Menikmati Jajanan Nusantara di Floating Market Lembang si Pasar Apung Kekinian

Advertisement
Advertisement

Pasar apung tak hanya bisa ditemukan di Kalimantan. Tapi juga ada di Bandung yang bernama Floating Market Lembang. Bedanya, pasar apung di Lembang ini menjual jajanan nusantara yang dihadirkan dengan tampilan kekinian. Kalau penasaran apa saja jajanan yang ada di Floating Market Lembang, bisa simak ulasan di bawah ini.

Memasak Langsung Pesanan di atas Perahu

jajanan floating market lembang
Memasak pesanan di atas perahu (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Teman traveler akan merasakan sensasi membeli beragam jajanan yang dijajakan dengan menggunakan perahu yang terapung. Ada sekitar 46 perahu terapung mengelilingi danau. Setiap perahu menjual jenis jajanan yang berbeda. Beragam jajanan ini dimasak di atas perahu, sehingga aroma di sepanjang walking path pasar terapung tercium bergitu harum. Kita pun bisa melihat secara langsung proses memasak setiap jajanan. 

Bertransaksi Menggunakan Koin Warna-warni

jajanan floating market lembang
Koin transaksi (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Semua transaksi di pasar apung menggunakan koin plastik dengan 3 warna berbeda. Koin berwarna merah bernilai Rp20.000, biru Rp10.000 dan kuning Rp5.000. Untuk mendapatkannya, Teman traveler cukup ke loket penukaran koin.

Pisang Goreng Sangkuriang

jajanan floating market lembang
Pisang Goreng Sangkuriang (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Jajanan pertama yang menarik perhatian adalah Pisang Goreng Sangkuriang. Dari bentuknya, jajanan ini memang seperti gunung Tangkuban Parahu. Oleh karenanya, pisang goreng ini dinamakan Sangkuriang.

Pisang Goreng Sangkuriang terasa sangat lembut dan digoreng dengan matang merata. Bahan dasarnya adalah pisang tanduk yang didatangkan langsung dari Sukabumi. Topping meses dan keju menyempurnakan rasa pisang goreng ini. Pisang Goreng Sangkuriang senilai dengan koin merah seharga Rp20.000.

Es Pisang Ijo Kuah Durian

Es Pisang Ijo sejatinya adalah makanan khas Sulawesi Selatan, Makassar. Kuliner ini merupakan pisang yang sudah matang dibalut dengan adonan tepung beras bercampur santan dan air daun pandan. Dari bahan-bahan tersebut membuat khas warna ijo dan aroma pandan pada jajanan ini.

Berbeda dengan Es Pisang Ijo lainnya, Es Pisang Ijo satu ini diberi kuah durian dengan rasa yang kental dan dominan. Campuran lainnya yang khas adalah potongan kacang dan taburan meses warna-warni menambah paduan rasa Es Pisang Ijo Kuah Durian ini. Jajanan ini bisa Teman Traveler nikmati dengan menukar koin berwarna merah senilai Rp. 20.000

pisang_ijo_kuah_durian_WyW.jpg
Es Pisang Ijo Kuah Durian (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Durian Bakar Ketan

Jajanan selanjutnya yang dapat dipesan adalah Durian Bakar Ketan. Rasanya sangat manis berkat duriannya. Ditambah ketan hitam dengan campuran kacang dan daging kelapa membuat jajanan ini meninggalkan jejak rasa yang cukup lama di lidah.   

durian_bakar_ketan_zIf.jpg
Durian Bakar Ketan (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Batagor Goreng Kering

batagor_kering_1H0.jpg
Batagor Goreng Kering (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Selanjutnya ada Batagor Goreng Kering. Bedanya dengan Batagor lainnya, rasa ikannya begitu kuat. Dibalut dengan kulit pangsit yang renyah, tahu goreng yang gurih dan digenangi oleh sambal kacang yang pedas manis membuat Batagor Goreng Kering ini sangat patut untuk dinikmati.

Bagi kalian yang sedang ada di Bandung, wajib mampir ke Floating Market Lembang. Selain berlibur, kalian wajib mencicipi jajanan yang ada di Floating Market Lembang. Dijamin tidak rugi deh saat berkunjung ke sini.

Advertisement
Tags
Bandung Indonesia jajanan floating market lembang Jawa Barat kontributor kuliner
Share