Doesoen Kakao di Banyuwangi, Olahan Serba Cokelat Bisa Dicicipi di Sini

Tidak hanya Blitar saja yang memiliki Kampung Cokelat, Banyuwangi juga memiliki destinasi wisata serupa. Namanya adalah Doesoen Kakao. Kurang lebih konsep yang ditawarkan hampir sama dengan Kampung Cokelat yang terdapat di Blitar. Jadi, bisa menjadi alternatif selain yang ada di Blitar ya. Ini merupakan destiansi wisata yang berada di areal PT Perkebunan Nusantara XII Kendeng Lembu, Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai Doesoen Kakao.

Dibuka Sejak Tahun 2016

Doesoen Kakao, Via Instagram oliev_ganliv
Doesoen Kakao, Via Instagram oliev_ganliv

Doesoen Kakao ini ternyata sudah mulai dibuka untuk umum sejak tahun 2016 yang lalu. Namun, baru diresmikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno pada November tahun 2017 yang lalu. Tempat wisata di Banyuwangi ini menempati perkebunan kakao dengan luas sekitar 1,500 hektar.

Bisa Mencicipi Olahan Serba Cokelat

Alternatif wisata di Banyuwangi, Via Instagram meiwulan_96
Alternatif wisata di Banyuwangi, Via Instagram meiwulan_96

Kebun kakao ini menghasilkan cokelat kualitas unggulan yang dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia dan negara-neagar lainya. Contoh negara tentangga yang mendapatkan stok cokelat ini adantara lain Amerika, Jepang, Jerman, Perancis, Italia dan masih banyak yang lainnya. Tidak hanya dipasarkan dalam bentuk mentah, di Doesoen Kakao ini para pengunjung bisa mencicipi berbagai olahan serba cokelat. Mulai dari minuman, makanan sampai dengan camilan.

Tak hanya bisa mencicipi beragai olahan cokelat. Para pengunjung yang datang ke sini bisa belajar mengenai sejarah sampai dengan pengelolaan cokelat. Jadi selain wisata kuliner, para pengunjung yang datang bisa sekaligus berwisata edukasi.

Fasilitas di Doesoen Kakao

Mencicipi olahan cokelat, Via Instagram hendrabaguskaka_
Mencicipi olahan cokelat, Via Instagram hendrabaguskaka_

Meskipun bisa dibilang ini merupakan destinasi alam, ternyata sudah banyak fasilitas yang disuguhkan. Misalnya saja tempat parkir yang luas, cafe cokelat, gallery cokelat, food court Doesoen Kakao, shuttle car, toilet dan di sekitarnya ada pula penginapan. Fasilitas yang cukup lengkap ya.

Harga Tiket Masuk ke Doesoen Kakao

Wisata kuliner dan edukasi jadi satu, Via Instagram alifiah.nm
Wisata kuliner dan edukasi jadi satu, Via Instagram alifiah.nm

Buat kamu yang ingin jalan-jalan ke wisata di Banyuwangi ini, biaya tiketnya cukup terjangkau. Biaya parkir motor Rp2,000, parkir mobil Rp5,000, tiket parkir bus Rp15,000. Sementara itu jika ingin menikmati paket wisaat edukasi Rp20,000. Harga yang bisa dibilang cukup terjangkau untuk bisa mendapatkan informasi mengenai cokelat, jenisnya dan cara pengelolaanya.

Itulah informasi mengenai Doesoen Kakao yang bisa kamu jadikan jujukan jika berkunjung ke Banyuwangi. Bisa mengajak buah hati ataupun juga sendiri. Jalan-jalan akan selalu menyenangkan, kapan saja dan dimana saja.

Tags
alam indonesia Banyuwangi doeseon kakao
Share