Coffee and Cocoa Science Techno Park Jember, Wisata Murmer Bikin Pinter

Bagi masyarakat Indonesia, minum kopi adalah kebiasaan yang sangat sulit untuk dihilangkan. Bagaimana tidak, Indonesia merupakan produsen kopi terbesar ketiga di dunia. Maka dari itulah tidak salah jika ada yang namanya Coffee and Cocoa Science Techno Park di Jember. Apa sebenarnya Coffee and Cocoa Science Techno Park ini?

Pusat Penelitian Sekaligus Wisata Edukasi

Coffee and Cocoa Science Techno Park, Via Instagram dhaniutari
Coffee and Cocoa Science Techno Park, Via Instagram dhaniutari

Di kabupaten Jember, Jawa Timur terdapat satu-satunya Pusat Penelitian Kopi dan Kakao di Indonesia. Selain menjalankan tugas pokok dan fungsinya untuk penelitian di bidang budidaya dan pengolahan hasil kopi dan kakao, wisata Jember satu ini juga menyuguhkan wisata berbasis edukasi kepada para pengunjungnya.

Penangkaran rusa, Via Instagram didiek_harijadi
Penangkaran rusa, Via Instagram didiek_harijadi

Di Coffee and Cacao Science Techno Park (CCSTP) ini juga terdapat area konservasi hewan. Kamu dan buah hati dapat menghabiskan waktu untuk bermain dan merasakan sensasi memberi makan rusa secara langsung. Kamu juga bisa mengajak buah hati untuk berenang sambil menikmati suasana alam yang sejuk, karena di sini juga menyediakan fasilitas kolam renang untuk anak-anak.

Biaya Masuk ke Coffee and Cocoa Science Techno Park

Lokasi asri di sekitanya, Via Instagram viraariska93
Lokasi asri di sekitanya, Via Instagram viraariska93

Untuk bisa menikmati wisata di Coffee and Cocoa Science Techno Park (CCSTP) ini, kamu tak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Karena biaya wisata di sini sangat murah meriah. Harga tiket masuk ke lokasi wisata hanya dikenakan Rp2.000 saja (berlaku pada saat hari libur nasional maupun tanggal merah) dan saat hari aktif, tidak dikenakan biaya sama sekali, alias gratis!

Fasilitas di Coffee and Cocoa Science Techno Park

Mobil kayu, Via Instagram dhaniutari
Mobil kayu, Via Instagram dhaniutari

Meskipun biaya wisata yang kita keluarkan terbilang murah, namun fasilitas yang disediakan sangat menarik dan beragam. Salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan adalah berkeliling ke kebun percontohan dengan menggunakan mobil kayu unik ini. Biayanya juga sangat murah, hanya dengan membayar Rp10.000 per orang, kita sudah bisa menikmati sejuknya suasana perkebunan sepanjang 10 km.

Selain dengan mobil kayu, juga terdapat pilihan untuk berkeliling ke kebun percontohan menggunakan kereta kuda. Untuk tiket berkeliling dengan kereta kuda ini dipatok dengan harga Rp 25.000 per orang saja.

Mencicipi Kopi di Outlet Kopi dan Kakao

Bisa mencoba kopi secara langsung, Via Instagram trian_anggoro
Bisa mencoba kopi secara langsung, Via Instagram trian_anggoro

Dan jangan lupa untuk mengunjungi Outlet Kopi dan Kakao yang ada di area Coffee and Cacao Science Techno Park (CCSTP). Di sana kamu bisa membeli oleh-oleh berbagai macam olahan kopi dan coklat untuk keluarga di rumah. Dan pastinya semua produknya diproduksi langsung oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia dengan harga yang sangat terjangkau.

Kamu juga bisa menghabiskan waktu, bercengkerama sambil menikmati secangkir kopi. Varian kopi yang disajikan juga beragam, mulai dari kopi arabika, robusta, dan berbagai aneka produk kopi lainnya. Dan istimewanya lagi, kamu bisa menikmati secangkir kopi dengan dikelilingi pemandangan alam yang hijau dan sejuk. Apalagi di saat musim hujan. Pasti lebih terasa lagi nikmatnya.

Jadi, bagi kamu yang ingin berwisata, menikmati pemandangan alam, sambil mendapatkan ilmu dengan biaya yang sangat murah meriah, berkunjung ke Coffee and Cacao Science Techno Park (CCSTP) adalah pilihan yang sangat tepat. Selamat menikmati hari libur!

Tags
Coffee and Cacao Science Techno Park Indonesia Jawa Timur Jember
Share