5 Hal yang Membuat Gunung Merbabu Menarik untuk Didaki

Bagi orang kebanyakan mendaki gunung adalah kegiatan yang melelahkan. Meski begitu, alam punya caranya sendiri untuk menghilangkan rasa lelah manusia. Udara bersih serta pemandangan menakjubkan di sepanjang pegunungan serta rasa puas ketika berada di puncak menjadi penawar rasa lelah. Seperti keindahan yang menunggu pendaki di Gunung Merbabu yang akan Travelingyuk bahas kali ini.

Memiliki Tiga Puncak Utama

Pemandangan Gunung Merbabu via instagram/@blosfajar

Di Gunung Merbabu, pendaki dapat memilih puncak mana yang akan dikunjungi. Karena gunung ini memiliki tiga puncak utama. Yaitu, Puncak Triangulasi, Puncak Kentheng Songo, dan Puncak Syarif. Tiga puncak tersebut memang tergolong lebih mudah dijangkau dan juga memiliki pemandangan yang lebih indah.

Banyak Ditemukan Bunga Edelweiss

Bunga Edelweiss yang akan mekar via instagram/@allan_011011

Bunga abadi, atau bunga edelweiss, juga dapat ditemukan dengan mudah di Gunung Merbabu. Memiliki warna putih dan lembut, bunga ini sering menjadi teman foto para pendaki. Karena di dataran rendah tanaman jenis ini cukup sulit ditemukan. Namun jangan sampai dipetik ya.

Berseberangan dengan Gunung Merapi

Puncak Gunung Merapi yang terlihat Jelas via instagram/@dhika2602

Pemandangan Gunung Merapi dapat terlihat dengan jelas dari Gunung Merbabu. Apalagi jika melakukan trekking melalui jalur Selo Boyolali. Pemandangan paling menakjubkan adalah saat beristirahat dan mendirikan tenda di pos 3 atau 4. Kemegahan Gunung Merapi adalah pemandangan utama yang akan terlihat dari pintu tenda.

Terdapat Savana yang Luas

Salah satu spot savana yang terhampar via instagram/@riefffadill_90

Beberapa gunung memang memiliki savana yang indah, begitupun dengan Gunung Merbabu. Hamparan padang rumput tentu saja menjadi pemandangan yang ‘mahal’ bagi orang kota. Di Gunung Merbabu sendiri terdapat tiga wilayah savana yang dapat ditemui. Pemandangan ini dapat ditemukan ketika melakukan perjalanan melalui jalur Selo.

Terletak di Antara Tiga Kabupaten

Savana yang terlihat hijau segar saat musim hujan via instagram/@azhariamhrn

Secara administratif, Gunung Merbabu terletak di tiga kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Seperti Kabupaten Boyolali di bagian selatan, Kabupaten Magelang di sebelah barat, dan Kabupaten Semarang di bagian utara. Menariknya lagi, pendaki juga dapat mengakses jalur pendakian Merbabu melalui tiga kabupaten tersebut.

Mendaki gunung memang dapat menjadi kegiatan yang cukup seru. Pemandangan yang tidak dapat ditemukan setiap hari dan udara yang masih begitu sejuk menjadi salah satu penyebabnya. Tak bisa dipungkiri jika pesona keindahan alam seringkali menjadi godaan yang sulit ditolak. Kalau sudah begitu, kapan kamu mau mendaki gunung?

Tags
Gunung Merbabu Indonesia Jawa Tengah Wisata
Share