Gunung Indonesia yang Keindahannya Tersingkap Karena Film

Misteri dan rahasia akan tetap tersembunyi jika tidak ditemukan. Begitu juga destinasi keren di dunia ini, khususnya Indonesia. Negara kita memiliki banyak sekali tempat wisata. Namun yang belum terjamah pasti juga tidak sedikit. Mencari dan menjelajah itu perlu, namun yang lebih penting adalah bagaimana mengenalkan hasil temuan maha indah tersebut agar dikenal orang banyak. Dalam hal ini, promosi bisa jadi solusinya.

Salah satu cara untuk menggemakan wisata adalah lewat film. Adegan-adegan mulai dari horor hingga romantis akan jadi pusat perhatian, namun latar tempatnya juga tak luput dari pandangan. Sebagai contoh film AADC 2 yang mengambil tempat di Yogyakarta bisa dibilang berhasil meningkatkan jumlah wisatawan ke Kota Gudeg. Hal yang sama juga terjadi pada gunung-gunung berikut ini.

1. Gunung Merbabu
Gunung Merbabu [image source]
Gunung Merbabu [image source 1, 2 ]

Gunung Merbabu yang menjulang tinggi, gagah, namun tetap memiliki kecantikan dari sudut manapun kamu melihatnya. Ada sebuah film documenter keren dengan latar belakang lereng Gunung Merbabu. Dalam karya itulah, sebuah daya tarik dikenalkan pada banyak orang, khususnya para pencinta pendakian dan puncak. Film tersebut bertajuk Negeri di Bawah Kabut, bercerita tentang kehidupan petani di desa Genikan, Merababu. Ceritanya begitu memotivasi karena mengisahkan semangat petani untuk keluar dari kemiskinan di tengah-tengah kebingungan mereka terhadap musim yang tak menentu datangnya.

2. Gunung Bromo
Bromo [image source 1 , 2]
Bromo [image source 1 , 2]

Pemandangan di Bromo ini unik dan nggak ada di tempat lainnya. Bukan hanya karena bukit-bukit hijau yang membentang panjang serta megah, tapi juga lautan pasir bagai secuil Padang Sahara di tanah surga. Lokasi itu ternyata menyita perhatian seniman film hingga akhirnya teciptalah sebuah judul terkenal yaitu Pasir Berbisik yang dibintangi oleh Dian Sastro. Rilis pada tahun 2001, menampilkan sisi-sisi Bromo yang tak jauh berbeda dengan saat ini. Karena film ini jugalah, banyak yang menyebut lautan pasir itu sebagai kawasan Pasir Berbisik

3. Puncak Jaya
Puncak Jaya [image source 1, 2 ]
Puncak Jaya [image source 1, 2 ]

Puncak Jaya atau sebelumnya disebut dengan Piramida Cartenz terpampang nyata dalam film Denias, Senandung di atas Awan. Sudah jelas, dengan menonton film yang mengisahkan tentang perjuangan bocah dari Suku Boneo Papua itu, kamu akan dibuat kagum dengan Pulau Papua. Salain itu, pesona Wamena juga dikenalkan dengan cara yang keren. Melalui film besutan rumah produksi Alenia itu, sebuah promosi pariwisata secara tak langsung diterapkan.

4. Gunung Semeru
Semeru [image source]
Semeru [image source 1, 2 ]

Sejak dirilis beberapa tahun silam, Film 5 cm yang diadaptasi dari sebuah novel telah menjadi obor yang menunjukkan jalan menuju salah satu tempat paling keren di Indonesia yaitu Gunung Semeru. Berkisah tentang beberapa orang yang bersahabat dekat, melakukan pendakian menuju puncak Mahameru. Keindahan Danau Ranu Kumbolo, hingga mencekamnya Kalimati disuguhkan dengan renyah.

5. Gunung Ijen
Gunung Ijen [image source 1 , 2 ]
Gunung Ijen [image source 1 , 2 ]

Gunung Ijen adalah pesona di ujung Pulau Jawa, di bagian puncaknya terdapat kawah dan aktivitas pertambangan belerang. Bagi sebagian orang Ijen adalah tantangan tersendiri, namun setelah melihat film Magic Hour yang mengambil latar gunung di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso tersebut ternyata ada suasana romantisnya juga. Akting antara Michelle Ziudith dan Dimas Anggara begitu serasi disaksikan oleh Ijen yang keren.

6. Gunung Rinjani
Gunung Rinjani [image source 1 , 2 ]
Gunung Rinjani [image source 1 , 2 ]

Banyak yang bilang jika Rinjani adalah salah satu gunung paling indah di Indonesia dengan danau kawah yang cantik dikelilingi oleh pegunungan besar menjulang tinggi. Beberapa wajah si manis Rinjani ini, sempat nampang di film yang dibintangi oleh Deva Mahendra. Judulnya adalah Romeo Rinjani yang rilis pada tahun 2015 kemarin.

Itulah beberapa film yang mengusung gunung di Indonesia sebagai magnet dan bumbu agar penonton semakin terbawa. Bukan hanya mengagumi akting para bintangnya, tapi juga melihat keindahan seolah-olah mereka sedang berada di lokasi syuting.

Tags
5 cm film Gunung
Share