Kedai Susu Legendaris di Indonesia, Alternatif Buat Kamu yang Nggak Suka Kopi

Advertisement

Belakangan semakin bermunculan kedai kopi susu kekinian di berbagai tempat. Meksipun begitu, mereka yang nggak suka kopi juga tidak kehabisan tempat. Banyak lokasi yang menawarkan minuman non-kafein, misalnya saja ada kedai susu. Bahkan, ada beberapa tempat kedai susu legendaris di Indonesia yang keberadaanya telah berpuluh-puluh tahun beroperasi.

Bandoengsche Melk Centrale di Bandung, 1928

Bandoengsche Melk Centrale di Bandung, via Instagram/callme_dipy
Bandoengsche Melk Centrale di Bandung, via Instagram/callme_dipy

Ada yang namanya Bandoengsche Melk Centrale yang sudah ada sejak tahun 1928. Di sini menyuguhkan susu murni berserta dengan olahannya. Sebut saja seperti halnya yogurt, susu, kefir, tiramisu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Makanan berat juga ada, misalnya saja ada Nasi Timbel, Gado-gado, Sop Buntut Goreng dan lain sebagainya.

Alamat Bandoengsche Melk Centrale ini berada di Jl. Aceh No. 30, di dekat gedung DPRD Kota Bandung. Jam operasionalnya mulai dari pukul 08:00 sampai dengan 23:00 WIB. Untuk harga makanannya, kisaran Rp5.000 sampai dengan Rp50.000. Mampir ke tempat ini jika ingin susu yang enak saat berada di Bumi Parahyangan ya Teman Traveler.

Kedai Susu Murni Ijan di Bandung, 1950

Kopi Susu Murni Ijan, via Instagram/fiansofian188
Kopi Susu Murni Ijan, via Instagram/fiansofian188

Kedai Susu Murni Ijan merupakan salah satu tempat yang begitu legendaris karena telah ada sejak tahun 1950-an. Lokasinya memang sederhana, bahkan tidak ada sofa ataupun juga wifi di dalamnya. Namun, meskipun begitu ada saja orang yang bekunjung ke tempat yang terbilang klasik ini.

Lokasinya cukup bersih dan berada di Jl. Pungkur No. 4, Bandung. Jam bukanya mulai dari 06:00 sampai dengan 21:00 WIB. Harga yang ditawarkan di tempat ini juga begitu terjangkau, mulai adri Rp4.000 untuk yang murni tawar, dan Rp5.000 untuk rasa-rasa. Pilihan rasanya ada stroberi, melon, coklat taro, dan lain sebagainya.

Rumah Susu Ganesha di Batu, 1986

Rumah Kedai Susu Ganesha, via Instagram/yennygitoalbum
Rumah Kedai Susu Ganesha, via Instagram/yennygitoalbum

Di Batu, Jawa Timur juga terdapat salah satu lokasi legendaris. Namanya adalah Rumah Susu Ganesha Kota Batu yang telah dirintis sejak tahun 1986 yang lalu. Meskipun usianya sudah lebih dari 30 tahun, namun tempat ini masih ramai dikunjungi hingga sekarang ini. Bisa diminum dalam kondisi hangat ataupun juga dingin.

Rumah Susu Ganesha ini berlokasi di Jl. Kartini No. 1, Batu, jam bukanya mulai dari pukul 06:00 hingga 21:00. Untuk jenis susu yang disajikan contohnya saja ada Susu Jahe, Susu Telur, Susu Madu dan lain sebagainya. Harganya, dibanderol mulai dari Rp5.000 untuk susu botol ukuran kecil.

Kedai Susu Shi Jack di Solo, 1987

Susu Shi Jack, via Instagram/soloculinary
Susu Shi Jack, via Instagram/soloculinary

Kedai susu legendaris di Indonesia lainnya adalah Kedai Susu Shi Jack yang digadang-gadang sebagai pionir susu murni di Solo. Keberadaanya suda sejak tahun 1987 yang lalu. Untuk penamaan tempatnya, konon berasal dari nama panggilan sang pemilik dan pendiri saat masih remaja, Joko Surasno. Di sini menyuguhkan susu murni dan rasa-rasa.

Alamat Susu Shi Jack Pusat ini berlokasi di Jl. Kapten Mulyadi di depan Benteng Vanstenberg. Dan selain ada ada sekitar 10 lokasi yang berbeda. Kemudian untuk harga yang ditawarkan mulai darir Rp2.500. Selain susu, di sini juga menawarkan kudapan ringan, ada gorengan, sate-satean dan juga roti.

Bisa menghangatkan atau menyegarkan, jadi susu merupakan pilihan yang tepat kapan saja. Bagaimana, dari kedai susu legendaris di Indonesia di atas, mana saja yang sudah dicoba?

Advertisement
Tags
kedai susu legendaris di Indonesia susu Indonesia
Share