Jalur Pendakian Gunung Merbabu Kembali Dibuka, Cek Sebelum Bepergian!

Sudah punya rencana mau pergi kemana di akhir pekanini? Kapan terakhir kali Teman Traveler pergi mendaki? Ada kabar baik nih bagi kalian yang sedang rindu puncak, jalur pendakian Gunung Merbabu kembali dibuka. Informasi tersebut didapat langsung dari Balai Taman Nasional Gunung Merbabu melalui surat pengumuman. Berikut jalur yang dapat dilewati.

Selo (Genting)

Jalur pendakian Gunung Merbabu
Jalur Selo via Instagram/sii.megan

Setelah ditutup sejak tanggal 20 Mei 2019, akhirnya Gunung Merbabu kembali dibuka pada hari Jum’at tanggal 21 Juni 2019 kemarin. Nah, jalur Selo menjadi salah satunya. Jalur ini memiliki tingkat kesulitan medium dan cocok bagi pemula.

Pendaki juga dimanjakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan berupa hutan, sabana rumput, bukit, dan kabut. Selo ialah sebuah nama desa yang terletak di kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dan terletak di antara Gunung Merbabu juga Merapi.

Suwanting

Jalu Suwanting
Jalur Suwanting via Instagram/wisnukusumah

Letak Suwanting tak jauh dari jalur Selo. Tepatnya berada di Dusun Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kab. Magelang. Namun yang perlu dicatat, banyak pendaki mengeluh bahwa jalur ini memiliki trek yang sulit terlebih di musim hujan.

Namun rasa lelah terbayar karena mereka akan disuguhkan dengan pemandangan menakjubkan saat di sabana. Perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai ke puncak membutuhkan waktu selama 6 jam lebih.

Wekas

Jalur Wekas
Jalur Wekas via Instagram/dodik_soedirjoe

Jalur selanjutnya memiliki trek medium. Lokasinya berada di Kab. Magelang. Untuk sampai ke puncak, waktu yang dibutuhkan sekitar 8 jam 30 menit. Teman Traveler harus berhati-hati jika melewati jembatan setan. Trek tersebut sangat berbahaya dan membutuhkan ekstra kehati-hatian. Selain itu, selalu cek kelengkapan peralatan sebagai bentuk kewaspadaan.

Cuntel

Jalur pendakian gunung merbabu
Jalur Cunthel via Instagram/riotri21

Dusun Cuntel berada di wilayah Desa Kopeng, Kec. Getasan, Kab. Semarang. Jalur cukup curam dan menanjak untuk sampai ke Puncak Syarif. Namun, Teman Traveler akan disuguhi oleh keindahan alam yang luar biasa, bak negeri di atas awan. Sebelum mendaki, pastikan untuk mengecek kesehatan terlebih dahulu karena perjalanan cukup menguras tenaga.

Thekelan

Jalur pendakian Gunung Merbabu
Jalur Kethelan via Instagram/dodik_soedirjoe

Ini merupakan jalur kelima yang dibuka untuk ke puncak Gunung Merbabu. Letaknya berada di Desa Batur, Kec. Getasan, Kab. Semarang. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke puncak memakan waktu sebanyak 7 hingga 8 jam.

Untuk jalur pendakian ini Teman Traveler akan menemukan beberapa sumber mata air. Pemandangan yang didapat yakni dari Pereng Putih dan Watu Gubug.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai jalur pendakian Gunung Merbabu yang dibuka untuk para pendaki. Bagaimana, siap sampai ke puncak Gunung Indonesia satu ini?

Tags
Gunung Merbabu Indonesia info terbaru Jalur Pendakian Merbabu Dibuka
Share