di dalam wilayahnya banyak sekali tempat seru yang harus traveler singgahi. Salah satunya adalah Turi Beach Resort yang letaknya berada di utara pulau Batam.

Turi Beach Resort, via instagram
Turi Beach Resort, via instagram

Turi Beach Resort adalah salah satu resort mewah yang ada di Batam. Lokasi persisnya ada di kecamatan Nongsa dan telah ditetapkan pemerintah setempat sebagai kawasan wisata terpadu. Tak ayal jika wisatawan yang berkunjung bakal menemukan banyak sekali deretan hotel mewah di sepanjang pantai ini. Namun satu hal yang paling kentara dari tempat ini, adalah nuansa Bali yang begitu kental. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya bangunan yang mirip pura di sekitar lokasi pantai.

2. Snorkeling Ria di Pulau Petong

Mencari spot snorkeling di Batam? Jawabannya adalah dengan menyeberang ke Pulau Petong. Pulau ini memang tengah dikembangkan sebagai destinasi wisata bahari dimana di sana traveler akan menemukan pulau kecil berpasir putih dengan airnya yang memiliki tingkat visibiltas yang bagus.

Pulau Petong, via instagram
Pulau Petong, via instagram

Jika dilihat pada peta, pulau mungil ini akan traveler temukan di sisi barat dari Pulau abang atau Pulau Galang Baru. Secara umum penyeberangan ke pulau Petong bisa dilakukan lewat Jembatan 6 alias jembatan Barelang yang ke-6. Dari sana perahu akan membawa wisatawan menuju ke pulau ini. Lebih enaknya traveler disarankan untuk ikut paket wisata.

3. Menyeberang ke Pulau Putri yang Sangat Dekat dengan Malaysia dan Singapura

Pulau Putri adalah pulau yang mudah dijangkau dan menjadi tujuan wisata menarik di akhir pekan. Lokasi pulau ini hanya berjarak 1 kilometer dari kawasan pantai terkenal di Batam yaitu Nongsa. Pulau ini juga berada sangat dekat dengan Malaysia maupun Singapura. Untuk menyeberang ke pulau ini traveler musti datang ke Pantai Nongsa dari sana akan dijumpai banyak perahu yang menawarkan penyeberangan.

Pulau Putri, via instagram
Pulau Putri, via instagram

Penyeberangan ke Pulau Putri memakan waktu sekitar 10 menit. Sesampainya di pulau mungil ini traveler bisa melakukan banyak kegiatan sesuai dengan hobi masing-masing. Kebanyakan pilihan aktivitasnya berupa kegiatan air mulai dari berenang, snorkeling dan juga naik banana boat. Di dalam pulau kecil yang belum memiliki sumber air bersih ini sudah tersedia kamar mandi bilas yang disediakan warga. Mereka mendapatkan pasokan air tawar dari bak penampungan air hujan. Meski demikian banyak traveler yang mengatakan jika airnya tetap bersih kog. Oiya, menyeberang ke pulau ini cukup terjangkau lho, traveler hanya diminta membayar sekitar Rp.15 ribu per orang untuk perjalanan pulang pergi.

4. Menyeberang Jembatan Barelang ke Pulau Galang, Ada Pantai Vio Vio yang Sudah Menunggu

Pantai Vio Vio namanya memang belum setenar pantai Nongsa karena memang ini termasuk salah satu tujuan wisata yang baru saja diperkenalkan ke publik. Pantai Vio Vio cukup mudah uutk ditemukan sekaligus dijangkau. Pantainya terletak di Pulau Galang, jadi traveler terlebih dahulu harus melewati Jembatan Tuanku Tambusai atau lebih dikenal dengan Jembatan 5 Barelang.

Pantai Vio Vio, via instagram
Pantai Vio Vio, via instagram

Pantai ini berada tidak jauh dari jembatan tersebut. Traveler tinggal mengikuti jalan menuju ke Pantai Mirota, pantai Vio Vio berada di sebelah kanan pantai tersebut. Namun jalan menuju ke pantai belum diaspal, jalannya masih berupa tanah yang bakal licin banget kalau musim hujan seperti ini. Pun demikian pemandangan indah sudah menunggu pengunjung di pantainya. Pantai Vio Vio punya air laut yang cukup jernih sehingga banyak wisatawan yang datang menyempatkan diri untuk berenang dan juga snorkeling.

5. Pulau Mubud, Pulau Tak Berpenghuni Bikin Tenteram di Hati

Pulau Mubud bisa dimasukkan dalam daftar kunjungan terutama bagi traveler yang mendambakan suasana tenang dan lingkungan yang alami. Pulau ini memang tidak berpenghuni sehingga kondisi alam di pulau ini terasa sangat alami dengan suasana sepi. Untuk dikethui bahwa Pulau Mubud berada di sebelah timur Pulau Rempang. Menuju ke pulau ini bisa dilakukan menggunakan speedboat dari Desa Sembulang.

Pulau Mubud, via instagram
Pulau Mubud, via instagram

Keindahan Pulau Mubud bisa dilihat dari pasir pantainya yang begitu bersih dan berwarna putih serta lautnya yang jernih. Dari desa Sembulang, penyeberangan ke pulau ini akan memakan waktu sekitar 15-20 menit. Traveler yang snorkeling di laut Pulau Mubud bisa berjumpa dengan bintang laut yang memang banyak menghuni perairan di sekitar pulau tersebut.

