Liburan Asyik ke Manado? Surga Dunia ini Harus Kamu Tandangi

Manado adalah secuil surga dunia yang ada di Indonesia. Di kawasan paling utara dari negeri ini, kamu tidak hanya akan menemui keindahan alam pegunungan dan tradisi yang memikat saja. Di sini kamu bisa menemukan destinasi wisata Manado dengan pesona bahari yang sangat memikat. Pulau-pulau kecil nan eksotis, hingga keindahan bawah laut yang tidak bisa diragukan lagi.

Kota dengan semboyan “Manusia hidup untuk memanusiakan orang lain ini” adalah paket lengkap. Kamu bisa melakukan penjelajahan di banyak tempat dengan keunikan sendiri-sendiri. Oh ya, pada artikel ini, kami akan membahas tempat-tempat paling recommended di Manado. In case, kamu akan datang ke sana, daftar di bawah ini bisa jadi pertimbangan.

1. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken [image source]
Ditetapkannya Taman Nasional Bunaken sebagai satu dari sekian banyak warisan budaya dunia sebenarnya bukan hal yang berlebihan. Mengapa begitu? Karena taman nasional yang teridiri dari pulau dan kawasan laut ini sangat indah. Setidaknya ada sekitar 30-an titik penyelaman yang memiliki pemandangan under water memikat hingga rasanya kamu enggan pulang.

Taman Marga Satwa Tandurusa [image source]
Nama: Taman Nasional Bunaken

Alamat: Pulau Bunaken, Manado, Sulawesi Utara, Indonesia

2.  Pulau Siladen

Pulau Siladen
Pulau Siladen [image source]
Pulau Siladen terletak tidak begitu jauh dari Pulau Bunaken. Di tempat ini kamu bisa menemukan cukup banyak pantai pasir putih yang lembut. Spot penyelaman juga ada sekitar 2 buah dengan pemandangan bawah laut menakjubkan. Bagi kamu yang ingin menikmati kawasan ini lebih lama, Pulau Siladen juga memiliki cukup banyak resor yang bisa disewa.

Pulau Siladen, saat senja [image source]
Nama: Pulau Siladen

Alamat: Bunaken, Bunaken Kepulauan, Manado City, North Sulawesi, Indonesia

3. Danau Tondano

Danau Tondano [image source]
Danau Tondano adalah danau paling luas di Sulawesi yang menjadi kebanggaan daerah. Setiap harinya, ribuan orang datang silih berganti untuk menyaksikan keindahan alam sekitar atau melakukan penjelajahan dengan naik ke perahu yang dijalankan oleh penduduk setempat. Oh ya, kalau kamu ingin melakukan overnight di sini, kawasan danau yang memiliki luas 5000 hektare ini juga dijejali banyak penginapan murah dan dekat dengan warung makan. Komplet!

Danau Tondano yang indah [image source]
Nama: Danau Tundano

Alamat: Sebelah utara Manado, Sulawesi Utara, Indonesia

4. Pulau Lihaga

Pulau Lihaga [image source]
Ingin menikmati keindahan dan kenyamanan dari Maladewa yang terkenal itu? Well, kalau kamu belum kesampaian dan ngebet sekali ingin ke sana. Coba datangi saja Pulau Lihaga yang sangat indah ini. Di pulau yang tidak terlalu luas ini, kamu bias menikmati keindahan laut warna birunya tergradasi dari pekat hingga cerah. Selain air laut, kawasan pulau yang masih alami juga sangat cocok untuk menenangkan diri dari keramaian.

Pulau Lihaga, Manado [image source]
Nama: Pulau Lihaga

Alamat: Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Indonesia

5. Taman Marga Satwa Tandurusa

Taman Marga Satwa Tandurusa [image source]
Ke Manado tanpa menyaksikan hewan endemis yang unik dan menarik? Rugi banget! Selain menjelajahi kawasan pulau dan perairan, kamu juga harus datang ke Taman Marga Satwa Tandurusa tempat tarsius yang mungil itu hidup. Mumpung ke Sulawesi Utara, nikmati indahnya kehidupan dari tarsius yang susah ditemui di daerah lain di dunia.

Tarsius di Tanudurusa [image source]
Nama: Taman Marga Satwa Tandurusa

Alamat: Kelurahan Tandurusa, Kecamatan Aertembaga, Bitung, Sulawesi Utara

6. Pulau Lembeh

Pulau Lembeh [image source]
Meski namanya tidak seterkenal Bunaken yang menjadi taman nasional. Pulau Lembeh yang terletak tidak jauh dari Manado ini ternyata memiliki banyak potensi. Pertama pantai di kawasan ini sangat indah dengan air biru super bening. Selanjutnya, kalau kamu hobi melakukan snorkeling, setidaknya ada lebih dari 50 titik penyelaman dengan pemandangan bawah laut yang… menggetarkan!

Pulau Lembeh, Bitung [image source]
Nama: Pulau Lembeh

Alamat: Kota Bitung, Sulawesi Utara, Indonesia

7. Bukit Kasih

Bukit Kasih [image source]
Bukit Kasih sejatinya adalah tempat paling menakjubkan di Sulawesi Utara. Kawasan ini memiliki 5 tempat ibadah dari 5 agama di Indonesia. Ada tugu toleransi dan juga ukiran kepala manusia pada tebing terjal. Selain sebagai tempat wisata yang indah karena berada di ketinggian, Bukit Kasih juga menjadi pengingat kita semua akan kerukunan atar umat beragama.

Bukit Kasih, Sulwesi Utara [image source]
Nama: Bukit Kasih

Alamat: Jl. Kawangkoan-Kanonang, Kanonang Empat, Kec. Kawangkoan Bar., Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Indonesia

8. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua [image source]
Kesamaan antara Silanden, Bunaken, dan Manado Tua adalah memiliki laut dengan pemandangan bawah airnya yang sangat indah. Ketiganya menghadirkan surga bagi wisatawan yang ingin membuktikan kemagisan bawah laut yang memukau. Yang membedakan Manado Tua dengan dua pulau yang lain adalah adanya gunung berapi yang menjulang tinggi di tengahnya.

Pulau Manado Tua, dekat Bunaken [image source]
Nama: Pulau Manado Tua

Alamat: Dekat dengan Pulau BUnaken, Sulawesi Utara, Indonesia

9. Waruga Sawangan

Waruga Sawangan [image source]
Sebagai penutup dari daftar ini, kita akan membahas tentang Waruga di Sawangan.  Waruga adalah kuburan batu yang digunakan oleh suku-suku di masa lalu. Saat ini, kawasan megalitikum yang sangat unik selalu menjadi tujuan banyak orang yang ingin berfoto atau menikmati keindahan ukiran pada batu.

Waruga Sawangan,Manado [image source]
Nama: Waruga Sawangan

Alamat: Desa Sawangan, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Indonesia

 

Inilah beberapa lokasi wisata Manado yang keindahan serta keunikannya serasa surga dunia. Semoga bisa dijadikan pertimbangan saat kamu nanti menjelajahi kota ujung utara dari Indonesia ini.

Tags
Bunaken explore manado wisata manado wisata sejarah
Share