Kampong Glam, Bekas Pemukiman Orang Indonesia di Singapura

Singapura tidak hanya dinobatkan sebagai pemilik bandara terbaik di dunia. Negeri Singa ini juga mendapatkan predikat sebagai negara paling ramah di Asia terhadap wisatawan muslim, termasuk dari Indonesia. Salah satunya Kampong Glam, sebuah kawasan yang menawarkan berbagai gerai makanan halal hingga tempat ibadah yang nyaman. Wah, penasaran dengan desa satu ini kan? Lihat lebih dekat, yuk!

Pemukiman Kece yang Awalnya Dihuni Orang Indonesia

Kampong Glam, pusat belanja
Kampong Glam, pusat belanja [image source]
Kampong Glam, sebuah pemukiman di Singapura yang memiliki daya tarik sendiri bagi wisatawan. Kawasan yang awalnya dihuni oleh masyarakat Bugis dan Jawa ini memiliki banyak bangunan ruko berwarna pastel yang berjajar rapi. Hampir semua sudut bangunan dihiasi dengan arsitektur khas Eropa yang dipadukan dengan Asia. Belakangan ini, Kampung Glam makin berwarna dengan hiasan mural karya anak muda. Tempat tersebut pun ramai dikunjungi wisatawan yang hobi berfoto. Wah, berniat ke sini bukan?

Mural di Kampong Glam
Mural di Kampong Glam [image source]

Manjakan Mata di Malay Heritage Center

Malay Heritage Center
Malay Heritage Center [image source]
Selain hiasan mural serta bangunan keren di sepanjang jalan, Singapura juga memiliki tempat bersejarah yang wajib kamu kunjungi. Tempat tersebut adalah Malay Heritage Center, bekas istana yang kini museum dengan dihiasi taman cantik nan asri. Kamu pun juga bisa mengikuti workshop membatik serta membuat gerabah. Nah, untuk masuk destinasi ini, kamu harus menyiapkan uang sebesar 4 SGD atau sekitar Rp40.000. Ingat, Malay Heritage dibuka untuk umum hanya pada hari Selasa hingga Minggu pukul 10.00-18.00.

Malay Heritage Centre
Malay Heritage Centre [image source]

Surganya Tempat Belanja di Singapura

The Heritage Shop
The Heritage Shop [image source]
Liburan ke Kampong Glam kurang lengkap jika belum berbelanja suvenir khas Singapura. Yap, sepanjang jalan di sini banyak toko yang menjual aneka oleh oleh-oleh. Seperti The Heritage Shop yang menjual berbagai barang antik dari tahun 1930-an hingga 1960-an. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke Toko Aljuneid yang menyediakan berbagai parfum arab yang bebas alkohol, baju, batik serta aksesoris lainnya. Nah, untuk berkunjung ke sini, ada baiknya datang di sore hari karena sebagian besar toko di sini baru buka di siang hari.

Toko Aljunaed
Toko Aljunaed [image source]

Berburu Makanan Lezat di Kampong Glam

Kampong Glam Cafe
Kampong Glam Cafe [image source]
Puas jalan-jalan, paling asyik menyantap makanan di sudut Kampong Glam. Tidak perlu khawatir, kawasan ini memiliki banyak tempat makan menarik dan tentu saja kuliner super enak. Salah satunya Kampong Glam Cafe yang sudah beroperasi sejak tahun 2004. Di sini, kamu dapat memesan roti prata, teh tarik atau makanan rumahan ala Singapura, Malaysia, India serta Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa mencoba masakan Maroko yang ada di Deli Moroccan. Soal rasanya, dijamin kamu tidak akan menyesal.

Makan di Deli Moroccan
Makan di Deli Moroccan [image source]

Akses Menuju Kampong Glam

Kampong Glam Cantik di Singapura
Kampong Glam Cantik di Singapura [image source]
Lokasi pemukiman satu ini sebenarnya tidak jauh dari Arab Street. Dari bandara Changi, kamu bisa lewat terminal 2 atau 3 untuk memakai MRT dengan jurusan MRT Bugis di East West. Nah, setelah itu jalan sekitar 700 meter di Victoria Street. Nah, baru kemudian kamu sampai di Kampong Glam. Tidak perlu khawatir, banyak penunjuk arah untuk sampai di sini. Jika takut tersesat, manfaat saja Google Map mu dan arahkan ke Kampong Glam.

Masjid Sultan [image source]
Well, menjelajah Singapura memang sangat menyenangkan, apalagi dengan orang tercinta. Namun, pasti bosan bukan jika hanya berkunjung ke Patung Merlion atau Universal Studio? Yuk, sekali-kali berkunjung ke Kampong Glam.

Tags
Kampong Glam Singapura
Share