6. Jembatan Barelang, Ikon Kota Batam

Meski Jembatan Barelang termasuk salah satu tujuan mainstream di Batam namun tempat ini wajib traveler singgahi. Sebab rasanya tidak lengkap berkunjung ke kota ini namun tidak punya koleksi foto yang lagi berada di jembatan ini. Barelang adalah nama jembatan yang menghubungkan pulau-pulau di Batam seperti Pulau Nipah, Pulau Tonton, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru.

Jembatan Barelang, via instagram
Jembatan Barelang, via instagram

Jembatan Barelang adalah akronim dari tiga pulau utama di Batam yaitu Batam, Rempang dan Galang. Jumlah jembatan ini ada 6 dengan nama yang berbeda-beda namun untuk memudahkan penyebutan wisatawan hanya menyebutnya dengan Barelang 1 hingga 6. Seberapa pun padatnya jadwal liburanmu di Batam, tempat yang satu ini wajib kamu kunjungi.

7. Kawasan Batam Centre, Tempat Dengan View Keren

Di Batam traveler bisa foto-foto ala papan Hollywood caranya dengan berkunjung ke kawasan Batam Centre. Di kawasan yang juga terdapat Kantor Wali Kota dan Mesjid Agung kota Batam serta Terminal Feri Internasional Batam Centre ini traveler akan disambut dengan tulisan besar di atas bukit yang berbunyi “Welcome to Batam.”

Kawasan Batam Centre, via instagram
Kawasan Batam Centre, via instagram

Tulisan besar dengan warna putih ini memang sengaja dibuat di atas bukit bernama Bukit Clara dan menghadap ke Terminal Feri Internasional Batam Centre dengan tujuan untuk menyambut para wisatawan yang datang ke Kota Batam. Foto dengan latar belakang tulisan ini berarti sah bahwa kamu memang pernah berada di Batam.

8. Tanjung Piayu, Sunsetnya Memang Ayu

Mau tempat wisata yang relatif sepi dibanding pantai Nongsa? Datang saja ke Tanjung Piayu, salah satu kampung tua yang terletak di Pulau Batam. Perkampungan tua ini punya pantai yang indah dan terkenal dengan sunsetnya yang menawan dengan latar belakang pantai serta jembatan Barelang.

Tanjung Piayu, via instagram
Tanjung Piayu, via instagram

Bagi warga Batam, Tanjung Piayu cukup familiar karena pantainya sering digunakan sebagai tempat rekreasi di akhir pekan. Namun kepopulerannya masih kalah dengan kawasan Nongsa sehingga suasana di pantai ini relatif lebih tenang. Traveling ke pantai ini paling asyik pada sore hari, traveler bisa mengabadikan sunset jingga yang menawan dengan latar belakang jembatan Barelang 1 yang terkenal paling besar dan megah.

9. Pa-Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage, Vihara Keren di Tengah Pulau Rempang

Pa-Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage, pernah mendengar nama tempat ini? Bahkan tempat di Batam ini jarang diketahui oleh warganya sendiri pasalnya lokasi tempat ini berada di dalam hutan Pulau rempang. Tempat tersebut tidak lain adalah sebuah rumah ibadah berupa vihara yang digunakan oleh para biksu untuk bermeditasi.

Pa-Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage, via instagram
Pa-Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage, via instagram

Untuk menemukan tempat ini terlebih dahulu traveler harus datang ke jembatan 4 Barelang. Nanti disekitar sana ada papan nama bertuliskan Pa-auk Tawya, ikuti petunjuk tersebut. Jalan yang harus dilewati berupa jalanan berbatu dan lumayan ekstrim. Tapi mata traveler tak akan berkedip saat tiba di lokasi. Bangunan vihara utamanya seperti pagoda bertingkat 3. Di sekitar vihara ini juga terdapat miniatur stupa seperti di candi Borobudur. Ambil sudut terbaik untuk mengabadikan gambar vihara ini.

10. Pantai Mirota, Memandangi Hamparan Laut yang Membuat Hati Damai

Destinasi terakhir adalah Pantai Mirota yang terletak di sebelah Pantai Vio Vio. Pantai ini sering menjadi patokan traveler yang mau ke pantai Vio Vio pasalnya baru pantai ini yang punya petunjuk arah yang jelas tertulis pada plang petunjuk arah di pinggir jalan setelah menyeberangi jembatan 5 Barelang.

Pantai Mirota, via instagram
Pantai Mirota, via instagram

Pantai Mirota masuk dalam wilayah Pulau Galang Baru, jaraknya sekitar 50 km dari Pulau Batam. Mau main ke pantainya? Traveler cukup menyewa ban seharga Rp. 10 ribu atau kalau kurang puas dan ingin mengelilingi pantai bisa menyewa kano seharga Rp.25-50 ribu. Karena air laut di Pantai Mirota cukup jernih bahkan karang-karang bisa terlihat jelas dari permukaan air maka kurang afdol jika berkunjung ke pantai ini tapi tidak snorkelingan.

Itulah kesepuluh tempat wisata di Batam yang paling kece dan dijamin bikin foto dokumentasi traveler makin berwarna. Ayo traveler Batam, bantu Travelingyuk mengeksplorasi tempat-tempat lain di kotamu. Caranya cukup kirim komentar pada tempat yang telah disediakan di bawah ini.