Tikala, Rumah Kopi Legendaris Pertama di Manado

Manado adalah satu kota di Sulawesi Utara yang menjadi gudangnya rumah kopi. Ada banyak rumah kopi yang tersebar di Manado. Salah satu rumah kopi yang populer di Manado adalah Tikala. Berada di Jalan Sudirman, Kelurahan Kumarata, Kecamatan Wenang, Manado, Tikala selalu ramai didatangi pengunjung. Rumah kopi yang buka dari jam 05.00 sampai jam 18.00 ini dikunjungi sekitar 100-150 pengunjung baik wisatawan lokal maupun asing per harinya. Wah, penasaran dengan rumah kopi satu ini? berikut uraian selengkapnya!

Kedai Kopi Pertama di Kota Manado

Kedai Kopi Tertua di Manado
Kedai Kopi Tertua di Manado [image source]
Tikala adalah satu-satunya rumah kopi pertama dan tertua di Manado. Dibangun sejak tahun 1930-an, rumah kopi satu ini masih menjaga cita rasa kopi, model bangunan, bahkan kursi yang berusia 62 tahun masih tersimpan baik sejak dulu hingga sekarang. Tidak hanya itu, menu yang dijual pun tetap seperti yang dulu yaitu aneka kue seperti Lalampa dan Panada, roti bakar aneka rasa, dan tentunya kopi dalam berbagai varian.

Kopi Tikala
Kopi Tikala [image source]

Tempat Nongkrong Segala Usia

Rumah Kopi Tikala
Rumah Kopi Tikala [image source]
Siapa pun yang ngopi di Tikala bakal susah untuk beranjak pergi. Karena banyak warga yang nongkrong di sini berjam-jam. Mulai dari remaja kekinian, mahasiswa bahkan pebisnis ngobrolnya di sini. Pembicaraan mereka pun beragam, mulai dari politik, birokrasi, kuliah, bahkan kamu juga bisa reunian di sini. Tak hanya menyeruput minuman pahit yang bikin lidah bergoyang, kamu juga bisa bermain catur dengan sahabat atau keluargamu. Nah, usai berkunjung ke sini, jangan lupa untuk menjelajah objek wisata Manado lainnya ya!

Ruangan di Kedai Kopi
Ruangan di Kedai Kopi [image source]

Kopi Nikmat yang Bisa Jadi Oleh-oleh

Kopi Hitam di Tikala [image source]
Liburan ke Manado kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh. Nah, salah satu tempat berburu buah tangan di kota ini adalah Rumah Kopi Tikala. Yap, bukan hanya warung kopi biasa, tetapi di kedai sederhana ini juga menjual kopi biji/kristal sebagai oleh-oleh. Selain itu, kamu juga bisa membeli selai srikaya yang terbilang terjangkau untuk dibeli. Nah, tertarik liburan ke sini kan?

Roti dan Kopi
Roti dan Kopi [image source]

Akomodasi di Manado yang Menghadap ke Laut

Kamar Hotel Swiss-Belhotel Maleosan Manado
Kamar Hotel Swiss-Belhotel Maleosan Manado [image source]
Kenyang menikmati sajian di kafe sekitar Tikala dan setelah lelah berkeliling Manado. Tak ada salahnya beristirahat di deretan hotel berbintang di Manado. Apalagi kalau ada hamparan laut di depan mata sebagai panoramanya. Seperti Hotel Swiss-Belhotel Maleosan Manado yang berada tak jauh dari Pelabuhan Manado. Nah, untuk bermalam di hotel satu ini, kamu hanya perlu menyiapkan uang Rp650.000 per malamnya. Cukup terjangkau bukan?

Kolam Renang di Hotel Swiss-Belhotel Maleosan Manado
Kolam Renang di Hotel Swiss-Belhotel Maleosan Manado [image source]
Nama : Rumah Kopi Tikala
Alamat: Jl. Sudirman 2, Komo Luar, Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara
Jam buka: 06.00–18.00

Pecinta kopi, wajib cobain nikmatnya seduhan kopi di Tikala Manado. Tempat legendaris nan sederhana, tapi menyajikan kopi dan kudapan kulitas super. Sudah siap jalan-jalan ke Manado, jangan lupa untuk berburu kuliner Manado enak lainnya ya!

Tags
Indonesia kopi kuliner Manado Sulawesi Utara
Share