Kebun Cokelat di Jawa Timur, Wisata yang Bikin Mood Kambali Teratur

Cokelat merupakan panganan enak dan terbukti memiliki kandungan yang baik untuk mengembalikan suasana hati. Tidak bisa dipungkiri, jika cokelat memiliki kandungan tryptophan yang memproduksi serotonin yang bisa membuat perasaaan lebih bahagia. Agar liburan selalu happy, inilah daftar kebun cokelat di Jawa Timur untuk rekreasi. Pulang-pulang, mood yang berantakan bisa kembali tertata. Catat ya di mana saja.

Wisata Kampung Coklat, Blitar

Kampung Coklat Blitar, Via Instagram/citrahardiyanti_
Kampung Coklat Blitar, Via Instagram/citrahardiyanti_

Wisata Kampung Coklat di Blitar merupakan salah satu yang cukup populer di Indonesia. Kampung ini berlokasi di Kademangan, Kabupaten Blitar dan menempati kebun kakao seluas 750 persegi. Saat masuk, kamu tidak akan melihat kebun becek, malahan sudah tertata dengan cantik.

Di dalamnya, kamu akan melihat pohon kakao, mulai dari pembibitan sampai dengan pengolahan cokelat. Uniknya, di dalam Kampung Coklat ini kamu bisa bersantai dengan nikmatnya. Ada banyak makanan, olahan cokelat, bahkan souvenir ataupun oleh-oleh. Satu hal lagi yang bikin ingin segera kabur ke sini, harga tiket di kebun cokelat di Jawa Timur satu ini hanya Rp5.000 saja.

Kampung Cokelat Majapahit, Mojokerto

Kampung Cokelat Majapahit, Mojokerto, Via Instagram/wisatadesandlanggumojokerto
Kampung Cokelat Majapahit, Mojokerto, Via Instagram/wisatadesandlanggumojokerto

Menyusul kesuksesan Kampung Coklat di Blitar, di Mojokerto juga sudah mulai dibuka. Namanya adalah Kampung Cokelat Majapahit yang merupakan usaha dari Mulyono, seorang pemilik pabrik sekaligus si empunya kampung cokelat di Dlangu, Mojokerto. Lokasinya masih satu kawasan dengan Wisata Desa BMJ, Desa Randugenengan, Kecamatan Dlangu, Jatim.

Para pengunjung yang datang diberi kesempatan untuk belajar menaman dan merawat tanaman kakao. Plus bisa melihat proses pembuatan cokelat dengan berbagai varian siap makan. Jangan lewatkan berkunjung ke sini jika sedang berada di Mokokerto, terutama buat Teman Traveler yang cinta banget sama cokelat.

Doeson Kakao, Banyuwangi

Doesoen Kakao, Via Instagram/intan_ardiansyah
Doesoen Kakao, Via Instagram/intan_ardiansyah

Doesoen Kakao juga menjadi destinasi selanjutnya jika ingin berburu kebun cokelat. Letaknya berada di daerah Kendenglembu, Karangharjo, Glenmore, Banyuwangi. Uniknya, di sini memiliki olahan cokelat yang bahkan sudah diimpor ke Swiss dan Belgia. Cita rasa Indonesia yang mulai mendunia.

Saat datang ke kebun cokelat di Jawa Timur ini, Teman Traveler bisa belajar mengenai cokelat, budidayanya, pengolahan biji sampai dengan mencicipi kelezatan cokelat buatan Doesoen Kakao. Lokasi ini sudah mulai dibuat menjadi destinasi agrowisata sejak 2016. Tempatnya memiliki luas sekitar 4 hekatr yang ditanami cokelat dan jadi agrowsiata.

Rumah Cokelat, Trenggalek

Rumah Coklat Trenggalek, Via Instagram/naaena
Rumah Coklat Trenggalek, Via Instagram/naaena

Trenggalek juga tidak ingin ketinggalan daerah lainnya di Jawa Timur. Ada yang namanya Rumah Cokelat Trenggalek yang didukung penuh oleh mantan Bupati Emil Dardak. Potensi kakao di Trenggalek ditingkatkan sedemikian rupa dan munculah Rumah Cokelat yang bisa dikunjungi saat sedang jalan-jalan ke sana. Di sini para pengunjung bisa menyaksikan proses awal hingga akhir pengolahan cokelat.

Coffee and Cocoa Science Techno Park, Jember

Coffee and Cocoa Science Techno Park, Via Instagram/dhaniutari
Coffee and Cocoa Science Techno Park, Via Instagram/dhaniutari

Terakhir berada di Jember yang diberi nama dengan Coffee and Cocoa Science Techno Park. Jika sebelum-sebelumnya memang berbasis perkebunan, lain dengan wisata di Jember ini. Tempat ini adalah pusat penelitian, namun bisa dikunjungi masyarakat luas. Lokasinya berada di Jl. Kebun Renteng Jenggawah, Nogosari, Rambipuji, Gebang, Jember.

Fasilitas di lokasi ini juga sudah cukup memadai. Ada kebun percontohan, outlet kopi, dan lain-lain. Satu keuntungan lagi, untuk bisa masuk ke dalamnya, tidak dibanderol uang sepeserpun. Jadi, kamu bisa bersenang-senang dengan gratis.

Itu tadi deretan kebun cokelat di Jawa Timur yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan akhir pekan. Menikmati cokelat hangat dari tempat tumbuhnya langsung, tentu saja akan memberikan sensasi yang berbeda. Boleh dicoba kan?

Tags
Indonesia Jawa Timur kebun cokelat di jawa timur Wisata
Share